Governance, Risk Management & Compliance

HSBC Gandeng British Council agar Lulusan SMK Siap Kerja

Senin 12 Agustus 2019 21:29:0

Program ini dikhususkan kepada lulusan SMK dengan mengembangkan kemampuan lulusan agar siap memasuki dunia kerja.

JAKARTA, Stabilitas-- British Council Indonesia Foundation dan PT Bank HSBC Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyelenggarakan ajang ‘Career Day’ khusus bagi para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DKI Jakarta.

Bertempat di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, acara yang dihadiri sekitar 400 orang lulusan SMK, para guru, serta perusahaan ini merupakan bagian dari ‘Program Work Ready’ yang bertujuan untuk membekali pelajar dan guru SMK dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tuntutan kompetensi sumber daya manusia Indonesia di era industri 4.0.

Program Work Ready yang terdiri atas komponen core skills dan soft skills terlaksana sejak September 2018 dan hingga kini telah melatih 100 guru, 100 pelajar, dan 20 Kepala Sekolah di 10 SMK terpilih di Jakarta. Melalui pelatihan Core Skills, guru dilatih untuk mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 dalam proses belajar-mengajar, seperti berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, kepemimpinan, dan literasi digital. Pelajar SMK dibimbing untuk mengembangkan soft skills melalui pembelajaran berbasis proyek, kompetisi serta dilatih keterampilan praktis untuk kesiapan kerja seperti teknik komunikasi dalam wawancara, menyiapkan CV, serta mencari pekerjaan secara daring (online). Adapun 10 SMK yang terlibat dalam Program Work Ready adalah SMKN 13, 27 36, 20,56, 24, 57, 26, SMK Islam PB Soedirman 2, serta SMK Perguruan Cikini

"Kami percaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional memerlukan kolaborasi. Untuk itu, kami sangat senang dengan program Work Ready yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan HSBC Indonesia dan British Council untuk meningkatkan kapasitas lulusan SMK di Jakarta. Program ini semakin diperlukan karena kompetisi sekarang semakin ketat. Kemampuan komunikasi interpersonal, berpikir kritis dan kecakapan teknologi adalah keharusan untuk anak SMK kita. Saya juga berharap peserta program pelatihan bisa membagikan pengalamannya kepada teman-teman di SMK masing-masing agar semuanya gotong royong untuk siap menghadapi kompetisi dunia kerja", kata Syaiful Hidayat, Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan Jakarta

"Program Work Ready merupakan upaya nyata kami dalam mendukung pemerintah Indonesia meningkatkan pendidikan kejuruan agar mampu menghasilkan generasi muda yang siap kerja dan siap berpartisipasi aktif sebagai warga dunia. Kami bangga kerja sama kami dengan PT Bank HSBC Indonesia dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah membuahkan hasil yang akan berkontribusi bagi masa depan Indonesia," ujar Paul Smith, Direktur British Council Indonesia.

Ajang ‘Career Day – Program Work Ready’ menghadirkan diskusi panel tentang lanskap pekerjaan di era industri 4.0 yang disampaikan oleh tiga pembicara, yaitu Samuel Pandu Amarta, Founder F Project; Rizky Muhammad, CEO Youthmanual; dan Sofy Nito, Community Content Writer Buka Lapak.

Dalam paparannya, Rizky mengungkap hasil penelitian Youthmanual terhadap 400.000 anak muda yang mendapati bahwa 92 persen persen siswa SMA dan SMK sederajat bingung dan tidak tahu akan bekerja di bidang apa ke depannya. Untuk itu, lulusan SMK disarankan untuk mengenali potensi dan minat diri serta jeli melihat peluang pekerjaan baru sebagai dampak kemajuan teknologi digital.

Berbagai perusahaan turut berbagi informasi peluang kerja di acara ini, di antaranya Jobs.id dan Astra Daihatsu Motor. Pada sesi paralel, para siswa SMK berkesempatan belajar langsung dari tiga pakar yakni CEO Ilmuwan Muda Firly Savitri tentang budaya kerja, Konsultan IM Consulting Aulia Fairuz tentang teknik wawancara kerja, dan Kepala Divisi SDM Indosat Oorodeo Kemala Hayati seputar membuat surat lamaran kerja dan mengelola media sosial.

"Setelah mengikuti program "Work Ready", saya memiliki gambaran cukup banyak mengenai dunia kerja, ilmunya langsung saya dapatkan dari orang yang profesional pada bidangnya, sehingga menambah rasa percaya diri saya bahwa siswa SMK juga mampu memiliki potensi yang sesuai bidang kejuruannya. Pelatihannya sangat bermanfaat, khususnya untuk generasi muda yang ingin semakin maju," ujar Rochman Ramadhani, SMKN 26 Jakarta.

Program Work Ready merupakan kelanjutan dari program Pendidikan Global yang diinisiasi oleh British Council Indonesia Foundation sejak 2016 untuk membekali siswa menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). British Council dan HSBC berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pembangunan di Indonesia melalui berbagai program peningkatan kapasitas bagi sekolah kejuruan, pendidikan tinggi, serta wirausaha sosial.



Non Bank

Strategi IKNB Hadapi Tantangan Berat Tahun Depan

Begitu juga dengan asuransi. Unit link diprediksi akan

Aset CNAF Tembus Rp3,3 Triliun pada Sembilan Bulan Pertama 2019

Penyaluran pembiayaan CNAF sebesar Rp2,45 triliun per 3

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

CIMB Niaga dan BPJPH Sinergi Dukung Industri Halal

Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi