Governance, Risk Management & Compliance

Green Sukuk, Instrumen Investasi Untuk Membangun Lingkungan Hidup

Selasa 9 Oktober 2018 14:44:0

Green Sukuk merupakan cara baik untuk berinvestasi pada proyek-proyek yang berkaitan dengan program lingkungan hidup. Tetapi, hambatan yang mungkin dihadapi adalah rendahnya bagi hasil (yield) yang ditawarkan oleh instrumen ini.

NUSA DUA, Stabilitas -- Dalam seminar "Green Finance for Sustainable Development" Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawti bersama Wakil Presiden sekaligus Bendahara Bank Dunia Arunma Oteh membahas bagaimana dunia harus bersama-sama menjaga lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Sekecil apapun langkah yang dapat saya lakukan untuk menjaga lingkungan ini maka saya akan lakukan," tegas Menkeu di Courtyard Hotel Nusa Dua, Selasa (09/10) dalam rangkaian kegiatan IMF-WBG Annual Meetings 2018.

Ia pun menyatakan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan, pemerintah perlu menyusun kebijakan untuk mendukungnya. Untuk itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengeluarkan instrumen investasi baru yaitu Green Sukuk.

Menurut Menkeu, Green Sukuk merupakan cara baik untuk berinvestasi pada proyek-proyek yang berkaitan dengan program lingkungan hidup. Tetapi, hambatan yang mungkin dihadapi adalah rendahnya bagi hasil (yield) yang ditawarkan oleh instrumen ini.

"Apabila Pemerintah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan permasalahan terkait lingkungan hidup, maka akan banyak investor dunia yang tertarik," jelas Arunma.

Menkeu bercerita mengenai pengalamannya melakukan penanaman kembali terumbu karang yang sangat berarti untuk lingkungan tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia. Indonesia memiliki 60% spesies terumbu karang di dunia. Jika terumbu karang itu rusak atau bahkan hilang, maka dunia pun dapat terkena dampaknya.

Masih banyak masalah lingkungan di Indonesia, seperti masalah sampah baik di darat maupun di laut yang sangat penting untuk diselesaikan. Dengan adanya proyek-proyek yang sudah dijamin oleh Pemerintah, diharapkan investor ataupun pihak swasta dapat tertarik.

Di akhir, Menkeu kembali menyebut skema blended finance yang juga turut diharapkan dapat menarik tidak hanya investor tetapi para filantropis dan para 'crazy rich asian' yang peduli terhadap lingkungan.

Dihadiri Menkeu dan Presiden, Pegadaian Salurkan Kreasi UMi

Fri, 01 Mar 2019 - Pemerinta dan Pegadaian akan terus meningkatkan penyaluranKredit Ultra Mikro (Kreasi UMi) dalam upaya membantu perkembangan UMKM yang belumpernah mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan (unbankable) melalui KUR. Dimana hinggasaat ini program Kreasi U

Baru Dibuka, Berikut Keuntungan Invetasi Dengan SR-011

Fri, 01 Mar 2019 - Miliki kelebihan, SR-011 diklaim lebih terjangkau dibandingkan dnegan seri sebelumnya. Keuntungan lainnya adalah dapat diperdagangkan di pasar sekunder antara investor domestik.

Dijual Hari Ini, Sukuk Ritel 011 Sasar Milenial

Fri, 01 Mar 2019 - Pemerintah mulai menjual sukuk ritel seri terbaru, SR011 pada hari ini, SR diklaim lebih mudah dijangkau karena memiliki minimal pemesanan sebesar Rp 1 juta.

Menkeu Sri Mulyani: Pemerintah Akan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Thu, 31 Jan 2019 - Menkeu Sri Mulyani mengatakan meskipun mengalami perlambatan ekonomi di tahun 2018 namun aliran masuk modal asing mulai membaik di dua bulan terakhir tahun 2018.

Menkeu: Jadi Tuan Rumah Annual Meeting IMF-WB, Indonesia Tidak Berutang Ke IMF

Mon, 08 Oct 2018 - Menkeu menjelaskan bahwa kegiatan yang diadakan dari tanggal 8 - 14 Oktober 2018 akan membahas perkembangan ekonomi dunia, terutama mengatasi perubahan kebijakan suatu negara yang dapat berdampak ke negara lain.



Non Bank

ASM Bagikan Asuransi Mikro dan Celengan Impian Untuk Masyarakat Sentani

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) menyelenggarakan kegiatan L

Amartha Fintek Resmi Kantongi Izin Usaha OJK

Amartha menjadi salah satu dari lima perusahaan fintech

Buana Finance Optimistis Bisnis Pembiayaan Bakal Membaik

PT Buana Finance Tbk meyakini bahwa bisnis pembiayaan k

Buana Finance Optimistis Bisnis Pembiayaan Bakal Membaik

PT Buana Finance Tbk meyakini bahwa bisnis pembiayaan k

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi