Governance, Risk Management & Compliance

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Selasa 19 Nopember 2019 2:29:0

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk memperkuat layanan digital.

JAKARTA, Stabilitas-- Era disrupsi digital mendorong perusahaan untuk beradaptasi dengan kondisi pasar terkini yang dipengaruhi oleh pesatnya pertumbuhan teknologi. Dampaknya secara nyata terlihat pada dinamika perilaku konsumen, khususnya yang berasal dari segmen millenials kelas menengah yang menginginkan pelayanan serba cepat dan dapat dilakukan secara online, kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Melihat tren ini, Mike Sutton, Chief Digital Officer Allianz Life Indonesia, mengatakan Allianz Indonesia telah melakukan transformasi digital serta menghadirkan rangkaian inovasi digital untuk bertahan di era disrupsi digital serta menjawab kebutuhan konsumen yang dinamis dan digitally-connected.

"Kami percaya bahwa transformasi digital yang berfokus pada customer centricity dapat memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah. Aspirasi ini didukung oleh penyediaan platform dan integrasi yang berkelanjutan untuk mampu menghadirkan fitur dan fungsi baru yang lebih cepat dan aman bagi nasabah. Dengan transformasi ini, Allianz Indonesia berupaya untuk menjadi mitra yang lebih terpercaya dan inovatif bagi nasabah kami,"ungkap Mike.

Sejak diresmikannya Allianz Innovation Lab di kantor pusat Allianz Indonesia pada Oktober 2018 lalu, secara konsisten kami terus menghadirkan rangkaian inovasi produk dan layanan yang berfokus pada customer centricity dengan mengedepankan digital customer experience.

Dimulai dari peluncuran Allianz Discover pada Februari 2019 lalu, yakni aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan (digital sales tools) yang memungkinkan calon nasabah secara interaktif menentukan perlindungan sesuai kebutuhan. Dilanjutkan pada Mei 2019, BukaProteksi hadir di tengah masyarakat sebagai produk Asuransi kesehatan pertama yang memberikan pengalaman digital (digital experience) terbaik melalui aplikasi marketplace Bukalapak.

Hingga Oktober 2019, Allianz telah menjalankan proses panjang untuk bertransformasi dalam menjalankan bisnisnya kepada nasabah. Kami sepenuhnya menjalankan proses fully-automation di dua proses utama kami yakni proses pendaftaran nasabah baru dan proses klaim. Dimulai dari proses permohonan asuransi jiwa melalui Allianz Discover dan banking sales tools, hingga self-servicing tools untuk nasabah (eAZy Connect) dan mitra bisnis (Agency Connect dan Banca Connect). Selain itu, fully automation juga kami terapkan untuk proses klaim asuransi kesehatan yang mencakup pengajuan online melalui aplikasi eAZy Claim.

"Seluruh transformasi serta inovasi digital yang kami lakukan merupakan upaya kami untuk menjadi perusahaan asuransi berbasis digital nomor satu di Indonesia. Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki perlindungan asuransi hanya dalam hitungan menit, dimana sebelumnya proses ini dapat memakan waktu hingga hitungan hari," jelas Mike.

Mike menambahkan, per September 2019, proses automasi digital yang telah dijalankanpihaknya  selama sepanjang tahun 2019 menunjukan hasil positif. Pengajuan asuransi jiwa secara online melalui jalur distribusi offline, yakni agen telah mencapai 88 persen dan bancassurance yang mencapai lebih dari 60 persen. Selain itu, e-policy yang diterbitkan sudah mencapai lebih dari 40 persen dari seluruh polis baru yang diterbitkan, dan komunikasi digital yang  dilakukan ke nasabah (mengirimkan pernyataan transaksi, billing reminder, dll) telah mencapai hingga 87 persen, dimana hal ini mendukung ambisi kami untuk mengurangi penggunaan kertas. Di proses klaim, untuk pengajuan klaim asuransi kesehatan secara online, sebanyak 95 persen klaim berhasil dibayarkan dalam waktu 2x24 jam sepanjang 2019.

"Pencapaian ini mengukuhkan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang inovatif, cepat dan terpercaya kepada nasabah. Ke depannya, kami akan terus menggandeng teknologi dalam memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat dengan cara yang semudah dan senyaman mungkin,"pungkasnya.

Prudential Catat Premi Rp25Triliun

Wed, 15 Apr 2020 - Kinerja ini didukung oleh pertumbuhan solid sebesar 15% dari premi saluran distribusi bisnis baru, yakni agensi dan bancassurance.

AIA Berikan Proteksi Lebih terkait Covid-19

Wed, 18 Mar 2020 - Seluruh manfaat proteksi lebih ini akan melengkapi manfaat polis yang sudah ada dan berlaku pada saat nasabah positif terdiagnosis terinfeksi Covid-19 selama periode 16 Maret - 31 Mei 2020.

Perluas Penetrasi Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Agen Baru di Jambi

Mon, 16 Mar 2020 - Kantor AG-Jambi All Star juga akan menjadi basis penguatan operasional perusahaannya dan mempermudah alur kerja para tenaga pemasar di kota Jambi dan sekitarnya.

AAJI: 2019 Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 18,7 Persen

Thu, 12 Mar 2020 - AAJI mencatat kenaikan positif tahun 2019 dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, yang menggambarkan industri asuransi jiwa sebagai industri yang kokoh dengan komitmen tinggi.

Sun Life Jalin Kerjasama dengan 2 Lembaga Wakaf

Mon, 09 Mar 2020 - Hingga saat ini, dalam menyalurkan dana wakaf yang diterimanya, Sun Life telah berkolaborasi dengan sembilan nazhir terpercaya, yaitu: Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, Badan Wakaf Indonesia, iWakaf, Wakaf Daarut Tauhid, Badan Wakaf Alquran, Baitul Maal Muama

AIA luncurkan produk AIA Income Pro

Wed, 04 Mar 2020 - Produk ini bisa digunakan untuk persiapan pensiun, Pendidikan, hingga perjalanan wisata maupun ibadah.



Non Bank

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Menkeu Jelaskan Latar Belakang Perppu Nomor 1 Tahun 2020

Sri Mulyani menjelaskan, Perppu dikeluarkan untuk bisa

Gojek dan BCA Finance Berikan Keringanan Angsuran

Pemberian keringanan cicilan merupakan bentuk bantuan G

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi