Governance, Risk Management & Compliance

BCA Syariah Tumbuh di Atas Industri 2019

Rabu 19 Februari 2020 8:57:0

Bank BCA Syariah menutup 2019 dengan pertumbuhan positif di atas industri perbankan syariah

JAKARTA, Stabilitas - PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) menutup 2019 dengan pertumbuhan positif di atas industri perbankan syariah. Aset BCA Syariah di Desember 2019 tumbuh 22,3% menjadi Rp8,6 triliun dibandingkan periode yang sam tahun sebelumnya (year on year/yoy). Sementara aset perbankan syariah tumbuh 12,5% yoy (data November 2019). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur BCA Syariah Pranata Nazamuddin, dalam kegiatan Media Update: Pemaparan Kinerja BCA Syariah 2019, di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta, Selasa (18/2).

Pertumbuhan aset BCA Syariah diantaranya didukung oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga(DPK). Di tengahli kuiditas yang cukup ketat, BCA Syariah mampu menunjukkan pertumbuhan DPK sebesar 12,7% yoy menjadi sebesar Rp6,2 triliun. Pertumbuhan tersebut ditopang peningkatan produk Giro sebesar Rp229,1 miliar, produk Deposito sebesar Rp 86,9 miliar, dan produk Tabungan yang meningkat sebesar Rp34,3 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Komposisi CASA menunjukkan perbaikan dimana pada Desember 2019 CASA meningkat 10% menjadi 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Penyaluran pembiayaan BCA Syariah di Desember 2019 mencapai Rp5,6 triliun atau meninggat 15,2% secara yoy sementara industri perbankan syariah tumbuh 11,6% yoy (data November 2019). Komposis ipembiayaan terbesar disalurkan untuk pembiayaan komersial sebesar Rp4,34 triliun dengan komposisi sebesar 76,6%, diikuti oleh pembiayaan UMKM sebesar Rp1,18 triliun dengan komposisi 20.96% dari total portofolio pembiayaan.

Penyaluran pembiayaan BCA syariah selalu diimbangi dengan upaya-upaya untuk menjaga kualitas aktivanya. Hasilnya, Non Performing Financing (NPF) Gross tetap terjaga di 0,58% dan NPF Nettdi 0,26%. Portofolio BCAS terjaga dengan baik dan sehat dimana Loan At Risk (LaR) berada pada posisi 5,81%, sementara Industri berada diposisi 18,12%.

Profitabilitas perusahaan meningkat secara berkesinambungan dengan perolehan laba sebelum pajak di Desember 2019 sebesar Rp83 miliar meningkat 15,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp72 miliar. Sementara itu, laba setelah pajak tercatat sebesar Rp67,2miliar.

Dalam kesempatan yang sama Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengatakan, "BCA Syariah akan terus berupaya untuk mempertahankan pertumbuhan yang berkualitas secara berkesinambungan. Dengan komitmen untuk menjalankan fungsi intermediasi secara optimal dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian, BCA Syariah optimis untuk dapat meraih pertumbuhan antara 10-15% ditahun 2020".

Di 2020, BCA Syariah secara konsisten menerapkan langkah – langkah strategis yang terintegrasi guna menjaga momentum pertumbuhan yang berkesinambungan. Sebagai bentuk adaptasi terhadap iklim usaha yang dinamis, BCA Syariah akan terus melakukan penyempurnaan produk dan kualitas layanan, melakukan pengembangan infrastruktur dan mengimplementasikan kebijakan strategis baik dalam hal perluasan jaringan, penyaluran pembiayaan maupun kerjasama dengan mitra strategis dan induk usaha.  

Penambahan fitur-fitur pada kanal perbankan elektronik juga menjadi salah satu strategi BCA Syariah dalam memperluas jangkauan layanan. Hasilnya, jumlah pengguna/user dan jumlah transaksi meningkat signifikan. Total frekuensi transaksi BCA Syariah mobile dan Klik BCA Syariah sampai dengan Desember 2019 mencapai lebih dari 1 juta transaksi.

 

Naik Kelas ke Bank BUKU III, BNI Syariah Kokohkan Inovasi Digital

Thu, 28 May 2020 - BNI Syariah mencetak laba bersih Rp214,01 miliar pada triwulan I 2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar.

Gojek dan BCA Finance Berikan Keringanan Angsuran

Fri, 24 Apr 2020 - Pemberian keringanan cicilan merupakan bentuk bantuan GoJek kepada mitra pengemudi selama pandemi corona.

Transaksi Mobile Banking BNI Syariah Selama COVID-19 Naik Signifikan

Wed, 08 Apr 2020 - Lima fitur transaksi yang paling sering dipergunakan nasabah diantaranya adalah transfer antar rekening BNI/BNI Syariah; pembayaran melalui virtual account; transfer antar bank; top up saldo uang elektronik; dan pembeli.

Milad ke-10 Tahun, BCA Syariah Gelar Kegiatan Sosial Waspada Covid-19

Sat, 04 Apr 2020 - Kegiatan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) BCA Syariah Peduli Sosial.

CIMB Niaga Syariah Dukung DT Peduli Himpun Zakat, Sedekah, dan Wakaf Pakai QR Code

Tue, 31 Mar 2020 - CIMB Niaga Syariah bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran zakat, sedekah, dan wakaf secara digital menggunakan QR Code.

Optimalkan Layanan Nasabah, BNI Syariah Antisipasi Penyebaran COVID-19

Sun, 22 Mar 2020 - Untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dan karyawan, BNI Syariah juga menerapkan sistem kerja Work from Home.



Non Bank

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebi

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi