Governance, Risk Management & Compliance

BNI Syariah Raih Predikat The Best Syariah Bank

Kamis 22 Agustus 2019 1:42:0

Penghargaan ini merupakan kali ke-6 diterima oleh BNI Syariah sejak tahun 2014

JAKARTA, Stabilitas - BNI Syariah kembali menyabet predikat sebagai The Best Syariah Bank kategori aset diatas Rp 10 triliun dalam acara Pemeringkatan Syariah Terbaik tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor di Jakarta, Kamis (22/8). Penghargaan ini merupakan kali ke-6 diterima oleh BNI Syariah sejak tahun 2014. Hadir pada kesempatan ini Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo.

Abdullah Firman Wibowo mengatakan pencapaian ini diraih seiring dengan kinerja BNI Syariah yang semakin positif. "Sampai triwulan II tahun 2019 kinerja BNI Syariah mencatat realisasi total aset sebesar Rp42,49 triliun naik 12,50 persen dari periode yang sama di tahun 2018 sebesar Rp37,77 miliar dan laba bersih sebesar Rp315,27 miliar naik 55,32 persen sebesar Rp202,99 miliar," kata Firman. Kenaikan aset BNI Syariah per Juni 2019 lebih tinggi dibandingkan industri per Mei 2019 sebesar 10,9 persen.

Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan, pada tahun ini, menurut Abdullah Firman Wibowo, BNI Syariah mencanangkan sebagai tahun Quality Growth dimana BNI Syariah diharapkan dapat tumbuh secara berkualitas, baik dari sisi kapabilitas organisasi maupun bisnis termasuk pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Disisi DPK, BNI Syariah secara intensif meningkatkan ekspansi melalui beberapa strategi antara lain optimalisasi Sharia Channeling Outlet (SCO) di lebih dari 1.700 outlet BNI yang dapat menerima layanan syariah; inisiasi bisnis wealth management; pemberian solusi terpadu kepada institusi, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit untuk menggarap payroll dan cash management; serta meningkatkan literasi keuangan syariah melalui promosi di media sosial sampai dengan menjalankan program BOD Mengajar.

Dari sisi pembiayaan, BNI Syariah menyasar sektor ekonomi dan nasabah dengan tingkat risiko yang rendah serta intensif mengembangkan segmen Small and Medium dan bekerjasama dengan developer bonafide untuk menggarap bisnis Konsumer.

Dengan strategi bisnis tersebut diatas, BNI Syariah berharap dapat mencapai target pertumbuhan laba tahun 2019 diatas 40 persen.

Seiring dengan komitmen BNI Syariah untuk mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDG’S), BNI Syariah juga terus berusaha melakukan pengembangan SDM dan program sosial yang menggunakan dana zakat. Untuk pengembangan SDM, BNI Syariah melakukan talent mapping, coaching, dan management untuk mencetak generasi - generasi pegawai BNI Syariah yang kompeten. Salah satunya dengan menyelenggarakan program Officer Development Program, dimana kedepannya akan dibentuk Manager Development Program.

Untuk program sosial, BNI Syariah bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik dalam melakukan kegiatan yang berkelanjutan diantaranya program Hasanah Earth Day yang mengkampanyekan pengurangan penggunaan kertas dan plastik, penanaman pohon, recycle kertas bekas menjadi souvenir korporat yang dikonversi untuk biaya pendidikan anak - anak jalanan, dan nota intern elektronik melalui aplikasi Sheco (sharia email correspondence), dan gerakan "bring your own tumbler" dimana BNI Syariah menghimbau seluruh pegawai untuk minum menggunakan tumbler masing-masing dan tidak menyediakan air minum kemasan plastik di seluruh area Kantor Pusat BNI Syariah.

"Penghargaan Best Syariah Bank ini menjadi amanah BNI Syariah untuk terus memberikan kinerja optimal kepada masyarakat sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, baik dari sisi peningkatan aset, akses dalam penghimpunan dana, pembiayaan yang berkualitas dan layanan syariah yang menjangkau masyarakat di kota dan sub-urban. Kami berharap dapat menjadi mitra yang Hasanah bagi segenap masyarakat dalam bertransaksi dan berinvestasi keuangan sesuai prinsip syariah", ujar Firman.

 

Rayakan Lebaran, SIG Tetap Bantu Masyarakat Hadapi Covid-19

Sat, 23 May 2020 - SIG menyalurkan 64.601 paket kebutuhan pokok bagi warga Provinsi DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan

Bijak Bertransaksi di Masa Pandemi Ala BNI Syariah

Fri, 22 May 2020 - Bijak dalam bertransaksi dengan BNI iB Hasanah Card bukan hanya transaksi pembayaran tagihan dan kebutuhan sehari-hari, namun juga 'transaksi langit' atau donasi agar semakin berkah dan hasanah.

Sambut Lebaran 2020, BNI Syariah Siapkan Uang Tunai Rp 2,1 Triliun

Thu, 21 May 2020 - Uang tunai tersebut akan dialokasikan untuk kebutuhan outlet BNI Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sambut Idul Fitri, WIKA Salurkan Sembako untuk Warga DKI Jakarta dan Jawa Barat

Thu, 21 May 2020 - Program ini menjadi langkah nyata WIKA untuk hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

BNI Syariah Kembangkan Produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah

Mon, 18 May 2020 - Saat ini pola pengembangan proyek BNI Griya Swakarya iB Hasanah dilakukan dengan mencari captive market terlebih dahulu.

Bank Mandiri Ungkap Siap Jalankan Skenario New Normal

Mon, 18 May 2020 - Bank Mandiri telah menyosialisasikan protokol kesehatan the new normal.



Non Bank

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Menkeu Jelaskan Latar Belakang Perppu Nomor 1 Tahun 2020

Sri Mulyani menjelaskan, Perppu dikeluarkan untuk bisa

Gojek dan BCA Finance Berikan Keringanan Angsuran

Pemberian keringanan cicilan merupakan bentuk bantuan G

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi