Governance, Risk Management & Compliance

Cegah Pelanggaran AFPI Beri Pelatihan Bagi Penagih Pinjaman Online

Senin 4 Februari 2019 23:23:0

AFPI akan melakukan beberapa langkah untuk mencegah dan menekan pelanggaran fintech. Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga penagih utang online.

JAKARTA, Stabilitas—Demi mencegah pelanggaran saat melakukan penagihan, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) akan melakukan pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga penagih utang online atau desk collector pada bulan Februari 2019. Tak hanya memberikan pelatihan kepada penagih, sertifikasi juga akan diberikan kepada stakkeholder dan pemegang saham di perusahaan pemberi pinjaman tersebut.

"Rencananya Februari ini akan kita beri sertifiaksi dan pelatihan ke semua jajaran dari pemegang saham sampai penagih,"kataWakil Ketua APFI Sunu Widyatmoko di Kantor APFI, Senin (4/2/2019).

Sunu menambahkan, hal ini bertujuan untuk menjawab keluhan nasabah pinjaman online serta mengurangi pelanggaran saat penagihan dilakukan kepada nasabah. Lebih jauh dikatakan Sunu, pelatihan dan sertifikasi ini juga berlaku kepada penagih pihak ketiga atau outsource

"Paling banyak keluhan ya saat penagihan. Kadang caranya kasar dan tidak manusiawi. Sampai mengakses kontak, galeri telepon seluler. Itu kan sudah ranah privasi,"kata dia.

Selain dengan memberkan pelatihan dan sertifikasi, AFPI juga akan membentuk sistem yang memuat nasabah yang termasuk dalam blacklist perusahaan peminjaman dengan teknologi blockchain. Menurut Sunu, hal ini dilakukan untuk mencegah nasabah yang memiliki niatan buruk dalam melakukan pinjaman online.

"Kita juga ada project blaklist sharing dan kita gunakan sebuah sistem tertentu pakai blockchain"tegas Sunu.

Tak berhenti di situ saja, AFPI juga menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK)membuat pusat data fintech P2P lending. Melalui pusat data ini, seluruh transaksi yang dilakukan melalui pinjaman online legal akan didata oleh OJK, sehingga akan diketahui debitur-debitur yang melakukan transaksi pada lebih dari satu penyedia jasa pinjaman online.

"Asosiasi buat pusat data fintech lending kerja sama dg OJK, Di bawah POJK 77, OJK berhak menarik data informasi yang dibutuhkan, dan OJK dapat menginformasikan ke AFPI terkait pinjaman yang telat bayar, kemudian peminjam yang memiliki pinjaman berlebih, dan kemudian infromasi lain terkait peminjam yang berguna bagi bisnis fintech p2p lending,"pungkasnya.

OJK & Bareskrim Polri Sepakat Berantas Investasi Ilegal

Fri, 02 Aug 2019 - Dalam rangka penindakan terhadap fintech peer-to-peer lending ilegal tersebut, Satgas Waspada Investasi meminta kepada masyarakat melaporkan entitas tersebut ke Kepolisian Republik Indonesia apabila ditemukan ada unsur pidana.

OJK: Bisnis Model Aggregator Paling Diminati Startup

Mon, 22 Jul 2019 - Selain bisnis aggregator, OJK memperkirakan tren pengembangan startup yang akan menjamur selanjutnya dalah model bisnis digital verification.

Tanamduit Targetkan Dana Kelolaan Rp 1 Triliun

Wed, 26 Jun 2019 - Total dana kelolaan atau asset under management (AUM) Tanamduit hampir Rp150 miliar dari 90.000 nasabah pada pertengahan Juni 2019. Capaian tersebut tumbuh cukup pesat dibandingkan akhir tahun lalu yang masih Rp90 miliar, atau meningkat sekitar 66,67 per

Amartha Fintek Resmi Kantongi Izin Usaha OJK

Fri, 17 May 2019 - Amartha menjadi salah satu dari lima perusahaan fintech yang lolos kajian evaluasi menyeluruh oleh OJK.

Kemenkop Siap Belajar Sistem Pengawasan dari Bank Dunia dan OJK

Thu, 16 May 2019 - Dinilai mampu menjaga stabilitas di sektor jasa keuangan, Kemenkop dan UKM siap belajar dari OJK dan Bank Dunia.

OJK Cabut Izin BPRS Muamalat Yotefa Jayapura

Wed, 15 May 2019 - Penetapan status BDPK tersebut disebabkan kelemahan dalam pengelolaan strategis oleh manajemen BPRS yang mengakibatkan kinerja BPRS menurun dan berdampak terhadap penurunan rasio KPMM BPRS menjadi di bawah 0 persen.



Non Bank

Kian Mudah, Adira Perkenalkan Klaim #1JariBeres

Sepanjang tahun 2019, Adira Insurance telah menerima 4.

Kredivo Luncurkan Inovasi Terbaru

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa memilih opsi cicila

Adira Insurance Buka Kantor Perwakilan di Pusat Perbelanjaan

Keberadaan kantor representatif Adira Insurance ingin m

Gandeng Ralali.com, ASM Maksimalkan E Commerce

Secara korporasi, kerjasama dengan Ralali.com ini juga

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi