Governance, Risk Management & Compliance

BI Dorong Implementasi Keuangan Digital di Sumatera Utara

Kamis 19 September 2019 17:23:0

Forum Sistem Pembayaran merupakan sebuah wadah komunikasi, koordinasi dan sinergi seluruh stakeholder ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara yang bertujuan untuk mempercepat implementasi ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara.

MEDAN, Stabilitas -- Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, perbankan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan "Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumatera Utara" pada tanggal 9 September 2019 bertempat di Grand Ballroom, Hotel Adimulia Medan.

Forum Sistem Pembayaran merupakan sebuah wadah komunikasi, koordinasi dan sinergi seluruh stakeholder ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara yang bertujuan untuk mempercepat implementasi ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara secara merata demi mendukung pertumbuhan ekonomi yan kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan ditengah tantangan ketidakpastian global yang ada.

"Forum ini memiliki tiga pilar, yaitu Community atau penguatan jejaring dan koordinasi berbasis komunitas, database atau sharing data non confidential sehingga perencanaan perluasan elektronifikasi dapat terukur dan sesuai sasaran serta research atau integrase kajian tentang isu-isu terkini dibidang sistem pembayaran baik yang dilakukan oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan stakeholders lainnya" ujar Andiwiana, Direktur Kantor Perwakilan BI Prov. Sumut, dalam paparannya

Setelah pelaksanaan kick off tersebut, kegiatan Forum SP akan dilanjutkan dengan pembahasan rinci setiap topik dalam Forum baik topik Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Bansos Non Tunai pada bulan Oktober 2019 serta topik Elektronifikasi transaksi sektor ritel, transportasi dan pariwisata pada bulan November 2019. Melalui forum tersebut, Bank Indonesia berharap dapat berkolaborasi bersama menyusun program kerja lebih rinci, mekanisme koordinasi & monitoring, ketersediaan Peraturan Daerah serta menerapkan pilot project maupun replikasi program kerja untuk meningkatkan digital payment di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Asisten Pembangunan Pemprov Sumut, Jumsadi Damanik, mewakili Gubernur Sumatera Utara, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia selaku penyelenggara kegiatan serta penggagas lahirnya Forum Sistem Pembayaran ini dan berharap seluruh stakeholders mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam menghadapi era ekonomi digital ini guna mendorong perekonomian Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Seminar Ekonomi dan Keuangan Digital dengan narasumber Lis Sutjiati (Staf Khusus Kementrian Komunikasi dan Informatika), Teuku Parvinanda Andri (VP Head of Regional Affairs GOJEK), Bima Laga (AVP Public Policy Bukalapak) serta Waasi Sumitardja (VP Digital Banking Product Head BTPN Jenius) yang membahas secara terperinci arah kebijakan pembangunan ekonomi dan keuangan digital yang dicanangkan oleh pemerintah pusat serta kolaborasi & kontribusi masing-masing pemain ekonomi digital baik dari fintech, perbankan, e-commerce dan online transportation / delivery.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 325 orang yang terdiri dari pimpinan OPD khususnya BPKAD, BPPRD, Disperindag, Dishub, Perbankan, akademisi, pelaku fintech, start up, asosiasi serta stakeholders ekonomi digital lainnya.

Pertahankan Loyalitas Nasabah, UOB Promo Kartu Kredit Melalui Game

Wed, 09 Oct 2019 - Game of Crown merupakan game online pertama yang dikembangkan perbankan di Indonesia.

BI dan OJK Dorong Ekonomi Digital

Mon, 07 Oct 2019 - Data tahun 2018 menunjukkan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 265.4 juta jiwa dengan pengguna internet sebanyak 132.7 juta, pengguna sosial media aktif sebanyak 130 juta, pengguna ponsel sebanyak 177.9 juta dan pengguna sosial ponsel aktif sebanyak 120

BI dan BNM Perkuat Kerjasama Keuangan dan Sistem Pembayaran

Fri, 27 Sep 2019 - LCBSA memungkinkan dilakukannya pertukaran mata uang lokal antara kedua bank sentral dengan nilai maksimum RM8 miliar atau Rp28 triliun (kurang lebih setara USD 2 miliar).

Arifin Siregar, Mantan Gubernur BI Wafat di Usia 85 Tahun

Tue, 24 Sep 2019 - Almarhum pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan periode 1988-1993 dan Duta Besar RI untuk AS pada 1993-1997.

Fintech Expo: Sinergi Mendorong Inovasi Keuangan Digital untuk Mempercepat Inklusi Keuangan

Mon, 23 Sep 2019 - Sinergi para pemangku kepentingan, baik regulator maupun pelaku, menjadi penting untuk menumbuhkan ekosistem yang memberikan efek positif bagi perkembangan ekonomi.



Non Bank

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

CIMB Niaga dan BPJPH Sinergi Dukung Industri Halal

Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)

Digibank Jadi Mitra Distribusi Obligasi Ritel Indonesia

ORI016 adalah salah satu instrumen SBN yang ditawarkan

Fintech Do-It dan AIQQON Jalin Kerja Sama Strategis

Kerja sama ini menargetkan jutaan UMKM Go Digital.

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi