Governance, Risk Management & Compliance

Bank Mandiri Perkuat KUR di Destinasi Wisata Prioritas

Jumat 17 Januari 2020 23:47:0

Salah satu upaya yang akan dilakukan untuk mendorong penyaluran KUR tersebut adalah melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha dengan memanfaatkan jaringan mikro Mandiri.

JAKARTA, Stabilitas-- Bank Mandiri mendorong peningkatan penyaluran Kredit Usaha rakyat (KUR) di wilayah yang menjadi destinasi wisata prioritas. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di NTT, Mandalika di NTB, dan Likupang di Sulawesi Utara.

SVP Micro Development & Agen Banking Bank Mandiri Zedo Faly mengungkapkan, pihaknya akan meningkatkan penyaluran KUR kepada sektor-sektor yang terkait pariwisata, khususnya di lima destinasi wisata yang baru saja ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas.

"Sektor pariwisata memang menjadi salah satu fokus penyaluran KUR kami tahun ini. Di samping mendukung program kepariwisataan nasional, kami juga ingin mengembangkan usaha-usaha kecil terkait seperti pelaku usaha agrowisata, restaurant dan rumah makan tradisional, usaha penginapan dan transportasi serta usaha kerajinan suvenir dan oleh-oleh," kata Zedo.

Dia menambahkan, pihaknya optimis dapat menjangkau para pelaku usaha tersebut mengingat suku bunga KUR yang kini semakin murah menjadi 6 persen, dari 7 persen tahun lalu. Di samping itu, pihaknya juga akan terus memperbaiki proses bisnis KUR agar dapat semakin mudah dan cepat dirasakan pelaku usaha.

Pada tahun lalu, katanya, pihaknya telah menyalurkan KUR Rp 260 milliar kepada 3,410 debitur pelaku usaha terkait kepariwisataan di 5 destinasi wisata super prioritas. Penyaluran KUR Bank Mandiri 2019 sendiri sebesar Rp 25,02 triliun atau sebesar 100,09 persen dari target yang ditetapkan, yakni Rp25 triliun. Seluruh penyaluran tersebut dilakukan secara hati-hati sehingga berhasil menjaga rasio kredit macet (NPL) KUR di angka 0,44 persen

"Penyaluran KUR tahun lalu juga telah dilaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah, dimana fokus utama tetap pada sektor produksi. Tahun lalu, 50,1 persen KUR Bank Mandiri atau sebesar Rp12,53 triliun telah disalurkan ke sektor produksi, dengan rincian sektor pertanian 17,89 persen, sektor perikanan 0,28 persen, dan sektor industri pengolahan 3,77 persen. Adapun penyaluran kami di sektor pertambangan garam rakyat dan sektor jasa produksi adalah masing-masing 0,01 persen dan 28,15 persen," jelasnya.

Sedangkan pada 2020, kata Zedo, penyaluran KUR Bank Mandiri ditargetkan mencapai Rp30 triliun dengan rincian KUR Mikro sebesar Rp12 triliun, KUR kecil Rp 19,975 triliun dan KUR TKI sebesar Rp 25 Miliar. Kami berharap 2020 dapat menyalurkan KUR ke sektor terkait pariwisata dengan rasio yang jauh lebih besar dibanding tahun lalu," tuturnya.

Salah satu upaya yang akan dilakukan untuk mendorong penyaluran KUR tersebut, katanya, adalah melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha dengan memanfaatkan jaringan mikro Mandiri yang telah memiliki pemahaman tentang kearifan lokal di lima destinasi wisata tersebut.

"Hal lainnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan operator di destinasi wisata serta nasabah eksisting perseroan di bidang tour&travel melalui kerjasama pemberian referral kepada pelaku usaha yang menjadi value chain nasabah sehingga bisa meningkatkan kelayakan untuk mendapatkan kredit," katanya

 



Non Bank

Wapres Resmikan Bank Wakaf Mikro di Lombok

Program BWM merupakan sinergi atau kerja sama antara OJ

Presiden Angkat Lana Soelistianingsih Sebagai Kepala Eksekutif LPS

Lana Soelistianingsih diangkat berdasarkan pada Keputus

Pemerintah Sudah Salurkan Dana BOS Tahap I Langsung ke Rekening Sekolah

Penyaluran langsung ke rekening sekolah tetap ditatausa

SBR009 Semakin Diburu Investor Milenial

Penerbitan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR009 mencapai

Portofolio

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Jelang Tutup Tahun, Kinerja Pasar Modal Positif

IHSG masih mencatatkan pertumbuhan positif meskipun dal

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi