Governance, Risk Management & Compliance

7 Puncak Tertinggi Dunia

Jumat 28 Februari 2014 15:1:30

Para pecinta alam sejati, khususnya para petualang dan pecinta aktivitas mendaki gunung, tentunya tak asing dengan nama Seven Summits. Seven Summits adalah sebutan populer untuk 7 puncak gunung tertinggi di dunia. Ada dua versi Seven Summits, ya

Para pecinta alam sejati, khususnya para petualang dan pecinta aktivitas mendaki gunung, tentunya tak asing dengan nama Seven Summits. Seven Summits adalah sebutan populer untuk 7 puncak gunung tertinggi di dunia. Ada dua versi Seven Summits, yaitu versi Dick Bass, pendaki gunung asal AS dan Reinhold Messner, pendaki gunung legendaris asal Austria yang kemudian diperkuat oleh pendaki gunung terkenal asal Kanada, Patrick Morrow. Versi Bass adalah 7 puncak tertinggi di 7 benua (termasuk Australia), sementara versi Messner adalah 7 puncak tertinggi di 7 lempeng benua. Seiring berjalannya waktu, versi Messner-lah yang diakui di kalangan para pendaki gunung. Tapi tahukah Anda, diantara 7 puncak tertinggi dunia versi Messner, ada nama puncak Carstenz di Papua, Indonesia? berikut ketujuh puncak tersebut:

Carstenz Pyramid (4.884 mdpl)

Terletak di kawasan pegunungan Jayawijaya, Papua, Carstenz yang dikenal penduduk setempat (suku Dani dan Damal) dengan nama Ndugu- Ndugu, merupakan salah satu gunung salju yang berada di belahan katulistiwa selain Kilimanjaro, Afrika. Puncak Carstenz Pyramid ini merupakan puncak tertinggi di Indonesia, bahkan di Australia dan Oceania. Nama Carstenz diambil dari nama seorang pelaut Belanda, John Carstenz, orang pertama yang menyaksikan adanya gunung salju di belahan ekuator (1623). Walaupun puncak Carstenz merupakan puncak terendah dari Seven Summits, namun memiliki pemandangan dan bentukan alam yang eksotis serta terbilang sulit untuk mencapainya (karena kondisi alam dan kondisi politik setempat yang tidak stabil, sehingga perizinannya juga terbilang sulit).

 

Kilimanja ro (5.895 mdpl)

Terletak di kawasan Taman Nasional Kilimanjaro, Tanzania, Afrika, gunung api bertipe strato raksasa yang sudah tidak aktif lagi ini sering disebut sebagai Gunung Yang Bercahaya oleh suku Swahili yang bermukim di sana. Gletser (salju) yang menyelimuti puncak Kilimanjaro (Uhuru Peak) sejak 11.700 tahun yang lalu, kini semakin menipis. Berdasarkan penelitian dari Ohio State University, AS, salju yang menyelimuti puncak in akan habis diantara rentang waktu 2015-2020.

 

Vin son Massif (4.897 mdpl)

Terletak di Antartika, Kutub Selatan, nama Vinson diambil nama seorang anggota US Antartic Exploration, Carl Vinson yang menemukan keberadaan gunung tersebut. Walaupun secara teknis tidak terlalu sulit mendakinya, namun iklim Antartika yang ekstrem membuat pendakian ke puncak ini menjadi suatu hal yang serius. Selain itu, faktor lokasi yang sedikit terisolasi dan tidak ada penerbangan reguler ke sana, membuat perjalanan ke tempat ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

 

Elbrus (5.642 mdpl)

Terletak di pegunungan Caucaus, Rusia, Elbrus (Minggi-Tatu dalam bahasa lokal/Balkar yang berarti menyerupai seribu gunung) merupakan gunung tertinggi di daratan Eropa. Dalam urutan Seven Summits, Elbrus ditempatkan sebagai level terendah dalam tingkat kesulitannya dibandingkan 6 puncak lainnya karena tersedia kereta gantung dan chairlift yang dapat mengantar pendaki hingga ketinggian 3.750 mdpl.

 

McKinley (6.194 mdpl)

Terletak di Alaska, Amerika Serikat, dalam bahasa Indian Koyukon lebih dikenal dengan nama Denali yang berarti The High One. Kondisi alamnya yang ekstrem membuat gunung ini disebut sebagai sebagai gunung “terdingin” di dunia karena suhunya dapat mencapai -40°C pada malam hari. karena lokasinya di lintang utara bumi, kadar oksigen di puncak Denali lebih rendah ketimbang oksigen yang tersedia di khatulistiwa, sekitar 42 persen bahkan bisa lebih rendah dari angka itu.

 

Aconcagua (6.962 mdpl)

Terletak di pegunungan Andes dekat perbatasan Argentina dan Chili, Amerika Selatan, gunung Aconcagua terkenal dengan “tipuannya” karena banyak pendaki yang menganggap remeh kondisi di sana, namun kemudian mengalami cedera yang fatal, bahkan kematian.Suhu udara yang sangat dingin dan angin yang sangat kencang, menjadi beberapa kendala untuk mencapai gunung ini. Aconcagua adalah gunung kedua tertinggi pada urutan kedua seven summits (setelah Everest).

 

Everest (8.848 mdpl)

Terletak di wilayah pegunungan Himalaya, di perbatasan Nepal dan Tibet (China), Everest (orang Nepal menyebutnya Sagarmatha atau Bunda Semesta dan orang Tibet menyebutnya Chomolongma atau Bunda Bumi) merupakan puncak tertinggi di dunia. Saking tingginya gunung ini, kebanyakan dari para pendaki membawa oksigen tambahan untuk menghindari gangguan pernapasan akibat semakin menipisnya kadar oksigen menuju puncak Everest. Dari sekian banyak kisah seru tentang pendakian Everest, adalah kisah tentang Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, dua orang yang pertama kali berhasil mencapai puncaknya pada tahun 1953.



Non Bank

Bhinneka Life Gelar Literasi Keuangan untuk Guru Se-Yogyakarta

Mengajak peran serta para guru mata pelajaran ekonomi d

Mandiri Inhealth Tangani 447 Kasus di Asian Games 2018

Bukti dukungan Mandiri Inhealth dalam ajang Asian Games

OJK Temukan 182 Fintech dan 10 Entitas Penawaran Investasi Tanpa Izin

Jumlah peer to peer lendingtidak berijin yang ditemukan

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Melemah 22,9 Persen

Kendati demikian, secara total pendapatan industri asur

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi