Governance, Risk Management & Compliance

CIMB Niaga Syariah Dukung DT Peduli Himpun Zakat, Sedekah, dan Wakaf Pakai QR Code

Selasa 31 Maret 2020 18:53:0

CIMB Niaga Syariah bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran zakat, sedekah, dan wakaf secara digital menggunakan QR Code.

JAKARTA, Stabilitas-- Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf secara digital menggunakan QR Code. Program tersebut akan diimplementasikan di 2.500 Masjid Mitra Pengelola Zakat dan Kantor Perwakilan DT Peduli yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, melalui kerja sama ini CIMB Niaga Syariah membantu para pengurus Masjid dalam mengoptimalkan penghimpunan dana Zakat, Sedekah, dan Wakaf dari jamaah secara non-tunai (cashless). Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk bertransaksi finansial melalui aplikasi pembayaran digital.

"Sebagai UUS Bank BUKU 4, CIMB Niaga Syariah siap memfasilitasi para pengurus Masjid melakukan digitalisasi pengelolaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf agar lebih transparan dan mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu inisiatif tersebut yaitu memanfaatkan QR CIMB Niaga Syariah sebagai media pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf," kata Pandji di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Implementasi dari kerja sama tersebut kini telah dilakukan dengan menyediakan 132 QR CIMB Niaga Syariah yang tersebar di Masjid, mitra, dan Kantor Perwakilan DT Peduli. Dalam program ini, masing-masing Masjid diberikan 3 QR Code sesuai jenis donasinya yaitu Zakat, Sedekah, dan Wakaf. QR tidak hanya disediakan di dalam Masjid, para pengurus pun dapat menyebarkannya kepada jamaah melalui smartphone, sehingga donasi tetap dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pandji bersyukur, pada tahap pilot project, hasil transaksi donasi Zakat, Sedekah, dan Wakaf melalui QR Code menunjukkan tren positif. Ia berharap, performa yang baik tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan seiring terus bertambahnya Masjid mitra DT Peduli yang akan mengimplementasikan QR Code untuk pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf para jamaah.

Seperti diketahui, membayar Zakat, Sedekah, dan Wakaf menggunakan QR Code mudah dilakukan dan praktis. Nasabah cukup membuka aplikasi Go Mobile CIMB Niaga dan pilih fitur QR Payment. Kemudian pindai/scan QR yang tersedia, masukkan jumlah yang ingin didonasikan dan kirim.

Adapun bagi masyarakat yang belum menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah, pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf dapat dilakukan dengan scan QR menggunakan dompet digital (e-wallet) atau aplikasi lain yang telah menerapkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

Pandji menjelaskan, dana yang dikumpulkan dari program ini akan disalurkan untuk meningkatkan kemakmuran Masjid. Selain itu, donasi tersebut juga akan digunakan DT Peduli untuk membantu masyarakat dalam menghadapi merebaknya pandemi Corona (COVID-19).

Dalam kondisi saat ini, Pandji juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kesehatan diri dan keluarga, membatasi pertemuan dengan banyak orang, menerapkan jarak aman (physical distancing), sering mencuci tangan, dan memakai masker bila sakit flu atau batuk.

Naik Kelas ke Bank BUKU III, BNI Syariah Kokohkan Inovasi Digital

Thu, 28 May 2020 - BNI Syariah mencetak laba bersih Rp214,01 miliar pada triwulan I 2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar.

Transaksi Mobile Banking BNI Syariah Selama COVID-19 Naik Signifikan

Wed, 08 Apr 2020 - Lima fitur transaksi yang paling sering dipergunakan nasabah diantaranya adalah transfer antar rekening BNI/BNI Syariah; pembayaran melalui virtual account; transfer antar bank; top up saldo uang elektronik; dan pembeli.

BNI Syariah Inisiasi Bantuan Kemanusiaan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Tue, 31 Mar 2020 - Penggalangan dana untuk RS Container Covid-19 bersama Dompet Dhuafa dihimpun melalui platform Wakaf Hasanah BNI Syariah. Ditargetkan dana yang terkumpul dalam program ini sebanyak Rp250 juta.

Optimalkan Layanan Nasabah, BNI Syariah Antisipasi Penyebaran COVID-19

Sun, 22 Mar 2020 - Untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dan karyawan, BNI Syariah juga menerapkan sistem kerja Work from Home.

BCA Syariah Tumbuh di Atas Industri 2019

Wed, 19 Feb 2020 - Bank BCA Syariah menutup 2019 dengan pertumbuhan positif di atas industri perbankan syariah



Non Bank

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebi

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi