Governance, Risk Management & Compliance

Badan Wakaf Jakarta Belum Berperan

Kamis 22 Desember 2016 3:32:0

Berdasarkan laporan dari BAZ, dari Rp 330 miliar, baru Rp 33 miliar yang tersalurkan.

Jakarta, Stabilitas—Sejak tahun 2010 sampai 2014 terdapat pertumbuhan penerimaan zakat hingga Rp 1,5 triliun, di akhir 2014 peningkatan mencapai Rp 2,77 triliun. Hal ini menjadi motivasi BAZNAS untuk terus mengembangkan pengelolaan zakat di tingkat nasional. Walaupun demikian, pengelolaan zakat di tingkat provinsi masih perlu berbenah.

Kemiskinan menjadi problem yang luar biasa. Di Ibukota, standard garis kemiskinan rendah, sekitar 33000 pendapatan dan kesenjangan yang tinggi, hal ini berakar dari program ekonomi yang hanya 15 persen.

Direktur Puskas BAZNAS, Irfan Syauqi Beik mengatakan fakir miskin menjadi proporsi penerima zakat tertinggi dengan jumlah mencapai Rp 2,25 triliun. “fakir tertinggi, sisanya fii sabilillah, kemiskinan ini menjadi problem utama, apalagi program ekonomi cuma 15 persen,”kata Irfan, pada Diskusi Outlook Ekonomi Syariah 2017 di Jakarta, Kamis (22/12).

Pengelolaan dana zakat menjadi hal yang perlu menjadi konsentrasi, di DKI Jakarta tercatat dari dana yang diterima sebesar Rp 330 miliar, hanya Rp 33 miliar yang tersalurkan.

“Di DKI sendiri zakat belum banyak berperan. Pengelolaannya yang tidak berperan, sehingga dana yang tersalurkan belum merata. Berdasarkan laporan dari BAZ, dari Rp 330 miliar, baru Rp 33 miliar yang tersalurkan, disini persoalannya sedang dicarikan solusi,”lanjut Irfan.

Selain lambatnya sistem pengelolaan, BAZIS Jakarta juga dinilai tidak tertib dalam hal administrasi. Berdasarkan laporan yang diterima BAZNAS, jumlah data muzaki yang terdaftar baru berjumlah 11 juta dari 100 juta warga.

“Jumlah muzaki terdata baru 11 juta dari 100 juta, jadi masih ada problem database. Seharusnya sebagai BAZIS bisa jadi contoh. Ini adalah potret yang harus kita lihat,”jelas Irfan.

BAZNAS mengusulkan adanya reduksi atau melihat piramida terbaklik, merekomendasikan adanya inisiatif model pengelolaan wakaf, dan menjadikan sarana ibadah menjadi produktif pada tahun 2017.

“kami usulkan di tahun 2017 untuk mereduksi, melihat kembali piramida terbalik dari pengelolaan zakat, disini harus ada yang memunculkan bagaimana cara pengelolaan wakaf, kemudian sarana seperti masjid menjadi produktif bukan hanya sebagai sarana beribadah tapi juga bagaimana menjadi tempat perputaran ekonomi. Belajar dari negara lain, mereka tidak hanya mengandalkan kotak amal saja,”ungkap Irfan.

 

Aset Jamkrindo Syariah Tumbuh 135 Persen

Fri, 07 Jul 2017 - Aset JamSyar tumbuh 123 persen bila dibandingkan dengan tahun 2015 ke 2016. Sementara pada tahun 2017 berjalan, secara year to year

Zakat untuk UKM Dikembangkan

Thu, 06 Jul 2017 - Zakat yang ditunaikan Jamkrindo Syariah menambah daftar perusahaan yang telah menunaikan zakat melalui Baznas. Inijuga menjadi bukti tumbuhnya perusahaan syariah di Indonesia, menyusul gaya hidup syariah masyarakat Indonesia kini

Jokowi Luncurkan Pembayaran Zakat Lewat Agen Laku Pandai

Wed, 14 Jun 2017 - Penyaluran zakat melalui agen Laku Pandai merupakan salah satu bentuk implementasi dari Peraturan Presiden No.82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) yang mendukung pencapaian target keuangan inklusif sebesar 75 persen di tahun 2

Mandiri Amal Insani Bidik Nadzir Internasional

Fri, 13 Jan 2017 - Di tahun 2016 jumlah penerima manfaat Mandiri Amal Insani berjumlah 63.251 orang di dalam maupun luar negeri dengan besar dana penghimpunan Rp50,7 miliar dengan prosentase terbesar 50 persen pada produk zakat.

Pakar Syariah: Kuasai Aset Jakarta, Asing Adalah Bahaya Laten

Thu, 22 Dec 2016 - "58 persen itu dikuasai oleh konglomerasi, 24 persen itu oleh BUMN-BUMN, sekitar 10 persen itu koperasi formal dan sekitar 8 persen oleh sekitar 50 jutaan usaha mikro. Jadi kita lihat betapa ketimpangan disini..."



Non Bank

Indofood dan Anak Usaha Bagi-bagi Dividen

PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan anak usahanya PT Indo

PMK 75/2011 Direvisi, LPDB KUMKM Bisa Langsung Biayai UMKM

"Selama ini kita hanya bisa membiayai skim pembiayaan u

Laba Bersih Bersih Sinarmas MSIG Life Tumbuh 49 Persen di 2017

Selain mengumumkan catatan pertumbuhan positif selama 2

Untuk Kemudahan Nasabah, Sequis Life Luncurkan Aplikasi Polisku

Sequis Polisku yaitu aplikasi mobile dan website untuk

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi