Governance, Risk Management & Compliance

Bukalapak dan Allianz Indonesia Luncurkan BukaProteksi Diri

Kamis 2 Mei 2019 23:55:0

Dalam kerja sama ini kedua pihak menyambut baik kolaborasi antara e-commerce dengan perusahaan asuransi.

JAKARTA, Stabilitas – Bukalapak, bekerja sama dengan Allianz Indonesia meluncurkan produk asuransi ‘BukaProteksi Diri’. BukaProteksi Diri merupakan produk Asuransi kesehatan pertama yang ditawarkan untuk memberikan pengalaman digital yang terbaik melalui aplikasi marketplace Bukalapak.

Menurut Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak, nasabah dapat dengan mudah melakukan registrasi, pembayaran, menerima polis dan bahkan melakukan klaim secara online.

"Lebih dari sekadar marketplace, Bukalapak kini hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia serta melengkapinya dengan meluncurkan fitur BukaAsuransi yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk membeli produk Asuransi kesehatan dengan harga yang terjangkau dengan premi tahunan mulai dari harga Rp 236,250,- hingga Rp 945,000,-."paparnya.

Fajrin menambahkan, melalui serangkaian inovasi digital, BukaProteksi Diri menawarkan asuransi kesehatan yang terjangkau yang dapat dibeli dengan mudah, cepat dan aman oleh nasabah melalui aplikasi Bukalapak.

"Bukalapak menyambut baik kerjasama penyediaan Asuransi Kesehatan BukaProteksi Diri dari Allianz Indonesia untuk BukaAsuransi ini. Allianz adalah partner yang tepat untuk memberikan perlindungan Asuransi sesuai kebutuhan konsumen pengguna Bukalapak. Melalui kerja sama ini kami percaya inovasi teknologi kami dapat bermanfaat bagi jutaan masyarakat sehingga proses memiliki produk asuransi menjadi semakin mudah dan cepat hanya dengan mengakses aplikasi Bukalapak."ujar Fajrin.

Fajrin Rasyid menambahkan bahwa selain pendaftaran dan pembelian, pengajuan klaim juga dapat dilakukan melalui aplikasi Bukalapak.

Sementara itu menurut Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya juga menyambut positif kerja sama ini demi meningkatkan inklusi keuangan di Insonesia melalui teknologi.

"Allianz juga berkomitmen untuk meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan serta inklusi keuangan, sekaligus memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia yang belum banyak dijangkau oleh kanal distribusi yang ada."kata Joos

Joos menambahkan, langkah strategis yang dilakukan oleh Allianz Indonesia dengan
mitra digital melengkapi kanal distribusi yang saat ini sudah dimiliki. Selain itu mendukung strategi perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat, khususnya yang berasal dari masyarakat yang masuk dalam kategori mass & emerging segments. Melalui inisiatif ini, Allianz Indonesia tidak hanya berfokus pada pertumbuhan premi saja namun juga pertumbuhan jumlah masyarakat yang mendapatkan perlindungan.

"Dengan basis nasabah yang sangat besar yang dimiliki Bukalapak, BukaProteksi Diri akan menjangkau masyarakat Indonesia yang sangat luas. BukaProteksi Diri juga didesain khusus untuk distribusi secara digital sehingga nasabah dapat membeli dengan cepat, mudah dan aman kapanpun dan dimanapun. Harga premi yang terjangkau mulai dari Rp236,250 dibayarkan untuk pertanggungan satu tahun, yang mana jumlah ini ekuivalen dengan Rp 19 ribu per bulan atau seharga segelas kopi untuk setiap bulannya. Dengan jumlah tersebut, nasabah mendapatkan banyak manfaat, di antaranya adalah penggantian biaya rawat inap Rumah Sakit sebesar Rp200,000 per hari dan maksimum limit klaim sebesar Rp6.000.000", ungkap Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia.

Berdasarkan survey Market Metrix yang dilakukan oleh TNS pada tahun 2018 bertajuk "Customer and Market Insights and Analytics", sebanyak 14 persen konsumen mengakses informasi terkait asuransi melalui jalur online, dan sebanyak 84 persen dari jumlah konsumen tersebut melanjutkan hingga proses perolehan proposal melalui jalur yang sama. Namun demikian, kondisi saat ini menunjukkan bahwa pilihan produk yang tersedia secara online masih sangat terbatas di pasar, malah bisa dikatakan belum ada produk yang memberikan end-to-end digital experience. Hal ini terbukti berdasarkan data riset TNS yang menunjukkan bahwa pembelian asuransi secara online baru mencapai 1 persen, sehingga penawaran produk asuransi secara online masih berpotensi untuk terus meningkat, apalagi mengingat produk asuransi kesehatan adalah produk yang paling diminati masyarakat Indonesia.

Di samping itu, menurut Bank Indonesia (BI), pertumbuhan transaksi online ditargetkan tembus hingga US$130 miliar pada tahun 2020 yang mendorong pasar Indonesia untuk meningkatkan transaksi online, termasuk di sektor asuransi. Agar dapat mewujudkan hal ini, inovasi produk dan layanan asuransi berbasis online diperlukan untuk memperluas penetrasi pada segmen konsumen digital. Sejalan dengan hal ini, Allianz Indonesia terus melakukan inovasi produk dan layanan dengan ragam solusi digital baik untuk agensi, bancassurance maupun partner digital yang ada. Hal ini tercermin dalam pencapaian Allianz Life yang menjadi pemimpin pasar untuk distribusi melalui e-commerce berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada kuartal keempat 2018.(Is)

 



Non Bank

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Menkeu Jelaskan Latar Belakang Perppu Nomor 1 Tahun 2020

Sri Mulyani menjelaskan, Perppu dikeluarkan untuk bisa

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi