Governance, Risk Management & Compliance

BNI & Triplogic Bangun Sistem Transaksi Digital

Senin 10 September 2018 12:13:0

Untuk mendukung perusahaan start up yang inovatif tersebut, BNI menyediakan sistem pembayaran melalui aplikasi yap! dan Internet Payment Gateway (IPG) di aplikasi dan website Triplogic.

JAKARTA, Stabilitas -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI merambah sektor logistik dengan menggandeng sebuah perusahaan start up, yaitu Triplogic. Kerja sama ini sekaligus mengukuhkan BNI sebagai bank yang menyediakan segala kebutuhan untuk bertransaksi secara digital sekaligus mengelola keuangan secara mutakhir bagi perusahaan-perusahaan berbasis digital baru yang saat ini tengah menjamur dengan berbagai inovasinya.

Sukses kerja sama dengan Triplogic ini menegaskan kembali posisi BNI sebagai Digital Bank yang memiliki seperangkat layanan lengkap dan dapat membantu perusahaan start up dalam mengakselerasi bisnisnya hingga mencapai level komersial.

Dukungan tersebut merupakan kontribusi BNI terhadap upaya pemerintah menekan biaya logistik di Indonesia. Kerja sama BNI dan Triplogic juga merupakan optimalisasi bisnis logistik yang terus mengalami revolusi. Pada saat yang sama, kolaborasi ini juga merupakan upaya sinergis untuk mempercepat program literasi dan inklusi keuangan di semua lini kehidupan masyarakat, kali ini di sektor logistik.

Salah satu sistem pembayaran termutakhir yang disiapkan BNI dalam mendukung Triplogic adalah aplikasi yap! (Your All Payment). Aplikasi pembayaran yang terhubung pada 3 sumber dana ini merupakan sistem yang tepat untuk diterapkan dalam rangka mempermudah pengguna jasa Triplogic. Penerapan layanan keuangan BNI ini juga membuka perluasan bisnis Triplogic hingga dapat merambah ke sektor non-logistik.

Kerja sama kedua pihak ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok P Setyawati dan CEO Triplogic Oki Earlivan S di Jakarta, Senin (10/9/2018). Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Teknologi Informasi & Operasi BNI Dadang Setiabudi.

Tambok menuturkan, banyak manfaat yang dapat diperoleh kedua belah pihak dari kerja sama tersebut. Bagi BNI antara lain agen-agen Triplogic, yang mencapai lebih dari 20.000 agen, dapat ditingkatkan kapabilitasnya menjadi agen bank yang di BNI disebut Agen46. Nantinya, agen-agen Triplogic ini juga dapat diberi dukungan pembiayaan dari BNI, antara lain dengan diberi Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada sisi lain, agen-agen Triplogic juga dapat memperluas bisnisnya sebagai Agen46 yang memberikan layanan perbankan.

"Kerja sama ini juga akan membuat BNI semakin memahami behaviour industri logistik, yang sangat penting bagi pengembangan fungsi intermediasi BNI," ujar Tambok.

Menurutnya, untuk mendukung perusahaan start up yang inovatif tersebut, BNI menyediakan sistem pembayaran melalui aplikasi yap! dan Internet Payment Gateway (IPG) di aplikasi dan website Triplogic. Diharapkan dengan hadirnya yap! dan IPG dapat memberikan kemudahan pilihan pembayaran bagi user Triplogic. Kebaharuan tersebut perlu didukung oleh sistem pembayaran yang tidak kalah praktisnya dengan Triplogic," ungkap Tambok.

Selain praktis bertransaksi dengan yap! pada aplikasi Triplogic, pengguna aplikasi yap! juga sudah dapat menggunakannya untuk bertransaksi pada merchant-merchant lain, yaitu antara lain KFC, Hokben, Garuda Online, Chatime, Abuba, Kafe Betawi, Super Indo, Family Mart, JNE, dinomarket.com, kiostix, coldstone, rejuve, hanamasa, Solaria, dan berbagai merchant yang masuk ke dalam kategori UMKM. Salah satu perusahaan anak BNI, BNI Life juga turut berpartisipasi dengan menyediakan asuransi jiwa gratis hingga Rp 20 juta dengan jangka waktu 3 bulan kepada traveller yang menggunakan aplikasi Triplogic.

Agen46

Pada momentum yang sama, BNI juga meningkatkan inklusi keuangan dimana Triplogic akan dijadikan sebagai Agen 46 Badan Hukum. Dengan cara ini, agen-agen Triplogic yang merupakam para feeder dapat dijadikan sebagai Agen46 (perorangan) yang dapat melayani fasilitas perbankan. Layanan perbankan yang dapat diberikan antara lain buka rekening, setor, tarik tunai ataupun pembayaran berbagai macam tagihan. Harapannya BNI dan Triplogic dapat menciptakan sinergi positif untuk perluasan inklusi keuangan yang merata di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, hadirnya Triplogic memudahkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk melakukan pengiriman barang dengan lebih cepat sampai ke tujuan. Tidak sedikit pengguna Triplogic adalah pelaku UMKM. Peluang tersebut dimanfaatkan BNI untuk memfasilitasi penyalurkan KUR bagi pengguna Triplogic yang dianggap layak untuk dibiayai sehingga dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan omset pelaku UMKM tersebut. Dengan begitu, BNI mendukung penuh pertumbuhan ekonomi masyarakat pelaku UMKM, khususnya para pedagang pengguna Triplogic.

BNI akan terus menjalin kerja sama dengan perusahaan start up/fintech untuk menyediakan layanan-layanan seperti yap!, IPG, Agen 46, Cinta (Chatbot berbasis Artificial Inteiligence) serta layanan lainnya yang dimaksudkan untuk meningkatkan customer experience dan menciptakan ekosistem digital. Jumlah Agen46 sendiri telah mencapai 103 ribu agen di seluruh Indonesia.

Triplogic menjadi salah satu inovasi dalam bisnis pengiriman barang. Barang yang akan dititipkan ke traveller nantinya dijemput oleh feeder, mitra pengemudi dari Triplogic. Feeder akan mengantar barang tersebut ke bandara, dan di bandara akan diterima oleh petugas Triplogic. Sesampainya di bandara tujuan, traveller bertugas mengambil barang berlogo Triplogic dari bagasi pesawat. Selanjutnya, traveller akan menyerahkan barang tersebut kepada petugas Triplogic yang sudah menunggu di pintu kedatangan. Barang kemudian akan kembali dikirim menggunakan feeder ke alamat tujuan. Sebagai balas jasa, pemilik bagasi akan mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan bagasi tersebut.

BNI Catatkan Laba Bersih 10,3 Persen

Wed, 23 Jan 2019 - BNI mencatatkan laba bersih sebesar 10 persen yang menopang pertumbuhan kredit sebesar 16.2 persen atau senilai Rp12.78 triliun pada tahun 2018.

BNI Syariah Perluas Ekspansi Pembiayaan Kepemilikan Rumah

Tue, 22 Jan 2019 - BNI Syariah memperluas pembiayaan perumahan syariah ekspansi melalui perjanjian kerjasama dengan pengembang Goldland Group.

Libur Natal 2018, 71 Outlet BNI Tetap Beroperasi

Fri, 21 Dec 2018 - BNI memastikan tidak ada kekosongan pelayanan selama liburan Natal dengan tetap membuka beberapa outlet dan tetap mengoperasikan layanan call center selama 24 jam.

Mulai di Malang, KUR BNI Wujudkan Drying Center Petani

Thu, 20 Dec 2018 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mewujudkan mimpi para petani agar dapat menikmati keberadaan Mesin Pengering Gabah (Dryer) yang dikelola secara bersama-sama menjadi sebuah Pusat Pengeringan Gabah (Drying Center) Petani.

Masuki Industri 4.0, Bank Milik Negara Kembangkan Cloud

Thu, 20 Dec 2018 - Bank-bank milik negara (Himbara) bersinergi mengembangkan teknologi cloud untuk mendukung transformasi digital menuju Industri 4.0.

Biayai Tol Semanan - Pulo Gebang, BNI Pimpin Sindikasi Rp 13,7 Triliun

Tue, 27 Nov 2018 - Proyek jalan tol tersebut secara keseluruhan dibiayai oleh 24 Bank Konvensional dan 5 Bank / Anak Perusahaan Syariah.



Non Bank

Allianz Utama Indonesia Fokus Inovasi Digital dan Perkuat Bisnis Ritel di 2019

Sejalan dengan berkembangnya tren digital dalam kehidup

DanaLaut Siap Fasilitasi Pembiayaan UMK Kelautan Rp50 Miliar

Di 2019, DanaLaut berkomitmen menyalurkan pembiayaan ke

BI: Alipay dan Wechat Perlu Ijin Untuk Beroperasi

Perusahaan pembiayaan asing yang bergerak di sistem pem

Shopee Dukung Aturan Pajak e-Commerce

Sebagai salah satu perusahaan e-commece di Indonesia, S

Portofolio

Hadirkan Produk Derivatif GOFX, Pasar ICDX Semakin Liquid

GOFX adalah kelompok produk derivatif komoditi, terdiri

Pemanfaatan data Dispendukcapil, KSEI: Pembuatan Rekening Lebih Mudah

kerjasama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investa

2019, Pasar modal syariah akan lebih baik dari 2018

Perbaikan itu bukan disebabkan oleh pasar modal syariah

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik b

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi