Governance, Risk Management & Compliance

Jamkrindo Raih BUMN Performance Excellence Award 2017

Selasa 7 Nopember 2017 18:40:0

Perum Jamkrindo meraih penghargaan BUMN Performance Excellence Award 2017 atas kinerja BUMN dalam menetapkan sistem pengelolaan dan pengendalian kinerja BUMN berbasis kinerja unggul.


Jakarta, Stabilitas - Perum Jamkrindo meraih penghargaan BUMN Performance Excellence Award 2017 atas kinerja BUMN dalam menetapkan sistem pengelolaan dan pengendalian kinerja BUMN berbasis kinerja unggul.Penghargaan ini, merupakan penghargaan yang menilai pencapaian kinerja bisnis perusahaan, yang berbasis pada Performance Excellence System untuk mencapai core value di BUMN, yaitu Integrity, Strong National Leadership dan Global Mindset, untuk menuju perusahaan kelas dunia.

Penghargaan yang diberikan Kementerian BUMN melalui Forum Ekselen BUMN ini diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina Kementerian BUMN Wahyu Hidayat kepada Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan - Alia Nur Fitri di  Jakarta, Senin (6/11). Penganugerahan ini atas penilaian kinerja BUMN berbasis Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU)  dalam rangka meningkatkan daya saing Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menuju persaingan global.

Ditempat terpisah, Plt. Direktur Utama Perum Jamkrindo I. Rusdonobanu mengatakan, Perum Jamkrindo berkomitmen meningkatkan kinerja dalam pengelolaan perusahaan untuk memberi manfaat yang besar kepada stakeholder dan masyarakat luas khususnya untuk memberikan pelayanan penjaminan kepada UMKMK. "Kami bersyukur Perum Jamkrindo saat ini, sudah masuk ke jajaran top 33 BUMN yang memiliki kriteria Good Performance, namun award ini tidak membuat kami puas, tetapi justru menjadi motivasi untuk berkinerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bagi UMKMK, ” kata I. Rusdonobanu.

Dalam meningkatkan daya saing BUMN menuju persaingan global, Kementerian BUMN terus melakukan pembenahan dengan menerapkan sistem pengelolaan dan pengendalian kinerja BUMN berbasis kinerja unggul. Sistem yang dikenal dengan nama Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) tersebut telah diterapkan oleh 109 BUMN, di antaranya PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) yang pada periode penilaian 2016 memperoleh kenaikan peringkat menjadi perusahaan dengan predikat Good Performance. Perum Jamkrindo  masuk dalam 33  BUMN yang memiliki kinerja yang baik (Good Performance).

KPKU merupakan referensi dalam pengelolaan BUMN menuju pencapaian kinerja unggul, di samping juga sebagai alat melakukan self assessment dan pemberian feedback kepada masing-masing perusahaan milik Negara. Dalam penilaiannya fokus kepada tujuh kriteria yaitu Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus pada Pelanggan, Pengukuran, Analisis dan Manajemen Pengetahuan, Fokus pada Tenaga Kerja, Fokus pada Operasi dan Kriteria Hasil dengan total nilai yang bisa dicapai yaitu 1000.

Berdiri sejak 1 Juli 1970, saat ini Perum Jamkrindo semakin tumbuh dan berkembang menjadi lokomotif industri penjaminan di Indonesia. Melalui 9 kantor wilayah, 56 kantor cabang, dan 16 kantor unit pelayanan (KUP), Perum Jamkrindo menunjukkan komitmen yang kuat untuk membantu UMKM dan Koperasi (UMKMK) di seluruh pelosok Indonesia untuk melakukan penjaminan atas risiko kegagalan finansial para pengusaha UMKMK. Beberapa produk penjaminan kredit Perum Jamkrindo antara lain Penjaminan Surety Bond, Penjaminan Bank Garansi, Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit Multiguna, Penjaminan KPR Bersubsidi (FLPP), Penjaminan KPR Non Subsidi, Penjaminan Kredit kendaraan Bermotor, Penjaminan Kredit Kelautan dan Perikanan, dan Penjaminan Kredit Produktif.

Selain terus mengembangkan produk penjaminan atas kredit yang disalurkan melalui Surety Bond dan Payment Bond Perum Jamkrindo menjadi satu-satunya Perusahaan Penjaminan Nasional yang ditunjuk untuk menjamin KUR yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM serta Koperasi, juga sebagai Lembaga Penjaminan Sistem Resi Gudang.



Non Bank

Layanan Internet Bisa Dinikmati di Seluruh RI

APJII menjalin kerjasama dengan operator yang memungkin

Perum Jamkindo Berikan Pendampingan Unit Usaha  Pondok Pesantren

Pelatihan diselenggarakan di Ponpes Al Mizan, Pandeglan

CIMB Niaga Persembahkan Film ‘Banda The Dark Forgotten Trail’

Film ini menuturkan ulang kisah sejarah Kepulauan Banda

Aset Jamkrindo Syariah Tumbuh 135 Persen

Aset JamSyar tumbuh 123 persen bila dibandingkan dengan

Portofolio

Tradisi ‘Bendera Putih’ BEI

Lagi-lagi PT Bursa Efek Indonesia merevisi targetnya. K

Siap Go Private, Saham LAMI Dibuyback Pendirinya

BEI telah mengkonfirmasi bahwa sedikitnya dua emiten te

CIMB dan China Galaxy Jajaki Kerjasama Stockbroking

Dalam usaha patungan tersebut, kedua perusahaan yang te

AAEI Ajak Masyarakat Berinvestasi Saham

AAEI mengajak masyarakat agar tak ragu lagi untuk berin

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi