Governance, Risk Management & Compliance

Jamkrindo Goes to Campus

Rabu 26 September 2018 8:59:0

Perum Jamkrindo memberikan kuliah umum kepada mahasiswa mengenai tantangan industri 4.0, serta peluang dan kecakapan yang dibutuhkan para mahasiwa ketika akan terjun langsung ke dunia kerja.

Belum banyak masyarakat, terutama masyarakat kampus yang tahu bagaimana peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pembangunan negeri. Untuk itulah, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai peran BUMN dalam pembangunan ekonomi. Di sisi lain juga memperkenalkan BUMN serta produk dan layanan BUMN yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pada hari Selasa, 25 September 2018 lalu misalnya, Jamkrindo menyambangi mahasiswa vokasi Universitas Indonesia (UI) di kampus UI Depok. Melalui kuliah umum bertajuk "Peranan Industri Penjaminan dalam Tantangan Industri 4.0", Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo, Sulis Usdoko membekali pengetahuan para mahasiswa vokasi UI agar siap menghadapi era digitalisasi.

Sulis menyatakan, kegiatan literasi seperti yang dilakukan Jamkrindo ini sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda agar selalu siap bertransformasi. Dalam kuliah umum tersebut, Sulis memaparkan materi mengenai tantangan industri 4.0, termasuk di dalamnya mencakup gambaran peluang dan kecakapan apa saja yang dibutuhkan oleh para mahasiwa ketika akan terjun langsung ke dunia kerja.

Menurutnya, revolusi industri 4.0 adalah revolusi tanpa batas yang menyebar ke seluruh dunia dengan kecepatan luarbiasa, sehingga pemimpin yang dibutuhkan adalah SDM yang mampu menunjukan kompentesi diri dan peka terhadap kebutuhan perusahaan. "Kepemimpinan yang dibutuhkan ke depan adalah leadership 4.0 dengan menunjukkan kompentensi diri. Yang terbaik tidak pernah istirahat,"tegasnya.

Dia juga menyabut, sektor keuangan sebagai salah satu sektor yang paling diminati lantaran menawarkan gaji lebih tinggi dari industri lain.

Di tempat yang sama, Sekretaris Perusahaan Perum Jamkrindo Abdul Bari juga memberikan materi seputar industri penjaminan.

"Kegiatan Goes to Campus juga merupakan bagian dari program "BUMN Hadir untuk Negeri" untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai peran BUMN dalam pembangunan ekonomi. Di sisi lain juga memperkenalkan BUMN serta produk dan layanan BUMN yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Sulis Usdoko.

Setelah kuliah umum, dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama tentang program studi kerja industri dan magang antara Program Pendidikan Vokasi UI dengan Perum Jamkrindo. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko dengan Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Adminitrasi Umum Program Pendidikan Vokasi UI Antony Sihombing di Auditorium Vokasi UI, Depok.

"Penerimaan mahasiswa program magang merupakan bagian dari peran serta serta tanggung jawab Perum Jamkrindo dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi (UMKMK) di dalam negeri," ujar dia.

Perum Jamkrindo berharap para mahasiswa mendapatkan bekal mengenai dunia kerja yang sesungguhnya ketika mengikuti program magang bersertifikat. Dengan magang di perusahaan BUMN diharapkan kualitas SDM meningkat. Ketika memasuki dunia kerja, mahasiswa magang bisa menjadi tenaga kerja yang unggul dan berdaya saing.

"Saat ini Perum Jamkrindo telah menerima 70 peserta program magang bersertifikat," papar Sulis.



Non Bank

Industri Halal Indonesia Masih Tertinggal

Dalam mengembangkan Industri halal, tentunya tidak terl

Amartha Konsisten Gandeng UMKM Perempuan

PT Amartha Mikro Fintek terus berkomitmen menyalurkan p

Kuartal III, Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Melambat 15%

Industri asuransi jiwa pada kuartal ketiga 2018 mencata

AXA Mandiri Berikan Penghargaan bagi Bengkel Rekanan Terbaik

Program STAR WORKSHOP AWARD memberikan penghargaan kepa

Portofolio

2019, Pasar modal syariah akan lebih baik dari 2018

Perbaikan itu bukan disebabkan oleh pasar modal syariah

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik b

Penyelesaian Transaksi Bursa Dua Hari (T+2) Berjalan Lancar

Percepatan transaksi bursa T+2, memiliki tujuan untuk m

Dorong Milenial Investasi, SGE Gelar Festival

Berdasarkan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia, gen

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi