Governance, Risk Management & Compliance

Astra Kembali Buka Bank Wakaf Mikro Ketiga di Jambi

Kamis 4 April 2019 12:15:0

Astra berencana mendirikan 10 Bank Wakaf Mikro sepanjang 2018 hingga 2019 dan telah terealisasi 3 Bank Wakaf Mikro di Indoesia.

JAMBI, Stabilitas—Dalam rangka mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, PT Astra International Tbk (Astra) berkolaborasi dengan Asuransi Astra meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren As’ad, Jambi. Peresmian BWM ketiga Grup Astra ini dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso beserta Direktur Astra yang dalam hal ini juga merupakan Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, didampingi oleh CEO Asuransi Astra, Rudy Chen.

BWM sendiri merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dengan tujuan untuk menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Terhitung hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 BWM di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

"Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa merupakan salah satu misi yang kami jalankan untuk dapat mencapai cita-cita kami, sejahtera bersama bangsa. Di mana Astra berada, harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya. Kami melihat konsep dari didirikannya BWM sangat sesuai dengan nilai-nilai yang selama ini kami bawa, dukungan penuh tentunya akan kami berikan untuk pengembangan BWM. Semoga kebermanfaatan BWM Pondok Pesantren As’ad Jambi dapat dirasakan oleh banyak pihak," ujar Suparno Djasmin.

Suparno menambahkan, dengan pendirian BWM ini Grup Astra melalui lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam lini bisnis Astra Financial, berkomitmen untuk mendirikan 10 BWM sepanjang tahun 2018 hingga 2019. Sebelum meresmikan pendirian BWM Pondok Pesantren As’ad Jambi bersama Asuransi Astra, terlebih dahulu Astra Financial telah mendirikan BWM Minhajut Thullab Banyuwangi bersama Astra Credit Companies (ACC) dan BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang bersama FIFGROUP.

Senada dengan Suparno Djasmin, CEO Asuransi Astra, Rudy Chen juga menilai tujuan dari pendirian BWM sangat sesuai dengan visi perusahaan yaitu bring peace of mind to millions. "Memberikan peace of mind kepada jutaan pelanggan merupakan visi yang kami usung selama ini. Adapun pelanggan yang kami maksudkan di sini tidak hanya mereka yang menggunakan produk kami, namun juga masyarakat di sekitar kami. Semoga kontribusi yang kami berikan melalui BWM Pondok Pesantren As’ad dapat memberikan peace of mind bagi masyarakat Jambi," ujar Rudy Chen.

Turut hadir dalam peresmian ini Gubernur Provinsi Jambi, Dr. Drs. H. Fachroni Umar, M.Hum; Chief of Corporate Affairs Astra, Pongki Pamungkas; Chief Astra Financial, Adi Sepiarso; Chief Marketing Officer – Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim; Pimpinan Pondok Pesantren As’ad Jambi, Tn. Gr. K. H. Nadjmi Qodir; serta manajemen dan eksekutif Grup Astra.

OJK Resmikan BWM Apik Kendal

Fri, 06 Sep 2019 - Pembentukan Bank Wakaf Mikro di daerah sebagai upaya OJK tidak hanya fokus pada nasabah besar tetapi juga mendorong penyediaan akses keuangan bagi masyarakat kecil

Asuransi Astra Syariah Raih Predikat Asuransi Syariah Terbaik

Fri, 05 Jul 2019 - Penghargaan juga diberikan kepada beberapa perusahaan asuransi lainnya yang bergerak unit usaha syariah.



Non Bank

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa QII 2019 Tumbuh 31,9%

Di kuartal Kedua 2019, total Pendapatan Premi memang me

AAJI Gali Potensi Pasar Asuransi Jiwa di Segmen Milenial

AAJI kembali menyelenggarakan DRIM AAJI 2019 pada 25-27

Dukung Inklusi Keuangan, Cigna Bermitra dengan Lifepal

PT Asuransi Cigna meresmikan kerja sama dengan Lifepal,

Perluas Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Baru di Palembang

Pembukaan kantor lantaran didukung oleh potensi dan tin

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi