Governance, Risk Management & Compliance

Bali Tetap Aman Untuk IMF-WBG Annual Meetings 2018

Sabtu 23 Desember 2017 2:6:0

"Gunung Agung radiusnya hanya sekitar10 km yang terpengaruh. Seharusnya seluruh pusat-pusat turisme di bali bisa menjadi tempat aktivitas yang aman dan jauh dari bahaya. Sehingga ini akan menimbulkan keyakinan..."

KARANGASEM, Stabilitas - Dalam rangka persiapan acara IMF-WBG Annual Meetings 2018 yang rencananya akan diselenggarakan di Bali, Menteri Koordinator Maritim (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan beberapa kunjungan kegiatan untuk memastikan Bali dalam kondisi aman.

"Seperti kita ketahui bahwa jalan yang ada didalam simpang 4 ini adalah yg menjadi bottle neck atau kemacetan. Dengan demikian kemacetan itu bisa dikurangi hingga separonya sesuai penjelasannya Menteri PU. Ini tentu akan membuat nyaman turis di indonesia yang sangat baik untuk ekonomi Bali," ujar Menkeu pada saat meninjau pembangunan underpass arah Nusa Dua menuju Sanur, Jumat (22/12).

Anggaran pembangunan underpass sebesar Rp168,3 miliar diberikan dalam melalui alokasi APBN-P. Dalam hal ini, Kementerian PUPR melakukannya dengan multiyears tahun 2017 dan 2018. Ia pun menjelaskan bahwa dalam acara IMF-WB Annual Meetings tahun depan, Bali akan kedatangan lebih dari 15.000 turis intenasional. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak sekali tingkat kegiatan sehingga perlu diperbaiki arus lalu lintasnya.

"Mereka akan bergerak dari tempat annual meetings ke tempat dinnernya dan akan ada presentasi disana. Ini tentu membutuhkan arus lalu lintas yang lancar. Saya senang kemajuannya," jelas Menkeu.

Sesuai penjelasan Menteri PUPR, pembangunan underpass ini diharapkan dapat selesai pada bulan agustus tahun 2018, sehingga dapat dipergunakan pada saat musim puncak kunjungan wisatawan dan kegiatan IMF-WBG Annual Meetings 2018.

Tidak hanya itu, Menkeu juga menyebutkan akan diadakan sidang kabinet untuk melihat dan evaluasi keseluruhan situasi dr Gunung Agung. Hal ini penting dilakukan untuk meng-komunikasikan secara lebih tepat mengenai apa yang terjadi agar tidak mempengaruhi turisme di keseluruhan Bali dan mampu membangun keyakinan bagi seluruh turis bahwa Bali aman.

"Gunung Agung radiusnya hanya sekitar10 km yang terpengaruh. Seharusnya seluruh pusat-pusat turisme di bali bisa menjadi tempat aktivitas yang aman dan jauh dari bahaya. Sehingga ini akan menimbulkan keyakinan," jelasnya.

Berdasarkan informasi dari otoritas kementerian dan lembaga terkait, Status Level IV (Awas) hanya berlaku pada radius 8 - 10 km dari Gunung Agung. Di luar area tersebut, semua aktivitas di wilayah Bali berjalan normal sehingga aman untuk aktivitas kunjungan wisatawan. Untuk kepentingan penyelenggaraan IMF-WBG Annual Meetings 2018, Panitia Nasional (PanNas) terus memonitor aktivitas Gunung Agung dan selalu berkomunikasi dengan Meetings Team Secretariat (MTS) IMF-WBG.

PanNas IMF-WBG Annual Meetings 2018 memastikan seluruh persiapan penyelenggaraan AM 2018 berjalan sesuai rencana dan target yang ditetapkan bersama dengan MTS. Untuk memastikan persiapan tersebut, MTS akan berkunjung ke Bali pada 29 Januari s.d. 9 Februari 2018 untuk melakukan pembahasan bersama Panitia Nasional terutama terkait aspek keamanan dan mitigasi risiko atas aktivitas Gunung Agung.

Anggaran 15 K/L Dipangkas, Ini Besarannya

Fri, 26 Aug 2016 - Penghematan belanja Kementerian/Lembaga sebesar Rp64,7 triliun (di luar penghematan alamiah) ini dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi tidak tercapainya penerimaan perpajakan.

Menkeu Tunda Penyaluran DAU untuk 169 Daerah

Thu, 25 Aug 2016 - Menkeu menetapkan penundaan dilakukan terhadap penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2016 untuk 169 daerah sebesar Rp19.418.975.064.500,00.

Menkeu Pastikan Peraturan Turunan Tax Amnesty Terbit Pekan Ini

Mon, 11 Jul 2016 - "PMK (Peraturan Menteri Keuangan) minggu ini diharapkan selesai," kata Bambang.

Pemerintah Resmi Ajukan Revisi UU Ketentuan Perpajakan

Wed, 08 Jun 2016 - Penyusunan RUU tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan ini merupakan bagian rangkaian reformasi perpajakan yang telah didahului dengan pengajuan RUU tentang Pengampunan Pajak.

Pemerintah Realistis Pertumbuhan Ekonomi 2016 di Kisaran 5,1% - 5,2%

Mon, 06 Jun 2016 - Perekonomian pada triwulan pertama 2016 belum tumbuh sesuai harapan, karena hanya berada pada angka 4,92 persen, namun ada peluang perekonomian akan tumbuh lebih baik pada triwulan berikutnya.



Non Bank

tanamduit, Digital Platform Beli Reksa Dana

Di tengah munculnya berbagai digital platform yang memb

Perkoperasian Diharapkan Jadi Materi Kuliah Magister Kenotariatan PTN

“Sekurang-kurangnya peningkatan kualitas koperasi dim

Asuransi Cakrawala Proteksi Resmikan Cabang Medan

Pada kuartal III / 2017 ACP mencatat pencapaian premi s

Kolaborasi Tekfin Indonesia dan Australia

Perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 1 Desember

Portofolio

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Tradisi ‘Bendera Putih’ BEI

Lagi-lagi PT Bursa Efek Indonesia merevisi targetnya. K

Siap Go Private, Saham LAMI Dibuyback Pendirinya

BEI telah mengkonfirmasi bahwa sedikitnya dua emiten te

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi