Governance, Risk Management & Compliance

Danamon dan MUFG Selenggarakan Business Matching Fair Pertama di Indonesia

Kamis 10 Oktober 2019 1:15:0

Pertemuan tersebut dihadiri oleh nasabah korporasi dari Jepang, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya yang diharapkan dapat saling memperluas jejaring serta membuka peluang ekspansi bisnis.

JAKARTA, Stabilitas-- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) dan MUFG Bank, Ltd., (MUFG) hari ini menggelar Business Matching Fair yang mempertemukan para klien korporasi dari Jepang, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya untuk saling memperluas jejaring serta membuka peluang ekspansi bisnis.

Bank Danamon dan MUFG sebagai bank yang saling bermitra menyelenggarakan sebanyak 118 pertemuan bisnis dalam forum yang dilaksanakan selama satu hari penuh di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Tak kurang dari 80 pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga korporasi besar dari Indonesia dan Jepang turut menghadiri acara. Sebagian besar merupakan klien Bank Danamon dan MUFG dan berasal dari beragam sektor bisnis. Diantaranya sektor manufaktur, distributor dari Fast Moving Consumer Goods (FMCG), makanan dan minuman, kebutuhan rumah tangga, perawatan diri serta kosmetik. Tidak ketinggalan, perusahaan restoran dan kedai kopi dari Jepang turut berpartisipasi dalam acara ini.

"Business Matching merupakan kegiatan lazim yang dilakukan perbankan di Jepang, di mana klien korporasi domestik saling dipertemukan guna membuka peluang bisnis dan memberi nilai tambah,"ujar Daisuke Ejima, Executive Officer dan Country Head of  MUFG Indonesia.

Daisuke melanjutkan, MUFG kemudian mengembangkan konsep ini lebih jauh, yaitu mempertemukan klien Jepang dengan perusahaan lokal dan regional dari sejumlah pasar utama di Asia. Hingga saat ini sudah digelar sekitar 20 forum di Jepang dan beberapa kota besar lainnya di Asia seperti Bangkok, Hanoi, Ho Chi Minh dan Manila.

Di Indonesia, MUFG pernah melakukan acara serupa bagi kliennya di Jakarta pada 2012 lalu.

Melewati proses evaluasi dan seleksi selama berbulan-bulan, MUFG dan Bank Danamon mengidentifikasi para klien dan menggelar pertemuan untuk Business Matching sesuai profil bisnis pelaku usaha, kebutuhan dan tujuan perusahaan. Melalui layanan gratis yang memberikan nilai tambah ini, para peserta dapat mengandalkan reputasi yang kuat, pengetahuan pasar yang komprehensif, serta jejaring klien yang luas dari MUFG dan Bank Danamon untuk menemukan mitra bisnis yang prospektif.

Pada bulan Mei tahun ini, MUFG telah selesai mengakuisisi Bank Danamon. Hal ini memungkinkan MUFG memperluas jejaring tidak hanya di Indonesia tapi juga di kawasan regional, termasuk kemitraan dengan bank di Vietnam, Thailand dan Filipina.

"Menyikapi optimisme dari pelaku bisnis global dan Jepang atas pasar Indonesia, kami terus berkomitmen memperkuat kemitraan MUFG-Bank Danamon dan mengintermediasi perdagangan serta kegiatan bisnis dari dan ke Indonesia,"ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank DanamonYasushi Itagaki mengharapkan, kemitraan strategis Bank Danamon dengan MUFG yang menjadi awal era baru bagi kedua perusahaan

"Kami harap sesi Business Matching pertama yang digelar kedua bank ini dapat mempertemukan klien Jepang dan Indonesia, serta menciptakan kolaborasi bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kedepannya diharapkan juga berkontribusi bagi kemajuan ekonomi kedua negara,"imbuhnya.

Forum Business Matching MUFG-Bank Danamon bertujuan untuk mempertemukan klien kedua perusahaan dengan jejaring luas yang diharapkan membuka peluang terciptanya kemitraan dan kesepakatan bisnis.

"Kami mengucapkan semoga sukses untuk para klien dalam mencari mitra yang cocok guna membantu pertumbuhan masing-masing perusahaan dalam acara networking ini,"pungkas Yasushi.

Naik Kelas ke Bank BUKU III, BNI Syariah Kokohkan Inovasi Digital

Thu, 28 May 2020 - BNI Syariah mencetak laba bersih Rp214,01 miliar pada triwulan I 2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar.

Simak Paket Kebijakan Lanjutan Stimulus Covid-19 Dari OJK

Thu, 28 May 2020 - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengeluarkan kebijakan lanjutan dengan merelaksasi ketentuan di sektor perbankan

CIMB Niaga Bukukan Laba Rp1,1 Triliun pada Kuartal I 2020

Mon, 11 May 2020 - Dengan total aset mencapai Rp274,5 triliun per 31 Maret 2020, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

OJK Keluarkan Panduan Penerapan PSAK 71 & PSAK 68 Untuk Perbankan di Masa Pandemi Corona

Thu, 16 Apr 2020 - Surat Edaran mengenai hal tersebut ditandatangani oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana

OJK Pastikan Dokumen & Informasi Analis Perbankan Adalah Hoax

Thu, 16 Apr 2020 - Dari berbagai kebijakan stimulus yang telah dikeluarkan oleh OJK tersebut, dengan ini ditegaskan bahwa dokumen yang berisikan analisis yang beredar dimasyarakat adalah hoax dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bank DKI Ajak Warga DKI Jakarta Berdonasi Melalui Bank DKI Peduli

Fri, 10 Apr 2020 - Bank DKI berupaya turut melakukan penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) dengan mengajak seluruh masyarakat khususnya warga DKI Jakarta untuk berpartisipasi dengan menyalurkan bantuan melalui program Bank DKI Peduli #BersamaLawanCovid19.



Non Bank

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebi

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi