Governance, Risk Management & Compliance

Citibank Raup Laba Bersih Rp1,6 Triliun

Kamis 8 Agustus 2019 18:36:0

Net trading income menjadi salah satu penopang melonjaknya laba bersih Citibank.

JAKARTA, Stabilitas-- Menutup semester pertama 2019, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun, meningkat 97 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan laba bersih memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Equity (ROE) menjadi 20,14 persen, meningkat dari 10,31 persen pada semester I 2018 dan Retun on Asset (ROA) menjadi 4,97 persen, meningkat dari 2,88 persen di periode yang sama tahun lalu.

Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi mengatakan, terdapat tiga penopang utama meningkatnya laba perusahaan. Pertama terkait peningkatan perdagangan bersih (net trading income), kedua pendapatan bunga bersih (net interest income), dan terakhir penurunan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) atau coverage ratio.

Rasio permodalan dan kualitas aset tetap terjaga dengan baik dengan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 24,56 persen dan rasio Gross dan Net Non Performing Loan masing-masing sebesar 2,29 persen dan 0,44 persen. Selain itu, Citibank juga mempertahankan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid sebesar 79,2 persen.

"Kinerja yang baik ini merupakan hasil dari komitmen kami untuk memberikan yang terbaik kepada para klien, menciptakan nilai ekonomi serta bertanggung jawab secara sistemik dalam kerangka kerja manajemen risiko yang kami miliki,"kata Batara Sianturi.

Di lini Consumer Banking, lanjutnya, CItibank memberikan mobile-first mindset dan membangun platform digital yang kuat untuk nasabah di Retail Banking, Credit Cards dan Wealth Management melalui platform CitiMobile.

Di Retail Banking, Citibank memperkenalkan program rujukan khusus dengan konsep Citigold Circle dimana nasabah dapat berbagi pengalaman mereka dengan layanan Citigold kepada keluarga dan teman-teman, dan mendapatkan reward. Program ini telah menjadi penggerak yang berkontribusi terhadap lebih dari 40 persen dari total akuisisi nasabah baru.

"Di Wealth Management, kami telah memperkenalkan Future Wealth Assurance bagi nasabah untuk menghasilkan diversifikasi portofolio produk,"imbuhnya.

Masih berfokus kepada generasi muda, Citibank dan Indonesia Business Links mengadakan penutupan Skilled Youth Program tahap III yang dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro. Program ini mampu melibatkan 384 pemuda di wilayah industri, guna membekali mereka dengan soft skills dan hard skills untuk pemberdayaan ekonomi dan pembangunan kapasitas generasi muda.

"Beragam pencapaian positif yang telah kami lakukan pada semester pertama 2019 ini akan menjadi tolok ukur bagi kami dalam melanjutkan kinerja yang baik hingga akhir tahun ini. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, klien, dan pemangku kepentingan Citibank atas kerja sama dan kepercayaan yang telah diberikan," tutup Batara.



Non Bank

Strategi IKNB Hadapi Tantangan Berat Tahun Depan

Begitu juga dengan asuransi. Unit link diprediksi akan

Aset CNAF Tembus Rp3,3 Triliun pada Sembilan Bulan Pertama 2019

Penyaluran pembiayaan CNAF sebesar Rp2,45 triliun per 3

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

CIMB Niaga dan BPJPH Sinergi Dukung Industri Halal

Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi