Governance, Risk Management & Compliance

Bank Mandiri Refinancing Pinjaman Antam US$129 Juta

Kamis 19 September 2019 17:40:0

Saat ini Antam tengah mengembangkan proyek-proyek hilirisasi strategis di antaranya yaitu Proyek Pengembangan Pabrik Feronikel Halmahera Timur di Maluku Utara serta Proyek Pembangunan Pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalbar.

JAKARTA, Stabilitas -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan fasilitas pinjaman investasi sebesar US$129 juta kepada PT Antam Tbk untuk membiayai pinjaman investasi Antam yang jatuh tempo pada Juni 2024. Penandatanganann kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Antam, Arie Prabowo Ariotedjo dengan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar di Jakarta, Rabu, (18/9/2019).

Kerjasama ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi keuangan tanpa merubah ketentuan dari pinjaman sebelumnya serta memiliki tingkat suku bunga mengambang (floating) yang lebih kompetitif dibandingkan tingkat bunga pinjaman sebelumnya.

Direktur Utama ANTAM, Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, Perseroan menyadari pembangunan kekuatan perusahaan melalui fokus pada pengembangan hilirisasi komoditas inti perusahaan yang berbasis pada nikel, emas dan bauksit.

"Kami senantiasa menjaga kekuatan keuangan Perusahaan melalui inovasi bisnis untuk meningkatkan pendapatan, memastikan kemampuan Perusahaan untuk memenuhi kewajiban serta mendukung pendanaan untuk pertumbuhan perusahaan di masa depan. Dengan tingkat pertumbuhan kinerja keuangan Perusahaan yang semakin solid, Antam mendapatkan fasilitas kredit investasi dengan tingkat suku bunga yang lebih kompetitif sehingga dapat menurunkan beban keuangan Perusahaan," katanya.

Sementara itu, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar mengatakan, dukungan pembiayaan ini merupakan implementasi dari komitmen Perseroan untuk terus memakmurkan negeri melalui sinergi strategis antar BUMN.

"Sebagai salah satu pemain utama di sektor pertambangan, Antam perlu terus didukung dalam memperkuat kapasitas produksi dalam rangka memenuhi peningkatan kebutuhan industri lokal, serta permintaan pasar internasional. Kami berharap sinergi ini dapat meningkatkan kontribusi kedua BUMN pada pertumbuhan ekonomi nasional," kata Royke.

Penandatanganan kerjasama fasilias pinjaman kredit investasi ini menandai dukungan program-program dan/atau proyek-proyek yang tengah dikembangkan Antam.

Saat ini Antam tengah mengembangkan proyek-proyek hilirisasi strategis di antaranya yaitu Proyek Pengembangan Pabrik Feronikel Halmahera Timur di Maluku Utara yang memiliki kapasitas terpasang sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel per tahun serta Proyek Pembangunan Pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat, yang akan dikembangkan bersama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dengan kapasitas tahap pertama sebesar satu juta ton SGAR.

 

Bank Mandiri Sediakan Layanan Perbankan Elektronik Untuk Koperasi

Thu, 03 Oct 2019 - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. bekerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa menerbitkan kartu debit co-branding berdesain khusus. Kartu debit tersebut dapat memudahkan lebih dari 600.000 anggota Kospin dalam bertransaksi.

Mandiri dan Pertamina Sinergi Bangun SPBT di Kebumen

Wed, 02 Oct 2019 - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan sistem pengolahan beras terpadu di Kebumen, Rabu, mengatakan langkah ini menjadi wujud komitmen kedua BUMN dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kes

Bank Mandiri Geliatkan Pariwisata Lokal melalui KUR

Thu, 12 Sep 2019 - Sebaran usaha yang menjadi obyek pembiayaan KUR pariwisata Bank Mandiri meliputi usaha penyediaan akomodasi (homestay), usaha kerajinan souvenir/makanan oleh-oleh khas, usaha restoran, kafe dan rumah makan, serta usaha penyewaan transportasi.

Mandiri Perkirakan Nilai Tukar Hingga Akhir Tahun Rp14.200

Mon, 09 Sep 2019 - Peran Bank indonesia dalam mengelola kebijakan moneter dan peran Pemerintah dalam mengelola kebijakan, akan menghasilkan bauran kebijakan yang efektif dalam mendorong perekonomian nasional

Mandiri Kucurkan Non Cash Loan Rp 2 triliun ke KAI

Thu, 05 Sep 2019 - Menurut Royke, hal ini merupakan langkah Bank Mandiri untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan transportasi publik di Indonesia.



Non Bank

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

CIMB Niaga dan BPJPH Sinergi Dukung Industri Halal

Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)

Digibank Jadi Mitra Distribusi Obligasi Ritel Indonesia

ORI016 adalah salah satu instrumen SBN yang ditawarkan

Fintech Do-It dan AIQQON Jalin Kerja Sama Strategis

Kerja sama ini menargetkan jutaan UMKM Go Digital.

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi