Governance, Risk Management & Compliance

Gandeng Ralali.com, ASM Maksimalkan E Commerce

Kamis 15 Agustus 2019 11:12:0

Secara korporasi, kerjasama dengan Ralali.com ini juga merupakan strategi perusahaan dalam memperbesar kontribusi segmen ritel yang selama ini masih sangat minim sumbangannya terhadap perolehan premi perusahaan.

JAKARTA, Stabilitas - PT Asuransi Sinarmas (ASM) terus mencari cara dan terobosan baru guna memperluas cakupan nasabah sekaligus mendongkrak kinerja perolehan preminya di segmen ritel. Terbaru, entitas bisnis asuransi di bawah naungan Sinarmas Group tersebut secara resmi menggandeng PT Raksasa Laju Lintang, manajemen di balik platform e-commerce dengan merek dagang Ralali.com.

Melalui kerjasama ini, ASM akan mulai menjual sedikitnya sembilan jenis produknya lewat aplikasi Ralali.com. Sembilan jenis produk itu meliputi asuransi perjalanan dan umrah, asuransi mikro-stop usaha gempa tsunami, asuransi binatang peliharaan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor dan asuransi mikro simas perlindungan.

"Perkembangan dunia digital dewasa ini harus terus diantisipasi oleh dunia usaha agar tidak kehilangan opportunity yang ada di sana. Ini di antaranya adalah upaya kami untuk itu, selain juga sebagai wujud kontribusi kami atas edukasi literasi keuangan di segmen UMKM," ujar Direktur ASM, Dumasi MM Samosir, di Jakarta, Rabu (14/8).

Secara korporasi, menurut Dumasi, kerjasama dengan Ralali.com ini juga merupakan strategi perusahaan dalam memperbesar kontribusi segmen ritel yang selama ini masih sangat minim sumbangannya terhadap perolehan premi perusahaan.

"(Kontribusi segmen ritel) Masih sangat kecil. Saat ini masih di kisaran dua persen. Makanya perlahan kami ingin tingkatkan. Pada tahun pertama kerjasama tentu tidak bisa langsung besar, tapi harapannya di tahun-tahun berikutnya bisa terus tumbuh berkali lipat karena potensinya masih sangat besar," tutur Dumasi.

Dalam jangka panjang, lanjut Dumasi, pihaknya bercita-cita dapat menyeimbangkan perolehan premi dari segmen ritel dan korporasi sehingga secara kontribusi menjadi 50:50. Per Juni 2019 lalu, pendapatan bruto ASM tercatat sebesar Rp5,08 triliun, atau tumbuh 51,19 persen dibanding perolehan pendapatan pada periode sama tahun 2018 lalu yang masih sebesar Rp3,36 triliun.

"Dengan terus mendorong segmen ritel kami yakin hasilnya akan lebih maksimal lagi di masa mendatang, karena memang pasarnya masih sangat besar dan belum tergarap secara optimal. Per Juni 2019 lalu perolehan premi kami dari produk asuransi mikro masih sekitar Rp2 miliar. Secara room untuk tumbuh kami yakini masih sangat besar," tegas Dumasi.

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa QII 2019 Tumbuh 31,9%

Wed, 11 Sep 2019 - Di kuartal Kedua 2019, total Pendapatan Premi memang mengalami perlambatan 3,6% menjadi Rp.90,25 triliun namun memiliki kontribusi terhadap Total Pendapatan sebesar 76,3%.

Perluas Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Baru di Palembang

Mon, 09 Sep 2019 - Pembukaan kantor lantaran didukung oleh potensi dan tingginya kebutuhan masyarakat Sumatera Selatan akan perencanaan keuangan dan proteksi asuransi.

FWD Luncurkan Program untuk Kembangkan Agen

Fri, 23 Aug 2019 - Program ini bertujuan untuk mengembangkan 100 agency leaders berkelas dunia yang akan memimpin dan mengubah cara penjualan asuransi, yang akhirnya akan mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi itu sendiri.

Prudential Garap Kaum Muda Papua

Wed, 21 Aug 2019 - Program ini juga dilengkapi berbagai workshop seperti business motivation workshop, financial literacy workshop, dan business model canvas workshop.

Kian Mudah, Adira Perkenalkan Klaim #1JariBeres

Tue, 20 Aug 2019 - Sepanjang tahun 2019, Adira Insurance telah menerima 4.000 laporan klaim dari aplikasi tersebut.



Non Bank

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa QII 2019 Tumbuh 31,9%

Di kuartal Kedua 2019, total Pendapatan Premi memang me

AAJI Gali Potensi Pasar Asuransi Jiwa di Segmen Milenial

AAJI kembali menyelenggarakan DRIM AAJI 2019 pada 25-27

Dukung Inklusi Keuangan, Cigna Bermitra dengan Lifepal

PT Asuransi Cigna meresmikan kerja sama dengan Lifepal,

Perluas Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Baru di Palembang

Pembukaan kantor lantaran didukung oleh potensi dan tin

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi