Governance, Risk Management & Compliance

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Kamis 18 Januari 2018 11:17:0

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivitas kepialangan se-Asia sejalan dengan lingkungan baru industri kepialangan saham.

KUALA LUMPUR, Stabilitas -- CIMB Group Holdings Berhad (CIMB) dan China Galaxy Securities Co. Ltd. (CGS), melalui anak perusahaan masing-masing yaitu CIMB Group Sdn Bhd dan China Galaxy International Financial Holdings Limited (CGI), pada Kamis (18/1/12018) mengumumkan telah menyelesaikan proses penjualan dan pembelian 50 persen saham CIMB Securities International Pte Ltd (CSI).

Dengan rampungnya transaksi, CIMB dan CGS kini menjadi pemegang saham CSI (perusahaan patungan) dengan persentase 50:50, dan CSI akan berganti nama menjadi CGS-CIMB Securities begitu diperoleh persetujuan dari pihak berwenang.

CSI merupakan induk perusahaan pialang saham di bawah CIMB yang bergerak di luar Malaysia dan usahanya mencakup kepialangan saham untuk nasabah dari kalangan institusi dan ritel, dan riset ekuitas di Indonesia, Singapura, Thailand, Hong Kong, Korea Selatan, India, Inggris dan Amerika Serikat. Transaksi tersebut akan menurunkan rasio beban-terhadap-pendapatan sebesar lebih dari 100 bps dan meningkatkan rasio CAR Tier 1 sekitar 10 bps.   

Pembentukan perusahaan patungan ini menandai langkah pertama mereka merambah sektor kepialangan China di Asia Tenggara, dan dimulainya kemitraan strategis jangka panjang CIMB dengan CGS. Perusahaan pialang patungan akan memanfaatkan jaringan dan cakupan wilayah kerja CIMB yang telah lama terbentuk di Asia Tenggara, dan keunggulan teknologi yang dimiliki CGS, nasabah mereka yang berasal dari beragam kalangan serta jauhnya jangkauan dan akses mereka ke pasar China. CIMB dan CGS juga memandang usaha patungan ini sebagai langkah awal mempermudah masuknya investasi lebih besar dan aliran modal masuk ke pasar masing-masing.

Group Chief Executive, CIMB Group, Tengku Dato’ Sri Zafrul Aziz mengatakan, "Kami senang pembentukan perusahaan patungan dengan China Galaxy International berhasil dirampungkan. Rampungnya proses akan menjadi awal dimulainya usaha kepialangan yang berpeluang tumbuh di seluruh Asia di bawah dua kelompok usaha terpandang, satu di kawasan ASEAN dan yang lain di China.

Langkah ini juga mencerminkan langkah proaktif CIMB mengimbangi perubahan lingkungan kerja di industri kepialangan saham. Dengan keunggulannya, yakni solusi superior dan akses yang semakin besar ke pasar, saya yakin perusahaan patungan kami akan berhasil menghadirkan manfaat lebih besar bagi para nasabah yang ada saat ini maupun yang akan bergabung nanti."

Chief Executive Officer CGI, Mr. Derrick Lau menyatakan, Asia Tenggara bagian penting dari rencana pertumbuhan strategis yang disusun CGS, dan kolaborasi dengan CIMB akan menjadikan perusahaan patungan ini pialang saham pilihan nasabah di Asia yang ingin bertransaksi di tengah kian tingginya tren investasi lintas-negara sejalan program Belt and Road Initiative yang dilaksanakan China.

“Kami yakin bahwa bersama CIMB dan tim di CIMB Securities International, dengan visi dan tujuan yang sama ke depan, perusahaan patungan akan mendulang sukses besar di industri kepialangan saham di Asia," katanya.     

Terkait dimasukkannya usaha kepialangan saham CIMB di Malaysia ke dalam perusahaan patungan, proses ditargetkan rampung pada semester pertama tahun 2018. 

 

CIMB dan China Galaxy Jajaki Kerjasama Stockbroking

Mon, 17 Oct 2016 - Dalam usaha patungan tersebut, kedua perusahaan yang terdepan di pasar mereka masing-masing akan menggabungkan kemampuan dan jangkauannya agar usahanya semakin besar dan naik setingkat lebih tinggi.

Konferensi Tahunan CIMB ke-9 tentang Indonesia 2015

Fri, 12 Jun 2015 - Prakarsa ini menjadi sarana bagi peserta untuk membahas dan mendapatkan peluang guna meningkatkan pertumbuhan dan kerja sama di Indonesia.

CIMB Group Umumkan Laba Bersih 2014 Sebesar RM3,107 Miliar

Sun, 01 Mar 2015 - CIMB Group Holdings menyampaikan rencana jangka menengah dengan target ROE sebesar 15%, rasio CET1 di atas 11%, rasio biaya terhadap pendapatan di bawah 50% dan distribusi pendapatan perbankan konsumen sebesar 60% pada akhir 2018.

Tengku Dato' Zafrul Aziz Ditunjuk Jadi Executive Director CIMB Group

Fri, 27 Feb 2015 - Tengku Zafrul bergabung dengan CIMB Group pada 2 Januari 2014, dan diserahi tugas menjadi Pelaksana Tugas Group Chief Executive pada 1 September 2014.



Non Bank

Premi BCA Life Tumbuh 46.33% Jadi Rp 471,308 Miliar di 2017

Seiring dengan penambahan produk baru dan pengembangan

OJK Fokuskan Kebijakan Pada Perlindungan Konsumen Fintech

Dengan fokus pada perlindungan konsumen maka pengembang

IT & Corsec MTF Raih Dua Penghargaan ICCA Award III 2018

Per akhir tahun 2017, MTF mencatatkan kenaikan aset seb

Penjualan Otomotif Lesu, MTF Tetap Cetak Pembiayaan 2017 Tumbuh 19 Persen

Anak usaha Bank Mandiri ini mampu menyalurkan pembiayaa

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi