Governance, Risk Management & Compliance

Bank Muamalat Optimalkan Layanan Transfer Dana Bagi BPR & BPRS

Jumat 20 Desember 2019 10:16:0

Sinergi ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara Bank Muamalat dan BPR serta BPRS.

JAKARTA, Stabilitas - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menjalin kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dalam penyelenggaraan layanan transfer dana melalui skema Host to Host. Untuk tahap awal Bank Muamalat menggandeng PT BPRS Bhakti Sumekar dan PT BPR Bank Jombang Perseroda.

Seremoni penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan pada Kamis, 19 Desember 2019 di Muamalat Tower, Jakarta. Bank Muamalat diwakili oleh Direktur Bisnis Ritel Purnomo B. Soetadi, BPRS Bhakti Sumekar diwakili oleh Novi Sujatmiko selaku CEO dan BPR Bank Jombang diwakili oleh Afandi Nugroho selaku CEO. Turut hadir pula CEO PT Anro Multi Teknologi Djoko Widhiyatmo selaku penyedia jasa sistem teknologi informasi bagi BPR & BPRS.

Purnomo mengatakan, sinergi ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara Bank Muamalat dan BPR serta BPRS. Disamping sebagai upaya perseroan untuk dapat memberikan layanan perbankan secara optimal bagi semua individu di pelosok tanah air melalui jaringan BPR dan BPRS.

"Kita sudah memasuki era digital yang erat kaitannya dengan branchless banking. Bank Muamalat sebagai pionir bank syariah di Tanah Air ingin memberikan layanan perbankan berbasis digital yang optimal bagi semua individu di pelosok tanah air, termasuk di dalamnya bersinergi dengan BPR dan BPRS melalui penyelenggaraan layanan transfer dana dengan skema host to host," katanya.

Host to Host atau H2H sendiri adalah sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung. Selain dapat digunakan oleh BPR dan BPRS secara institusi, layanan ini juga dapat dimanfaatkan oleh nasabah BPR-BPRS untuk bertransaksi keuangan. Per November 2019 jumlah BPR dan BPRS yang menjadi nasabah Bank Muamalat adalah sebanyak 478 bank.

Ketua Kompartemen BPRS Asbisindo Cahyo Kartiko mengatakan, pihaknya sangat mendukung kerja sama antara Bank Muamalat dengan BPR dan BPRS karena dapat membuat akses ke perbankan semakin luas dan mudah.

"Kami dari Asbisindo sangat mendukung kerjasama host to host Bank Muamalat dan BPR-BPRS karena akan membuka akses ke perbankan dengan cepat dan praktis berkat pemanfaatan teknologi," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam Undang-Undang No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah Pasal 21 Poin D disebutkan bahwa kegiatan pemindahan uang, baik untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan nasabah harus melalui rekening BPRS yang ada di Bank Umum Syariah, Bank Umum Konvensional, dan UUS.

Adapun berdasarkanSurat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SE OJK) No. 37/SEOJK.03/2015 tentang Produk dan Aktivitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dijelaskan bahwa aktivitas pemindahan dana baik untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan nasabah BPRS harus melalui rekening BPRS di Bank Umum Syariah atau Unit Usaha Syariah.

CIMB Niaga Syariah Dukung DT Peduli Himpun Zakat, Sedekah, dan Wakaf Pakai QR Code

Tue, 31 Mar 2020 - CIMB Niaga Syariah bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran zakat, sedekah, dan wakaf secara digital menggunakan QR Code.

Optimalkan Layanan Nasabah, BNI Syariah Antisipasi Penyebaran COVID-19

Sun, 22 Mar 2020 - Untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dan karyawan, BNI Syariah juga menerapkan sistem kerja Work from Home.

Bank Muamalat & Avrist Garap Bankassurance Berbasis Syariah

Wed, 19 Feb 2020 - Dua produk bancassurance berbasis syariah yang memberikan solusi perlindungan jiwa optimal dengan manfaat asuransi dan dana investasi bagi masyarakat Indonesia

BCA Syariah Tumbuh di Atas Industri 2019

Wed, 19 Feb 2020 - Bank BCA Syariah menutup 2019 dengan pertumbuhan positif di atas industri perbankan syariah

Bank Muamalat dan Hidayatullah Kerja Sama Pemanfaatan Produk Perbankan

Thu, 13 Feb 2020 - Kerja sama ini mencakup penghimpunan dana, pembiayaan, cash management system (CMS) dan Payment Point Online Bank (PPOB). Selain itu akan ada kerja sama program sosial dengan Baitulmaal Muamalat (BMM).

BNI Syariah Resmikan Payment Point di Kampus ITS

Thu, 06 Feb 2020 - Payment Point BNI Syariah Kampus ITS ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi para civitas akademika ITS dalam bertransaksi keuangan sesuai prinsip syariah.



Non Bank

Menkeu Lantik Febrio Nathan Kacaribu Sebagai Kepala BKF

Pelantikan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama ini merupa

LPS Dapat Kewenangan Baru Jalankan Perppu

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mendukung penerbitan Pe

BI Sebut Modal Asing Keluar Rp167 Triliun

Menurut perry terjadi kericuhan di pasar keuangan membu

Portofolio

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Jelang Tutup Tahun, Kinerja Pasar Modal Positif

IHSG masih mencatatkan pertumbuhan positif meskipun dal

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi