Governance, Risk Management & Compliance

Gubernur BI Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan

Sabtu 2 Februari 2019 15:51:0

BErtepatan dengan peresmian gedung kantor BI perwakilan SUlawesi Selatan, Perry menyampaikan apresiasinya atas pertumbuhan ekonomi yang berada di atas pertumbuhan nasional.

MAKASSAR, Stabilitas-- Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan yang jauh di atas pertumbuhan nasional, dengan inflasi yang terjaga. Demikian disampaikan saat meresmikan gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (1/2/2019), di Makassar.

"Untuk terus mempertahankan prestasi tersebut ada lima tugas penting yang memerlukan sinergi antarlembaga, yaitu mendorong ekspor (dengan pemangkasan prosedur ekspor), meningkatkan investasi (tingkatkan ease of doing business), meningkatkan pembiayaan (terutama infrastruktur), mendorong pariwisata, serta ekonomi kerakyatan (termasuk ekonomi syariah). "ujar Perry.

Selanjutnya, Gubernur BI menyampaikan bahwa sinergi antara BI dengan pemerintah dan lembaga terkait lainnya telah mampu menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2018, dan diharapkan akan meningkat pada 2019.

"Dengan keadaan global saat ini yang diwarnai penurunan harga komoditas, Indonesia yang masih mengandalkan ekspor komoditas, termasuk di daerah Sulawesi, perlu semakin meningkatkan sinergi antarlembaga."bebernya.

Senada dengan itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menyatakan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa berkoodinasi erat dengan Bank Indonesia, dalam rangka mengendalikan inflasi di Sulawesi Selatan. Gubernur Sulsel juga mengapresiasi Kantor Bank Indonesia Prov. Sulsel, yang telah merangkul seluruh stakeholder daerah dalam mendorong ekonomi Sulawesi Selatan.

Sejarah eksistensi Bank Indonesia di Sulawesi Selatan memang telah panjang, dimulai sejak 1864, dengan berdirinya De Javasche Bank cabang Makassar. Sejalan dengan perkembangan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan, pelayanan dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia pun terus ditingkatkan, termasuk dengan renovasi gedung kantor yang ditempati sejak 1978. Renovasi gedung merupakan bagian bagian dari reformasi Bank Indonesia, untuk meningkatan peran dalam mendorong perekonomian daerah. Mengingat fungsi Kantor Perwakilan BI Prov. Sulawesi Selatan sebagai koordinator Kantor Perwakilan Bank Indonesia di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI), diharapkan efek positif akan dirasakan hingga daerah-daerah lain di KTI.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI melaksanakan penyerahan bantuan kepada beberapa lembaga di area Sulawesi Selatan. Bantuan pertama adalah untuk pengembangan Deesa Wisata Rammang-Rammang, berupa pembangunan toilet dan tempat ibadah, iconic sign, center point, dan akses jalan wisata. Diberikan pula bantuan kepada Pondok Pesantren As'Adiyah, Masjid As’Said Makassar, dan Gabungan Kelompok Tani Sabbarae, masing-masing berupa paket daur ulang sampah, prasarana Masjid, dan prasarana pendukung pertanian.

Seluruh rangkaian kegiatan hari ini merupakan bentuk kontribusi nyata Bank Indonesia bagi perekonomian Indonesia, baik di daerah maupun nasional.

Kemenperin Tinjau Progres Kawasan Industri Teluk Bintuni

Fri, 21 Feb 2020 - Kawasan Industri di Teluk Bintuni dinilai memiliki potensi sumber daya alam untuk industri methanol dan turunannya, serta industri amoniak dan turunannya, yang merupakan sektor-sektor strategis untuk lebih memperkuat struktur dan rantai pasok manufaktur.

Mirza Adityaswara Diangkat Menjadi Dirut LPPI

Mon, 03 Feb 2020 - Mantan Deputi Gubernur BI ini menjabat sebagai Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) periode 2020-2023

BNI Syariah Tandatangani Kerjasama dengan Tiga Developer Properti

Thu, 30 Jan 2020 - Dengan kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan bisnis bersama-sama dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman

BCA Luncurkan Fitur 'BagiBagi' di BCA mobile!

Mon, 27 Jan 2020 - Dalam satu transaksi, fitur Bagi Bagi dapat mengirim hingga ke 99 penerima.

BI Tahan Suku Bunga di Level 5 Persen

Thu, 23 Jan 2020 - Ini merupakan yang keempat kalinya BI memutuskan untuk mempertahankan suk bunganya sejak 24 Oktober 2019 lalu.

Survei Konsumen Desember 2019: Optimisme Konsumen Menguat

Wed, 08 Jan 2020 - Peningkatan optimisme konsumen didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan.



Non Bank

BFI Finance Catat Kenaikan Pendapatan dan Tekan Biaya Kredit

Pada 2019, BFI membukukan piutang pembiayaan Rp4,99 tri

Wapres Resmikan Bank Wakaf Mikro di Lombok

Program BWM merupakan sinergi atau kerja sama antara OJ

Presiden Angkat Lana Soelistianingsih Sebagai Kepala Eksekutif LPS

Lana Soelistianingsih diangkat berdasarkan pada Keputus

Pemerintah Sudah Salurkan Dana BOS Tahap I Langsung ke Rekening Sekolah

Penyaluran langsung ke rekening sekolah tetap ditatausa

Portofolio

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Jelang Tutup Tahun, Kinerja Pasar Modal Positif

IHSG masih mencatatkan pertumbuhan positif meskipun dal

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi