Governance, Risk Management & Compliance

Badan Wakaf Jakarta Belum Berperan

Kamis 22 Desember 2016 3:32:0

Berdasarkan laporan dari BAZ, dari Rp 330 miliar, baru Rp 33 miliar yang tersalurkan.

Jakarta, Stabilitas—Sejak tahun 2010 sampai 2014 terdapat pertumbuhan penerimaan zakat hingga Rp 1,5 triliun, di akhir 2014 peningkatan mencapai Rp 2,77 triliun. Hal ini menjadi motivasi BAZNAS untuk terus mengembangkan pengelolaan zakat di tingkat nasional. Walaupun demikian, pengelolaan zakat di tingkat provinsi masih perlu berbenah.

Kemiskinan menjadi problem yang luar biasa. Di Ibukota, standard garis kemiskinan rendah, sekitar 33000 pendapatan dan kesenjangan yang tinggi, hal ini berakar dari program ekonomi yang hanya 15 persen.

Direktur Puskas BAZNAS, Irfan Syauqi Beik mengatakan fakir miskin menjadi proporsi penerima zakat tertinggi dengan jumlah mencapai Rp 2,25 triliun. “fakir tertinggi, sisanya fii sabilillah, kemiskinan ini menjadi problem utama, apalagi program ekonomi cuma 15 persen,”kata Irfan, pada Diskusi Outlook Ekonomi Syariah 2017 di Jakarta, Kamis (22/12).

Pengelolaan dana zakat menjadi hal yang perlu menjadi konsentrasi, di DKI Jakarta tercatat dari dana yang diterima sebesar Rp 330 miliar, hanya Rp 33 miliar yang tersalurkan.

“Di DKI sendiri zakat belum banyak berperan. Pengelolaannya yang tidak berperan, sehingga dana yang tersalurkan belum merata. Berdasarkan laporan dari BAZ, dari Rp 330 miliar, baru Rp 33 miliar yang tersalurkan, disini persoalannya sedang dicarikan solusi,”lanjut Irfan.

Selain lambatnya sistem pengelolaan, BAZIS Jakarta juga dinilai tidak tertib dalam hal administrasi. Berdasarkan laporan yang diterima BAZNAS, jumlah data muzaki yang terdaftar baru berjumlah 11 juta dari 100 juta warga.

“Jumlah muzaki terdata baru 11 juta dari 100 juta, jadi masih ada problem database. Seharusnya sebagai BAZIS bisa jadi contoh. Ini adalah potret yang harus kita lihat,”jelas Irfan.

BAZNAS mengusulkan adanya reduksi atau melihat piramida terbaklik, merekomendasikan adanya inisiatif model pengelolaan wakaf, dan menjadikan sarana ibadah menjadi produktif pada tahun 2017.

“kami usulkan di tahun 2017 untuk mereduksi, melihat kembali piramida terbalik dari pengelolaan zakat, disini harus ada yang memunculkan bagaimana cara pengelolaan wakaf, kemudian sarana seperti masjid menjadi produktif bukan hanya sebagai sarana beribadah tapi juga bagaimana menjadi tempat perputaran ekonomi. Belajar dari negara lain, mereka tidak hanya mengandalkan kotak amal saja,”ungkap Irfan.

 

Sun Life Jalin Kerjasama dengan 2 Lembaga Wakaf

Mon, 09 Mar 2020 - Hingga saat ini, dalam menyalurkan dana wakaf yang diterimanya, Sun Life telah berkolaborasi dengan sembilan nazhir terpercaya, yaitu: Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, Badan Wakaf Indonesia, iWakaf, Wakaf Daarut Tauhid, Badan Wakaf Alquran, Baitul Maal Muama

Bank Wakaf Mikro Salurkan Pembiayaan Rp33,9 Miliar

Thu, 09 Jan 2020 - Program BWM merupakan sinergi atau kerja sama antara OJK, para donatur, LAZNAS, dan tokoh masyarakat setempat, pimpinan Pondok Pesantren atau lembaga pendidikan tradisional

Bank Wakaf Mikro Salurkan Pembiayaan Nasabah Klaster Batik

Wed, 02 Oct 2019 - Bank Wakaf Mikro(BWM) yang hingga September 2019 telah mencapai 53 BWM di 16 Provinsi dan telah menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp27,7 miliar kepada 21.557 nasabah.

BNI Syariah Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi dalam Proyek Wakaf

Wed, 18 Sep 2019 - BNI Syariah sebagai Lembaga Keuangan Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) telah menjalankan perannya sejak tahun 2008.

OJK Resmikan BWM Apik Kendal

Fri, 06 Sep 2019 - Pembentukan Bank Wakaf Mikro di daerah sebagai upaya OJK tidak hanya fokus pada nasabah besar tetapi juga mendorong penyediaan akses keuangan bagi masyarakat kecil

Layanan Wakaf Saham Diluncurkan

Thu, 08 Aug 2019 - Galeri wakaf saham ini nantinya akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual beli saham syariah.



Non Bank

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Menkeu Jelaskan Latar Belakang Perppu Nomor 1 Tahun 2020

Sri Mulyani menjelaskan, Perppu dikeluarkan untuk bisa

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi