Governance, Risk Management & Compliance

CIMB Niaga Fasilitasi Dana Talangan Klaim BPJS Kesehatan

Rabu 12 September 2018 11:57:0

CIMB Niaga memberikan pembiayaan kepada Faskes dengan pola anjak piutang. Dengan begitu, Faskes dapat menerima pembayaran lebih awal dari bank atas tagihannya ke BPJS Kesehatan sampai adanya penyelesaian pembayaran dari BPJS Kesehatan dilakukan.

JAKARTA, Stabilitas -- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara dan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Melalui kemitraan bertajuk “Pemberian Konfirmasi atas Data Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Peserta JKN-KIS kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes) mitra BPJS Kesehatan” ini, CIMB Niaga memberikan pembiayaan kepada Faskes dengan pola anjak piutang. Dengan begitu, Faskes dapat menerima pembayaran lebih awal dari bank atas tagihannya ke BPJS Kesehatan sampai adanya penyelesaian pembayaran dari BPJS Kesehatan dilakukan.

“CIMB Niaga merasa terhormat dapat berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, kami siap menyediakan solusi finansial bagi Faskes agar bisa menjaga kesinambungan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan optimal,” kata Pandji.

Selain pembiayaan, lanjut Pandji, Faskes juga dapat memanfaatkan berbagai produk dan layanan perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga. Dengan one stop financial solution, CIMB Niaga menawarkan solusi lengkap dan komprehensif untuk semua kebutuhan finansial Faskes dengan memanfaatkan teknologi terkini. Salah satunya melalui BizChannel@CIMB untuk memudahkan pengelolaan keuangan secara on-line dengan fitur lengkap yang aman dan nyaman.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso mengatakan, sinergi dengan CIMB Niaga merupakan langkah untuk membantu Faskes agar dapat menjaga arus kas dan likuiditasnya melalui pembiayaan dari perbankan.

“Kami mengapresiasi kontribusi CIMB Niaga dalam mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS. Saat ini sejumlah perbankan baik nasional maupun swasta siap memberikan manfaat pembiayaan tagihan pelayanan kesehatan melalui Supply Chain Financing (SCF). Ini bisa dimanfaatkan oleh Faskes agar likuiditas rumah sakit berjalan baik,” ujar Kemal.

Sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, BPJS Kesehatan wajib membayar klaim atas pelayanan yang telah diberikan oleh Faskes kepada peserta paling lambat 15 hari kerja sejak dokumen klaim diterima lengkap. Hal ini merupakan peluang bagi CIMB Niaga untuk memberikan fasilitas pembiayaan modal kerja berupa talangan tagihan kepada pihak Faskes selaku mitra BPJS Kesehatan.

Sampai dengan 1 September 2018, tercatat 201.660.548 jiwa penduduk di Indonesia telah menjadi peserta JKN-KIS. BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 22.467 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 2.430 rumah sakit (termasuk klinik utama), 1.546 apotek, dan 1.091 optik.

Adakan XTRA XPO, CIMB Niaga Siapkan Promo Spesial

Thu, 17 Jan 2019 - Kembali adaan XTRA XPO, CIMB persiapkan beragam beragam promo spesial dari produk-produk ritel CIMB Niaga.

Tawarkan Beragam Benefit, 'CIMB Niaga Precious Card' Penuhi Kebutuhan Transaksi Kaum Wanita

Mon, 12 Nov 2018 - Kartu kredit khusus wanita ini dirancang sebagai solusi transaksi keuangan yang menawarkan benefit lebih dari sekadar belanja, yaitu kesehatan dan kecantikan.

Rayakan HUT ke-63, CIMB Niaga Serahkan Bus Tingkat ke Pemkot Semarang

Wed, 26 Sep 2018 - "Kami berharap dengan bertambahnya armada bus wisata Pemkot Semarang melalui bantuan corporate social responsibility CIMB Niaga, animo masyarakat untuk berwisata mengelilingi kota Semarang makin meningkat," katanya.

CIMB Niaga Namaste Festival 2018 Ajak Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

Thu, 20 Sep 2018 - CIMB Niaga berkomitmen menyebarkan pesan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan melalui gelaran CNNF 2018, karena yoga memiliki jiwa dan semangat yang mencerminkan kepedulian terhadap kesehatan jasmani, rohani, dan selalu selaras dengan alam.

13 Ribu Peserta Berpartisipasi dalam The Color Run CIMB Niaga 2018

Sun, 16 Sep 2018 - Mengusung tema "Hero Tour", event ini mengajak 13.000 peserta lari santai menjadi pahlawan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.



Non Bank

Allianz Utama Indonesia Fokus Inovasi Digital dan Perkuat Bisnis Ritel di 2019

Sejalan dengan berkembangnya tren digital dalam kehidup

DanaLaut Siap Fasilitasi Pembiayaan UMK Kelautan Rp50 Miliar

Di 2019, DanaLaut berkomitmen menyalurkan pembiayaan ke

BI: Alipay dan Wechat Perlu Ijin Untuk Beroperasi

Perusahaan pembiayaan asing yang bergerak di sistem pem

Shopee Dukung Aturan Pajak e-Commerce

Sebagai salah satu perusahaan e-commece di Indonesia, S

Portofolio

Hadirkan Produk Derivatif GOFX, Pasar ICDX Semakin Liquid

GOFX adalah kelompok produk derivatif komoditi, terdiri

Pemanfaatan data Dispendukcapil, KSEI: Pembuatan Rekening Lebih Mudah

kerjasama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investa

2019, Pasar modal syariah akan lebih baik dari 2018

Perbaikan itu bukan disebabkan oleh pasar modal syariah

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik b

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi