Governance, Risk Management & Compliance

Garuda Indonesia Group Jalin Sinergi BUMN Dukung Restrukturisasi Bisnis Merpati Airlines

Kamis 17 Oktober 2019 3:20:0

Kerja sama operasi yang dilakukan antara Garuda Indonesia dan Merpati berupa, kerja sama dalam bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center.

JAKARTA, Stabilitas-- Garuda Indonesia Group bersama sembilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi menjalin kerja sama strategis mendukung komitmen restrukturisasi bisnis PT Merpati Nusantara Airlines (MNA).

Adapun komitmen strategis tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Garuda Indonesia bersama dengan Merpati Airlines yang turut melibatkan dukungan dari sembilan BUMN lainnya dalam upaya percepatan restrukturisasi bisnis Merpati Nusantara Airlines.

Perjanjian Kerja Sama tersebut meliputi kerjasama dalam bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center, ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara bersama dengan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Asep Ekanugraha dan direksi BUMN lainnya yang turut terlibat.

Adapun BUMN yang terlibat dalam sinergi ini adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), serta Himbara yang terdiri dari Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengungkapkan apresiasinya kepada Garuda Indonesia dan sembilan BUMN lainnya yang telah mendukung percepatan restrukturisasi Merpati melalui sinergi BUMN.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan kerja sama bisnis ini dapat menjadi momentum penting bagi Merpati Nusantara kembali beroperasi dan mengembangkan bisnis kedepan bersama dengan BUMN lain dalam semangat sinergi BUMN.

"Berangkat dari kesadaran akan pentingnya ekosistem industri penerbangan yang sehat dalam melandasi komitmen penyediaan layanan transportasi udara berdaya unggul, dukungan Garuda Indonesia terhadap akselerasi kinerja Merpati Airlines ini juga kami harapkan dapat mendukung kemajuan industri penerbangan nasional serta memperkuat pergerakan perekonomian nasional melalui akses jaringan penerbangan, khususnya layanan cargo yang nantinya dilayani oleh Merpati Airlines ini", jelas Ari.

Ari melanjutkan melalui sinergi ini, Garuda Indonesia, Kementerian BUMN, serta BUMN lainnya berharap dapat memberikan dukungan positif serta optimis bahwa Merpati dapat memaksimalkan potensi yang ada sehingga kedepannya diharapkan Merpati dapat terus meningkatkan kinerja dan menjadi kekuatan baru untuk penyedia layanan transportasi udara di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Merpati Airlines Asep Ekanugraha mengungkapkan, dukungan bagi langkah Merpati Airlines dalam mempersiapkan diri untuk kembali berbisnis memiliki arti tersendiri bagi kami untuk terus berakselerasi dalam memperkuat pondasi operasional perusahaan.

Garuda Indonesia Group bersama dengan beberapa BUMN lainnya seperti Semen Indonesia, Pertamina, Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PLN akan mendukung pengelolaan usaha kargo milik Merpati melalui aktivitas pelayanan pengiriman barang-barang (kargo) di wilayah Papua.

Dalam hal kerja sama pengelolaan usaha maintenance, repair, and overhaul (MRO), Merpati Nusantara juga bertindak sebagai agen pemasaran yang menyediakan layanan untuk perawatan turbin dari Pertamina dan PLN yang difasilitasi oleh MRO Merpati Nusantara Group dan Garuda Indonesia Group.

Sedangkan dalam usaha training centre, Garuda Indonesia akan berpartisipasi dalam mengelola pusat pendidikan milik Merpati Nusantara agar ke depannya unit usaha ini dapat menjadi salah satu sumber pendapatan besar Merpati.

Pada kesempatan yang sama, agar tercapai sinergi usaha yang saling menguntungkan antar BUMN, Garuda Indonesia dan Sembilan BUMN juga akan menanda tangani kerja sama perjalanan dinas dan non dinas pada rute internasional.

Garuda Indonesia juga bekerjasa sama dengan PT. Perikanan Nusantara dalam bidang Cargo dan pemanfaatan Cold Storage untuk distribusi hasil perikanan nasional di domestik dan internasional.

 

Dewan Komisaris Tunjuk Fuad Rizal Jadi Plt Direktur Utama Garuda

Fri, 06 Dec 2019 - Sebelum menjadi Plt, Fuad merupakan Direktur Keuangan Garuda Indonesia.

BNI Syariah Raih Penghargaan Pariwara Tidak Langsung Terbaik

Fri, 06 Dec 2019 - Pariwara tidak langsung adalah iklan yang mengandung unsur promosi produk dan layanan jasa keuangan yang publikasinya dilakukan oleh pihak ketiga.

Kemenkeu Sampaikan Perkembangan Temuan Moge di Dalam Pesawat Garuda

Thu, 05 Dec 2019 - Selain penemuan 18 boks itu, Bea Cukai Soekarno Hatta tidak menemukan pelanggaran kepabeanan di bagian kabin dan penumpang pesawat.

PTPN X Sabet Tiga Penghargaan dalam Top Digital Award 2019

Mon, 02 Dec 2019 - PTPN IX selaku salah satu anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) selalu memperbaiki kinerjanya setiap tahun.

Semen Indonesia Ekspor 3,38 Juta Ton Semen

Mon, 02 Dec 2019 - Melemahnya permintaan pasar domestik, juga menyebabkan persaingan industri semen semakin ketat.

BNI Syariah Gelar Akad Massal Pembiayaan Mikro ke 100 Petani di Dompu

Wed, 27 Nov 2019 - Pembiayaan mikro ke petani jagung bertujuan memperkenalkan program investasi usaha tani BNI Syariah melalui sistem bagi hasil yang adil dan menguntungkan


Non Bank

Dukung Safety Riding, Sequis Life Perkenalkan Asuransi Super Safe Protection

Banyak hal tak terduga yang dapat terjadi saat kita ber

Strategi IKNB Hadapi Tantangan Berat Tahun Depan

Begitu juga dengan asuransi. Unit link diprediksi akan

Aset CNAF Tembus Rp3,3 Triliun pada Sembilan Bulan Pertama 2019

Penyaluran pembiayaan CNAF sebesar Rp2,45 triliun per 3

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi