Governance, Risk Management & Compliance

BNI Layani Pembayaran Tiket Kapal dan Top Up Agen PELNI

Selasa 8 Mei 2018 16:28:0

Segala transaksi yang dilakukan oleh pengguna kapal laut maupun agen tercatat pada sistem PELNI secara online dan real time. Maka, dalam hitungan detik tiket penumpang akan langsung terbit dan deposit para Agen PELNI bertambah.

JAKARTA, Stabilitas -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerjasama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (PELNI) untuk memberikan kemudahan transaksi bagi penumpang kapal laut dan Agen PELNI serta menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC) Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Penumpang kapal laut dapat membeli tiket secara online dan melakukan pembayaran melalui seluruh channel perbankan BNI. Para Agen PELNI juga diberikan kemudahan untuk top up deposit melalui BNI Virtual Account.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait penggunaan layanan jasa perbankan oleh Direktur Utama PELNI Insan Purwarisya L Tobing dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Pada kesempatan yang sama, terdapat kerja sama penyediaan EDC Himbara untuk PELNI ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Perintis PELNI OM Sodikin dengan General Manager (GM) Divisi Hubungan Kelembagaan BNI GC Koen Yulianto.

Selain itu, dilaksanakan pula penandatanganan PKS antara Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Perintis PELNI OM Sodikin dengan GM Divisi Hubungan Kelembagaan BNI GC Koen Yulianto terkait penggunaan layanan BNI e-Collection payment Agen PELNI melalui BNI Virtual Account dan EDC Himbara.

Adi Sulistyowati menuturkan, segala transaksi yang dilakukan oleh pengguna kapal laut maupun agen tercatat pada sistem PELNI secara online dan real time. Maka, dalam hitungan detik tiket penumpang akan langsung terbit dan deposit para Agen PELNI bertambah.

“BNI Virtual Account memungkinkan PELNI untuk memonitor transaksi yang dilakukan oleh pengguna kapal laut maupun Agen PELNI. Hal itu membuat proses pemantauan dan pelaporan transaksi yang dilakukan oleh PELNI menjadi lebih cepat dan mudah,” ujar Adi Sulistyowati.

BNI Virtual Account yang terakomodir dalam platform BNI e-Collection memiliki keunggulan antara lain diberikannya nama dan nomor Virtual Account sebagai nomor tujuan transfer, dapat mengidentifikasi pelanggan atau penyetoran, akan muncul di rekening Koran (account statement) setiap transaksi.

Keunggulan lainnya adalah penyetoran dapat dilakukan di berbagai channel BNI dan bank lain (kliring/RTGS/transfer antar Bank Online) baik dalam rupiah maupun valas, serta hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection.

Selain itu, proses implementasi BNI Virtual Account singkat, tidak mengharuskan penyetor memiliki rekening di BNI, serta terintegrasi dengan sistem nasabah, dengan menggunakan API (Application Program Interface), file transfer dan upload melalui portal.

Gandeng Ciputra Group, BNI Syariah Ekspansi Pembiayaan BNI Griya iB Hasanah

Thu, 24 Jan 2019 - Bisnis BNI Syariah kini merambah ke bisnis pembiayaan kepemilikan rumah perumahan dengan menggandeng PT Ciputra Residence untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan nasabah serta ditargetkan meningkat sebesar 17 persen.

BNI Catatkan Laba Bersih 10,3 Persen

Wed, 23 Jan 2019 - BNI mencatatkan laba bersih sebesar 10 persen yang menopang pertumbuhan kredit sebesar 16.2 persen atau senilai Rp12.78 triliun pada tahun 2018.

BNI Syariah Perluas Ekspansi Pembiayaan Kepemilikan Rumah

Tue, 22 Jan 2019 - BNI Syariah memperluas pembiayaan perumahan syariah ekspansi melalui perjanjian kerjasama dengan pengembang Goldland Group.

Libur Natal 2018, 71 Outlet BNI Tetap Beroperasi

Fri, 21 Dec 2018 - BNI memastikan tidak ada kekosongan pelayanan selama liburan Natal dengan tetap membuka beberapa outlet dan tetap mengoperasikan layanan call center selama 24 jam.

Mulai di Malang, KUR BNI Wujudkan Drying Center Petani

Thu, 20 Dec 2018 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mewujudkan mimpi para petani agar dapat menikmati keberadaan Mesin Pengering Gabah (Dryer) yang dikelola secara bersama-sama menjadi sebuah Pusat Pengeringan Gabah (Drying Center) Petani.

Masuki Industri 4.0, Bank Milik Negara Kembangkan Cloud

Thu, 20 Dec 2018 - Bank-bank milik negara (Himbara) bersinergi mengembangkan teknologi cloud untuk mendukung transformasi digital menuju Industri 4.0.



Non Bank

IdEA Akan Gelar Pasar E-Commerce 2019

Menyadari potensi besar industri e-commerce di Indonesi

Penetrasi Pasar Jadi Tantangan E-commerce menjadi Unicorn

Asosiasi E-commerce Indonesia menilai penetrasi pasar b

Chubb Life Tunjuk Budi Tatawidjaja Sebagai Direktur Kepatuhan

PT Chubb General Insurance mengangkat Budi Tatawidjaja

Riset HSBC: Baru 30 Persen Orang Indonesia Sadar Investasi

Penelitian HSBC menunjukkan masih banyak orang Indonesi

Portofolio

Hadirkan Produk Derivatif GOFX, Pasar ICDX Semakin Liquid

GOFX adalah kelompok produk derivatif komoditi, terdiri

Pemanfaatan data Dispendukcapil, KSEI: Pembuatan Rekening Lebih Mudah

kerjasama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investa

2019, Pasar modal syariah akan lebih baik dari 2018

Perbaikan itu bukan disebabkan oleh pasar modal syariah

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik b

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi