Governance, Risk Management & Compliance

BNI Syariah Catat Kinerja Positif di Tahun 2019

Jumat 7 Februari 2020 16:28:0

BNI Syariah mencatatkan Laba Bersih Rp603,15 miliar pada akhir tahun 2019, naik 44,96 persen dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp416,08 miliar.

JAKARTA, Stabilitas - BNI Syariah mencatatkan Laba Bersih Rp603,15 miliar pada akhir tahun 2019, naik 44,96 persen dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp416,08 miliar. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan kenaikan Laba ini didorong oleh ekspansi Pembiayaan dan kenaikan Dana Murah yang optimal sehingga rasio efisiensi menjadi lebih baik dari tahun lalu.

"Rasio efisiensi yang membaik dapat dilihat dari rasio Beban Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) dan Cost to Income (CIR) yang mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Perbaikan rasio efisiensi antara lain diperoleh melalui sinergi BNI Syariah dengan BNI Induk dalam hal layanan, operasional perbankan, dan optimalisasi marketing communication," kata Firman, Jumat (7/2).

Dengan pertumbuhan Laba yang tinggi, BNI Syariah dapat meningkatkan rasio profitabilitas ditandai dengan meningkatnya ROE (Return on Equity) secara signifikan dari 10,53 persen menjadi 13,54 persen. Sementara itu, rasio ROA (Return on Asset) juga naik dari 1,42 persen menjadi 1,82 persen.

Dari sisi bisnis, BNI Syariah pada 2019 telah menyalurkan Pembiayaan sebesar Rp32,58 triliun, naik 15,13 persen dari posisi 2018 sebesar Rp28,30 triliun. Komposisi Pembiayaan terbesar disumbang oleh segmen Konsumer sebesar Rp15,33 triliun (47,1 persen dari total Pembiayaan); segmen Komersial sebesar Rp8,72 triliun (26,8 persen); segmen Kecil dan Menengah sebesar Rp6,58 triliun (20,2 persen).

Dari sisi Liabilitas, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) BNI Syariah pada tahun 2019 mencapai Rp43,77 triliun, naik 23,31 persen dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp35,50 triliun. Pertumbuhan tersebut didominasi oleh peningkatan Dana Murah (Giro dan Tabungan) sebesar 39,47 persen sehingga meningkatkan rasio CASA dari 55,82 persen menjadi 63,13 persen di akhir 2019. Pertumbuhan DPK BNI Syariah tersebut juga lebih tinggi dari pertumbuhan industri sebesar 15,23 persen year on year (data SPS per November 2019 BUS-UUS).

Jumlah rekening juga meningkat dari tahun 2018 sebesar 3,01 juta menjadi 3,44 juta di 2019. Strategi yang dijalankan diantaranya dengan bekerjasama dengan Institusi, Perguruan Tinggi, Sekolah, dan Komunitas.

Sebagai wujud komitmen BNI Syariah dalam mengembangkan Ekosistem Halal, pada tahun 2019 BNI Syariah telah meluncurkan kartu Platinum BNI iB Hasanah Card dengan desain khusus World Heritage Ombilin Coal Mining of SawahLunto. BNI Syariah juga menyelenggarakan beberapa signature events seperti Pelatihan Manajemen Masjid yaitu pengembangan Ekosistem Halal melalui sinergi dengan Masjid dengan peserta sebanyak 3.878 orang dari 2.343 masjid di 20 kota dan Islamic Tourism Expo 2019 yaitu perhelatan pameran haji dan umroh terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Atas dukungan dan kepercayaan masyarakat, sepanjang tahun 2019 BNI Syariah mendapatkan beberapa penghargaan baik nasional maupun internasional diantaranya The Islamic Retail Banking Award (IRBA) 2019, The Most Innovative Islamic Retail Bank in Waqf Initiative 2019; Alpha Southeast Asia Best Islamic Finance Award 2019 kategori The Best Islamic Finance SME Bank; Bisnis Indonesia Financial Award 2019 kategori Best Performance Bank kategori Bank Syariah; Anugerah Syariah Republika kategori bank syariah BUKU II Terefisien dan Bank Syariah BUKU II terbaik untuk pembiayaan perumahan; dan Top Brand Award 2019 kategori sharia savings dari Majalah Marketing. BNI Syariah juga merupakan Bank Syariah pertama di Indonesia yang menjadi Observer Member of Islamic Financial Service Board.

BNI Syariah juga melakukan transformasi digital dengan menerapkan metodologi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan transaksi dan ibadah nasabah. Diantaranya adalah memberikan kemudahan bertransaksi dengan pengisian formulir online untuk pembukaan rekening melalui Hasanah Online bro.bnisyariah.co.id dan memberikan kemudahan pengelolaan keuangan melalui Platform Sekolah Pintar (PSP) dengan fitur Kartu Jajan, Student Payment Platform, Portal Informasi Sekolah.

Dalam rangka terus meningkatkan kinerja positif di tahun 2020, BNI Syariah mencanangkan tema strategis "Embracing New Opportunities", dimana BNI Syariah siap meraih peluang-peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan menjadi partner yang lebih baik.

Bijak Bertransaksi di Masa Pandemi Ala BNI Syariah

Fri, 22 May 2020 - Bijak dalam bertransaksi dengan BNI iB Hasanah Card bukan hanya transaksi pembayaran tagihan dan kebutuhan sehari-hari, namun juga 'transaksi langit' atau donasi agar semakin berkah dan hasanah.

Sambut Lebaran 2020, BNI Syariah Siapkan Uang Tunai Rp 2,1 Triliun

Thu, 21 May 2020 - Uang tunai tersebut akan dialokasikan untuk kebutuhan outlet BNI Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

BNI Syariah Kembangkan Produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah

Mon, 18 May 2020 - Saat ini pola pengembangan proyek BNI Griya Swakarya iB Hasanah dilakukan dengan mencari captive market terlebih dahulu.

Laba Bersih BRIsyariah Meningkat 150% di Triwulan I 2020

Tue, 05 May 2020 - Terkait pandemi virus Corona yang terjadi di Indonesia, BRIsyariah mengakui hal itu akan berdampak pada bank. Namun hal tersebut belum nampak pada triwulan I 2020.

BNI Syariah Luncurkan Program Nabung Haji Bisa Ngaji

Sat, 25 Apr 2020 - Program ini memberikan benefit bagi nasabah Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah dan calon jemaah haji BNI Syariah berupa gratis belajar ngaji dan menghafal Al-Qur'an seumur hidup online bersama Askar Kauny.

BNI Syariah Realisasikan 1.220 Lubang Resapan Biopori di Jaringan Outlet

Wed, 22 Apr 2020 - Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah dapat mengajak nasabah dan masyarakat memiliki gaya hidup yang Hasanah, salah satunya dengan terlibat langsung dalam gerakan menjaga kelestarian lingkungan melalui pembuatan biopori.



Non Bank

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Menkeu Jelaskan Latar Belakang Perppu Nomor 1 Tahun 2020

Sri Mulyani menjelaskan, Perppu dikeluarkan untuk bisa

Gojek dan BCA Finance Berikan Keringanan Angsuran

Pemberian keringanan cicilan merupakan bentuk bantuan G

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi