Governance, Risk Management & Compliance

BAPPENAS: Dana Haji Diinvestasikan, bukan Belanja Infrastruktur

Senin 31 Juli 2017 13:40:0

Konsep keuangan yang jelas dana haji itu long term funding, infrastruktur adalah long term projcet namanya long term project yang paling bagus membiayai adalah long term funding.

JAKARTA, Stabilitas -- Polemik penggunaan dana haji untuk proyek infrastruktur banyak ditolak masyarakat, pasalnya masyarakat menilai hal tersebut tidak pantas dan memiliki risiko yang tinggi. Menananggapi hal tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan, ada kesalahpahaman mengenai wacana penggunaan dana haji untuk infrastruktur, bahwa sebenarnya dana haji akan diinvestasikan kepada infrastruktur, bukan belanja infrastruktur.

“Kalau dana haji kecil, lalu dana haji mau dipakai apa? Itu kan hanya yang mau naik haji padahal dana haji itu harus dikelola dengan baik agar nanti hasilnya bisa memberikan kebaikan para haji,”Kata Bambang, di Jakarta, Senin (31/7).

Bambang mengatakan, dana haji merupakan dana yang paling pas jika diinvestasikan kepada proyek infrastruktur, karena sifatnya yang jangka panjang sejalan dengan pembangunan yang juga bersifat jangka panjang.

“Konsep keuangan yang jelas dana haji itu long term funding, infrastruktur adalah long term projcet namanya long term project yang paling bagus membiayai adalah long term funding,”jelas Bambang.

Tak hanya itu, Bambang juga mengklaim bahwa diinvestasikanya dana haji kepada proyek infrastruktur akan memberi keuntungan bagi para calon jamaah haji. Bambang yakin, jika dana haji hanya disimpan di bank, maka tidak akan menghasilkan apapun, maka dari itu jika dana haji membiayai infrastruktur, akan menghasilkan return yang besar yang bermafaat buat jamaah haji.

“Maksudnya ke infrastruktur seperti jalan tol di Jakarta misalkan atau pembangkit listrik yang sudah pasti dibeli PLN nah pasti hasilnya bagus, return dana hajinya lebih besar calon haji yang nanti akan pergi tahun depan atau 10 tahun lagi akan mendapatkan kualitas pelayanan haji yang makin lama makin baik jadi sebenarnya niatnya adalah bukan masalah sekedar infrastrukturnya tapi bagaimana memberikan return yang bermanfaat nantinya untuk calon haji kita,”jelas Bambang.

Menteri Bambang: Implementasi SDGs Tidak Mudah

Fri, 05 Apr 2019 - Dengan pertimbangan untuk memenuhi komitmen pemerintah dalam pelaksanaan pencapaian SDGs, pemerintah memandang perlu adanya penyelerasan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional .

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

Mon, 03 Dec 2018 - SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik bagi nasabah ritel atau private placement, dimana keamanan dana investasi cukup terukur dan resiko telah termitigasi dengan baik.

Tiga Aspek Paradigma Baru Pembiayaan Infrastruktur Versi Bank Indonesia

Tue, 09 Oct 2018 - Ketiga aspek tersebut adalah pergeseran dari pembiayaan Pemerintah ke pembiayaan swasta. Kedua, proyek infrastruktur sebagai sebuah kelas aset (class asset). Ketiga, basis investor yang luas.

Forum Investor 2018 Angkat Paradigma Baru Pembiayaan Infrastruktur

Tue, 09 Oct 2018 - Dengan paradigma baru pembiayaan ini, keterlibatan pihak swasta dalam pembiayaan infrstruktur dapat menjadi pilihan pertama.

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur Tidak Dapat Ditunda

Mon, 08 Oct 2018 - Agar target pertumbuhan dan pembangunan infrastruktur dapat tercapai, namun kesehatan serta kredibilitas APBN tetap terjaga, tugas ini pun didukung oleh BUMN/BLU yang berada di bawah Kemenkeu.

Ultah Ke-6, OJK Optimalkan Sektor Keuangan untuk Infrastruktur

Wed, 22 Nov 2017 - OJK juga akan terus mengoptimalkan peran sektor jasa keuangan dalam memfasilitasi kebutuhan negara seperti pembiayaan pembangunan infrastruktur dan menjadi solusi dalam pengentasan kemiskinan serta penurunan ketimpangan.



Non Bank

Amartha Salurkan Rp970M Dana Khusus Perempuan

Amartha, penyalur pinjaman khusus perempuan pelaku UMKM

Allianz Indonesia Ikuti Perkembangan Fintech Tingkatkan Penetrasi Asuransi

Dengan mempertimbangkan pesatnya perkembangan fintech,

Ini Peluang dan Tantangan Industri Asuransi Jiwa di 2019

Sebagai kontributor utama industri asuransi, tingkat pe

AIA Catat Pertumbuhan Dua Digit di 2018

AIA berhasil meningkatkan laba operasi setelah pajak me

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi