Governance, Risk Management & Compliance

DanaLaut Siap Fasilitasi Pembiayaan UMK Kelautan Rp50 Miliar

Senin 21 Januari 2019 18:33:0

Di 2019, DanaLaut berkomitmen menyalurkan pembiayaan ke lima sektor: pertanian garam, budidaya rumput laut, usaha turunan produk laut, tambak, dan pusat pengolahan.

JAKARTA, Stabilitas -- DanaLaut merupakan perusahaan teknologi finansial di bidang peer to peer (P2P) lending yang berdiri dan beroperasi pada 2018. Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DanaLaut menjadi satu dari sedikit P2P lending yang fokus pada sektor ekonomi kelautan di Indonesia.

Sepanjang 2018, DanaLaut telah menyalurkan pendanaan lebih dari Rp1 miliar dengan Kepulauan Kei, Maluku Tenggara sebagai titik awal. Beberapa daerah yang difasilitasi antara lain, Evu, Letvuan, Satean, Hoat, dan Faan. Pencapaian tersebut merupakan langkah awal bagi DanaLaut untuk terus membangun sektor ekonomi kelautan Indonesia di tahun-tahun selanjutnya.

"DanaLaut berkomitmen membuka akses pembiayaan bagi para pelaku usaha kelautan berskala mikro dan kecil, seperti nelayan pesisir, petani garam, pembudidaya rumput laut, serta koperasi-koperasi yang bergerak di sektor kelautan," tutur Niko Ariansyah, co-founder DanaLaut.

Memasuki 2019 ini, DanaLaut memiliki target penyaluran pembiayaan sebesar Rp50 milyar ke lima sektor bidang kelautan, yakni pertanian garam, budidaya rumput laut, usaha turunan produk laut, tambak, dan pusat pengolahan. Kelima sektor ini diharapkan mampu menciptakan sebuah ekosistem bidang kelautan yang menjamin keberlangsungan usaha semua pihak. DanaLaut menargetkan 150 proyek pendanaan yang akan disalurkan di sepanjang tahun 2019.

"Laut Indonesia memiliki potensi besar, sumber daya manusianya ada. Yang dibutuhkan saat ini adalah modal, konsistensi, dan dukungan ekosistem. Inilah alasan DanaLaut hadir," jelas Niko mengenai komitmen DanaLaut.

Terkait dengan hal tersebut, DanaLaut pun membuka kesempatan bagi siapapun untuk berpartisipasi dalam membangun sektor ekonomi kelautan.

"Masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha punya tanggung jawab yang sama. Bersama DanaLaut, kita bahu-membahu mengelola laut Indonesia dan menjadi poros maritim dunia, sesuai dengan apa yang telah dicanangkan oleh Pemerintah," tutup Niko.

MODALKU Tekan Tingkat Default 0.8 Persen

Thu, 14 Mar 2019 - Telah Beroperasi Lebih dari 3 Tahun, Modalku Berhasil Menekan Default ke 0,8 persen dengan Prinsip Responsible Lending.

OJK Dukung Sektor Kelautan - Perikanan Melalui LKM Nelayan

Thu, 07 Jun 2018 - Pendampingan dan perkuatan modal kerja LKM Nelayan ini dilakukan oleh Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan (LPMUKP).



Non Bank

Amartha Salurkan Rp970M Dana Khusus Perempuan

Amartha, penyalur pinjaman khusus perempuan pelaku UMKM

Allianz Indonesia Ikuti Perkembangan Fintech Tingkatkan Penetrasi Asuransi

Dengan mempertimbangkan pesatnya perkembangan fintech,

Ini Peluang dan Tantangan Industri Asuransi Jiwa di 2019

Sebagai kontributor utama industri asuransi, tingkat pe

AIA Catat Pertumbuhan Dua Digit di 2018

AIA berhasil meningkatkan laba operasi setelah pajak me

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi