Governance, Risk Management & Compliance

BNI Syariah Gelar Workshop Nasional Manajemen Masjid di Yogyakarta

Sabtu 7 September 2019 10:22:0

Workshop ini juga menjadi sarana business matching antara peserta dengan narasumber yaitu pebisnis dan pemilik masjid.

YOGYAKARTA, Stabilitas - BNI Syariah menggelar Workshop Nasional Pelatihan Manajemen Masjid "Masjidku Hasanahku" di Yogyakarta. Lokakarya ini diisi oleh tokoh dibalik suksesnya pengelolaan masjid besar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

Berbeda dengan pelatihan manajemen masjid (PMM) di 20 kota tahun 2019, workshop ini menampilkan level yang lebih advance dengan menghadirkan narasumber dan pembicara yang memiliki rekam jejak dalam membangun masjid dan bisnis sendiri.

Peserta workshop mendapatkan ilmu cara menyelaraskan perekonomian masjid dengan bisnis. Workshop ini juga menjadi sarana business matching antara peserta dengan narasumber yaitu pebisnis dan pemilik masjid.

Workshop Nasional Manajemen Masjid di Yogyakarta mengusung tema "Belajar dari Pendiri Masjid-Masjid Besar di Indonesia." Diselenggarakan di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Sabtu (7/9), acara ini dihadiri oleh SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi dan Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Bambang Sutrisno.

Beberapa narasumber yang hadir dalam Workshop Nasional Manajemen Masjid di Yogyakarta ini adalah para pendiri masjid besar di Indonesia yang diantaranya adalah Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Pakar Management Masjid, Muhammad Jazir; Owner PT Saliman Riyanto, Pendiri Masjid Suciati Saliman Sleman Yogyakarta, Suciati Saliman; Chairman PT Polowijo Gosari Group, Pendiri Masjid Akbar Moed'har Arifin Gresik, Achmad Djauhar Arifin; dan Pendiri Masjid Siti Aisyah Solo, Setiyo Joko Santoso.

SEVP Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi, berharap peserta dalam acara ini bisa ikut dalam business matching sehingga efeknya bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi. "Narasumber yang hadir menceritakan kisah sukses membangun masjid dan bisnis sendiri," kata Iwan.

Workshop Nasional Manajemen Masjid ini diikuti oleh 300 orang peserta perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari 150 masjid yang tersebar di berbagai daerah baik dari Sumatera, Jawa, Kalimantan Maupun Sulawesi.

Muhammad Jazir mengatakan salah satu kesuksessan Masjid Jogokariyan merupakan kesatuan nilai kesukuan, kebangsaan dan keagamaan. "Kesadaran nilai ini harus ditumbuhkan sehingga tidak ada benturan budaya antara keislaman dan keindonesiaan," kata Jazir.

Masjid Jogokariyan berada di Kampung Jogokariyan, kampung abdi dalem yang memiliki dasar-dasar budaya Jawa yang kuat. Oleh karena itu, kehadiran Islam tidak untuk menghapus identitas budaya yang ada tapi dibangun sebagai dasar kesadaran untuk mengaplikasikan Islam secara sempurna.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan simbolis BNI Deposito iB Hasanah senilai Rp400 juta sebagai simbol pembukaan deposito kepada Ketua yayasan Angkatan Muda Masjid dan Mushola, Erwis. Diharapkan kedepan, Workshop Nasional Pelatihan Managemen Masjid bisa semakin meningkatkan proses business matching yang dilandasi spirit membangun ekonomi syariah berbasis masjid untuk kemaslahatan umat.

Telkomsel Terima Apresiasi Sebagai Pembayar Pajak Terbesar

Fri, 17 Jan 2020 - Pada 2019, pembayaran PNBP ke kas negara yang telah dilakukan oleh Telkomsel mencapai Rp6,9 Trilyun

BNI Syariah Resmikan Pembukaan Cabang Pembantu di Pati

Wed, 15 Jan 2020 - Menurut Buati Pati, munculnya kantor cabang, kantor cabang pembantu, maupun kantor kas dari suatu lembaga perbankan tidak lain merupakan respons atas kebutuhan pasar.

Bank Mandiri Salurkan Kredit Sindikasi US$3,4 Miliar pada 2019

Mon, 13 Jan 2020 - Bank Mandiri terus meningkatkan penyaluran pinjaman sindikasi sepanjang 2019.

Rayakan Ultah, SMGR Tegaskan Bidik Pasar Regional

Thu, 09 Jan 2020 - Di tengah persaingan industri yang semakin ketat, SMGR dapat terus mempertahankan kinerja positifnya sembari menyesuaikan diri pasca bergabungnya SMCB dalam keluarga besar Semen Indonesia Group.

Pacu Pertumbuhan CASA, Bank Muamalat Gandeng Untirta

Thu, 09 Jan 2020 - Kerja sama dengan Untirta dapat semakin memperluas brand awarness Bank Muamalat dan perbankan syariah secara umum di Provinsi Banten.

BNI Syariah Luncurkan Program Umroh Berkah Hasanah di Bandara Kertajati

Thu, 09 Jan 2020 - Peluncuran program Umroh Berkah Hasanah di Bandara Kertajati bertujuan membantu sebanyak mungkin masyarakat untuk mewujudkan impiannya ke tanah suci.



Non Bank

Jelang 2020 Taspen Ganti Logo Baru

Logo baru ini merupakan wujud komprehensif dalam mempe

Esta Kapital Kantongi Izin Usaha P2P Lending OJK

Esta Kapital menawarkan imbal hasil hingga 16 persen pe

Cowdo Peroleh Ijin Usaha dari OJK

Crowdo, platform peer to peer lending Asia Tenggara men

Dukung Safety Riding, Sequis Life Perkenalkan Asuransi Super Safe Protection

Banyak hal tak terduga yang dapat terjadi saat kita ber

Portofolio

Jelang Tutup Tahun, Kinerja Pasar Modal Positif

IHSG masih mencatatkan pertumbuhan positif meskipun dal

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi