Governance, Risk Management & Compliance

BI Anugerahkan Penghargaan Pojok Baca BI Terbaik 2018

Senin 17 Desember 2018 18:4:0

Para penerima penghargaan BI Corner Award terpilih karena kemampuannya dalam berbagai aspek, yaitu pemeliharaan fisik BI Corner, manajemen pengelolaan, komitmen kebijakan lembaga penerima program, publikasi, kegiatan dan kerjasama yang dilakukan lembaga,

JAKARTA, Stabilitas-- Bank Indonesia menganugerahkan penghargaan Pojok Baca BI (BI Corner) terbaik dalam BI Corner Award 2018. Penghargaan diberikan kepada 12 (dua belas) sekolah/lembaga yang melakukan pengelolaan BI Corner terbaik tingkat nasional untuk kategori Perguruan Tinggi, SMA/sederajat, Pojok Baca dan Dongeng PAUD (PBD), dan umum.

Selain tingkat nasional, penghargaan juga diberikan kepada BI Corner terbaik di 9 (sembilan) pulau di wilayah Indonesia yang meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. BI Corner merupakan salah satu media BI berkomunikasi dengan masyarakat. Penghargaan BI Corner Award 2018 diberikan langsung oleh Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, pada Senin (17/12) di Museum Bank Indonesia, Jakarta.

"BI Corner diimplementasikan sebagai salah satu bentuk perhatian BI terhadap peningkatan kualitas pengetahuan generasi muda melalui penyediaan perpustakaan sebagai media menggali pengetahuan dan informasi, antara lain mengenai perkembangan ekonomi Indonesia dan pelaksanaan tugas BI di bidang moneter, stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran, baik tunai maupun nontunai,"ujar Mirza.

Para penerima penghargaan BI Corner Award terpilih karena kemampuannya dalam berbagai aspek, yaitu pemeliharaan fisik BI Corner, manajemen pengelolaan, komitmen kebijakan lembaga penerima program, publikasi, kegiatan dan kerjasama yang dilakukan lembaga, dampak BI Corner terhadap lembaga dan pengguna, serta komitmen lembaga untuk mengembangkan BI Corner secara mandiri. Kompetisi BI Corner Award 2018 diikuti sebanyak 471 BI Corner dan 183 PBD. BI Corner Award 2018 merupakan kompetisi pertama yang diselenggarakan BI dan rencananya akan diselenggarakan secara rutin tiap tahun. Selain untuk memberikan apresiasi kepada sekolah/lembaga yang memiliki komitmen dalam mengelola BI Corner, penghargaan diberikan untuk meningkatkan kebermanfaatan dan keberlanjutan program (sustainibility), dan mendorong aktivitas BI Corner di masing-masing sekolah/lembaga dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan tugas BI.

Program BI Corner telah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yaitu Indonesia Cerdas. Program yang digagas BI ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan sarana perpustakaan mini dengan desain yang menarik dan nyaman, serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas, baik dalam bentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. BI Corner yang diimplementasikan di Perguruan Tinggi, fasilitas publik, SMA/Sederajat dan PAUD/TK/Raudhatul Athfal juga menyediakan berbagai program aktivitas sebagai sarana pembelajaran dan pusat penelitian bagi mahasiswa/pelajar dan masyarakat umum sebagai bentuk dukungan nyata Bank Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

Saat ini telah dibangun 721 BI Corner, termasuk 250 BI Corner yang dibangun tahun 2018, serta 183 PBD di seluruh Indonesia. BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis hingga tahun 2020.

Ramadhan dan Idulfitri, BI Siapkan 2900 Titik Layanan Penukaran

Fri, 10 May 2019 - Bank Indonesia juga mempersiapkan strategi internal dan eksternal dalam pemenuhan ketersediaan uang bagi seluruh masyarakat Indonesia.

BI Terbitkan Ketentuan Market Operator

Tue, 07 May 2019 - Penerbitan PBI ini adalah untuk menjaga integritas pasar uang dan pasar valas serta mendorong terciptanya pasar uang dan valas yanga dil, transparan, likuid dan efisien.

Kuartal I, Laba Maybank Turun 10,4 Persen

Mon, 29 Apr 2019 - Meski laba mengalami penurunan sebanyak 10,4 persen yoy, pendapatan bunga bersih Maybank tumbuh 7.7 persen menjadi Rp2.0Triliun.

JCR Perbaiki Outlook Rating Indonesia dari Stable menjadi Positive

Fri, 26 Apr 2019 - JCR sebelumnya meningkatkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia dari BBB-/outlook positif menjadi BBB/outlook stabil pada pada 8 Februari 2018.

Dorong Permintaan Domestik, BI Siapkan 4 Jurus

Fri, 22 Mar 2019 - Dalam rangka mendorong permintaan domestik, BI menyiapkan kebijakan-kebijakan yang lebih akomodatif. Salah satunya adalah dengan mendorong penggunaan instrumen lindung nilai.

Pimpinan Baru BI Sulut Didorong Perkuat Sinergi

Fri, 08 Mar 2019 - Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto meminta kepada kepala perwakilan BI daerah Sulawesi Utara untuk memperkuat sinergi antara BI dan pemerintah untuk mendorong terciptanya stabilitas perekonomian yang terjaga, khususnya di Provinsi Sulut.



Non Bank

ASM Bagikan Asuransi Mikro dan Celengan Impian Untuk Masyarakat Sentani

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) menyelenggarakan kegiatan L

Amartha Fintek Resmi Kantongi Izin Usaha OJK

Amartha menjadi salah satu dari lima perusahaan fintech

Buana Finance Optimistis Bisnis Pembiayaan Bakal Membaik

PT Buana Finance Tbk meyakini bahwa bisnis pembiayaan k

Buana Finance Optimistis Bisnis Pembiayaan Bakal Membaik

PT Buana Finance Tbk meyakini bahwa bisnis pembiayaan k

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi