Governance, Risk Management & Compliance

CIMB Niaga Biayai Proyek Infrastruktur Pemerintah Senilai Rp3,78 Triliun

Sabtu 30 Desember 2017 0:56:0

Dana tersebut untuk membiayai LRT Jabodebek sebesar Rp2,78 triliun dan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar senilai Rp1 triliun.

JAKARTA, Stabilitas -- Selaras dengan aspirasi pemerintah Republik Indonesia untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkomitmen mendukung dan aktif berpartisipasi dalam pembiayaan proyek Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) sebesar Rp2,78 triliun dan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar senilai Rp1 triliun. Total kredit yang dikucurkan untuk dua proyek tersebut mencapai Rp3,78 triliun.

Untuk diketahui, secara total proyek LRT Jabodebek tahap 1 menghabiskan dana senilai Rp29,9 triliun. Nantinya, LRT Jabodebek akan melayani rute Cawang – Cibubur, Cawang – Kuningan – Dukuh Atas, dan Cawang – Bekasi Timur.

Adapun proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, total nilai investasinya mencapai Rp16,7 triliun. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan bagian dari 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera. Proyek sepanjang 140 km ini diharapkan dapat selesai sesuai rencana pada 2019, sehingga dapat meningkatkan investasi dan mengurangi biaya transportasi di wilayah Sumatera.

Dalam kedua proyek infrastruktur tersebut, CIMB Niaga bersama enam institusi keuangan lainnya bertindak sebagai Joint Mandate Lead Arranger and Bookrunner (JMLAB). Fasilitas kredit sindikasi yang diberikan JMLAB dalam proyek LRT Jabodebek tahap 1 kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebesar Rp19,25 triliun. Adapun partisipasi CIMB Niaga dalam pembiayaan tersebut senilai Rp2,78 triliun. Kesepakatan tersebut ditandatangani di Jakarta, Jumat (29/12).

Sementara perjanjian kredit pembiayaan sindikasi proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dengan PT Hutama Karya (Persero) ditandatangani pada Rabu (27/12/2017) di Jakarta. Total kredit investasi sindikasi yang diberikan perbankan sebesar Rp8,06 triliun. Dalam proyek ini, CIMB Niaga berpartisipasi sebesar Rp1 triliun.

“Kami bangga dapat berkontribusi mendukung pembangunan proyek infrastruktur pemerintah yang merupakan langkah tepat bagi percepatan pertumbuhan ekonomi. Apalagi LRT adalah sebuah proyek landmark sistem transportasi massal yang cepat, aman, dan terjangkau. Kami secara penuh mendukung rencana pemerintah agar dapat menyelesaikan proyek ini tepat waktu serta mendukung pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera guna mempercepat distribusi barang, penghematan biaya distribusi barang, percepatan serta pemerataan ekonomi di Sumatera,” kata Direktur Treasury and Capital Market CIMB Niaga John Simon.

Sebagai Bank Umum Kegiatan Usaha 4 (kategori bank tertinggi dari sisi modal inti/Tier-1) di Indonesia, CIMB Niaga siap mendukung proyek infrastruktur pemerintah. “Bagi kami, keikutsertaan dalam berbagai proyek infrastruktur pemerintah selain sebagai bentuk dukungan nyata untuk memajukan ekonomi Indonesia, kami melihat bisa menjadi peluang bagi perbankan untuk meningkatkan penyaluran kredit,” ungkap John.

Hingga September 2017, posisi penyaluran kredit CIMB Niaga mencapai Rp178,8 triliun. Pada beberapa segmen, perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan double digit seperti KPR yang tumbuh 12,1% year-on-year/Y-o-Y dan SME yang naik 14,5% Y-o-Y. Selain itu, untuk kredit korporasi, khususnya pada top tier corporate jumlahnya juga meningkat 12%-13% Y-o-Y.

Dukung IndoBuildTech Expo 2018, CIMB Niaga Hadirkan One Stop Financial Solution

Wed, 02 May 2018 - CIMB Niaga siap mendukung IndoBuildTech Expo 2018 melalui produk-produk unggulan Perbankan Komersial dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Produk-produk tersebut antara lain Value Chain, Trade Finance, Cash Management, SME OPTIMA, kredit modal kerja, serta

Kartu Kredit Milenial dari Indosat dan CIMB Niaga

Fri, 20 Apr 2018 - Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan yaitu bonus kuota internet 2GB setiap bulan untuk nomor ponsel Indosat Ooredoo yang terdaftar pada CIMB Niaga Indosat Ooredoo Card.

CIMB Niaga Gandeng PT Astra Modern Land

Wed, 18 Apr 2018 - Salah satu fitur unggulan kami KPR Xtra Manfaat bisa memberikan bunga Rp0. Dalam hal ini, saldo tabungan nasabah yang dihubungkan dengan KPR dapat dimanfaatkan untuk mengurangi biaya suku bunga KPR.

Luncurkan AMDB 2018, CIMB Niaga Edukasi Generasi Milenial di Mataram

Mon, 12 Mar 2018 - Program AMDB 2018 akan dilaksanakan di 100 sekolah dari tingkat SD hingga SMA yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

UGM Juarai CIMB ASEAN Stock Challenge dan Raih Hadiah US$12.000

Mon, 15 Jan 2018 - ASC 2.0 menyertakan dua fitur baru –perdagangan dengan platform selular dan analitika prediktif– untuk menguji kemahiran peserta membuat analisa dan memanfaatkan perangkat digital terkini sehingga mereka dapat lebih cepat dan cerdas memilih saham.



Non Bank

Indofood dan Anak Usaha Bagi-bagi Dividen

PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan anak usahanya PT Indo

PMK 75/2011 Direvisi, LPDB KUMKM Bisa Langsung Biayai UMKM

"Selama ini kita hanya bisa membiayai skim pembiayaan u

Laba Bersih Bersih Sinarmas MSIG Life Tumbuh 49 Persen di 2017

Selain mengumumkan catatan pertumbuhan positif selama 2

Untuk Kemudahan Nasabah, Sequis Life Luncurkan Aplikasi Polisku

Sequis Polisku yaitu aplikasi mobile dan website untuk

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi