Governance, Risk Management & Compliance

Hartadinata Bagi Dividen Rp32,2 Miliar

Rabu 12 Juni 2019 2:46:0

Untuk tahun buku 2018, perseroan memberikan dividen tunai sebesar Rp32,2 miliar atau Rp7 per saham.

JAKARTA, Stabilitas-- PT Hartadinata Abadi Tbk, produsen dan penyedia perhiasan emas  Indonesia membagikan dividen sebesar Rp32,2 miliar. Jumlah tersebut setara 26 persen dari laba bersih tahun buku 2018.

"Dividen tahun ini Rp7,00/lembar saham. Naik dibanding tahun lalu yang hanya sebesar Rp6,"papar Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk Sandra Sunanto dalam konferensi pers di Jakarta.

Perseroan  juga melaporkan total pendapatan pada 2018 ini tumbuh 10,6persen menjadi Rp2,746 triliun yang didorong oleh kenaikan harga emas selama tahun 2018 dan peningkatan volume penjualan kepada pihak wholeseller sebesar 3persen maupun penjualan dari toko milik sendiri sebesar 2,1persen dari total pendapatan Perseroan.

"Dengan pertumbuhan pendapatan yang dialami selama tahun 2018, perseroan berhasil meningkafkan laba sebelum pajak tahun berjalan mencapai Rp165,8 miliar atau meningkat sebesar 12.6persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp147,2 miliar, sehingga membukukan laba bersih di tahun 2018 menjadi sebesar Rp123,8 miliar,"kata Sandra.

Sandra menambahkan, sepanjang tahun 2018, perseroan sudah memperluas jaringan distribusi sampai ke kota Medan dan Madura serta menambah jaringan distribusi retail di Jakarta dan juga pulau Batam.

"Rencana kedepan, perseroan akan terus memperkuat penetrasi pasar melalui perluasan jaringan retail maupun wholesaler ke seluruh kota-kota di Indonesia."imbuhnya.

Sandra menambahkan, selama tahun 2018, peningkatan penjualan masih didominasi oleh pasar perhiasan kadar rendah untuk segmen kelas menengah bawah yang berkontribusi 60,1persen terhadap total produk yang dipasarkan perseroan. Tingginya kontribusi kelas menengah bawah, membuat perseroan mempertimbangan untuk tetap mempertahankan penetrasi produk dipasar kelas ini.

"Atas pencapaian tersebut, perseroan telah melakukan penetrasi pasar dan product and market development,"kata dia.

Selain itu, perseroan juga memperkuat Divisi Research and Design guna meningkatkan kualitas produk serta menambah cakupan pasar melalui grosir/ritel baru dan toko-toko sendiri bermerk ACC.

Lebih lanjut Sandra menjelaskan, pertumbuhan penjualan perhiasan dipengaruhi dua faktor yaitu faktor ekonomi dan faktor daya beli. Untuk merespon pangsa pasar yang semakin terbuka lebar, perseroan menerapkan strategi memperkuat branding. 

Dana yang didapatkan dari IPO sebesar Rp314,7 miliar sudah terealisasi sepenuhnya untuk modal kerja sebesar Rp130,6 miliar, belanja modal sebesar Rp18,7 miliar, pengembangan e-commerce sebesar Rp6,2 miliar, dan pembayaran pinjaman kredit modal kerja sebesar Rp159,3 mlllar.

Dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang dilaksanakan pagi tadi, memutuskan bahwa penggunaan laba bersih perseroan diperuntukkan untuk dividen tunai kepada para pemegang saham perseroan sebesar Rp32,2 miliar, cicilan dana cadangan sebesar Rp24,7 miliar, dan modal kerja perseroan sebesar Rp66,8 miliar yang dicatat sebagai laba yang ditahan. (Is)

Kencana Energi Siap Lepas 25% Saham ke Publik

Mon, 22 Jul 2019 - Rencananya jumlah saham yang bakal dilepas sebanyak-banyaknya 977.683.300 lembar saham atau setara dengan 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Reksadana Filantropi Pertama di Asia Tenggara Resmi Diluncurkan

Mon, 22 Jul 2019 - Dalam strategi investasinya, reksadana filantropi ini bakal ditempatkan dalam dua jenis portofolio

Waskita Serius Genjot Bisnis di Pasar Internasional

Thu, 04 Jul 2019 - Dengan menyasar konstruksi internasional, Waskita membidik proyek infrastruktur di Manila dan Hotel di Makkah.

Perdana Diperdagangkan, Saham ITIC Melonjak 50 Persen

Thu, 04 Jul 2019 - Lewat IPO kali ini, manajemen ITIC sukses meraup dana segar hingga Rp60,01 miliar yang didapat dari pelepasan 274,06 juta lembar sahamnya, atau setara dengan 29,13 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh di dalam perusahaan.

Omni Belum Siap Bangun Rumah Sakit Syariah

Mon, 01 Jul 2019 - Keputusan strategis itu diambil perusahaan dengan mempertimbangkan cukup besarnya effort yang harus disiapkan jaringan rumah sakit Omni Hospital ini bila harus membangun sebuah rumah sakit baru dengan konsep syariah.



Non Bank

Ekonom DBS Perkirakan BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Ada beberapa faktor yang mendukung BI turunkan bunga ac

Sequis Hadirkan Produk untuk Milenial

M!Protection adalah produk asuransi yang diperuntukkan

Resmi Diluncurkan, LinkAja Kenalkan Jajaran Manajemen dan Pencapaian

Meski baru resmi diluncurkan, LinkAja tercatat telah be

Tanamduit Targetkan Dana Kelolaan Rp 1 Triliun

Total dana kelolaan atau asset under management (AUM) T

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi