Governance, Risk Management & Compliance

Jamkrindo Targetkan Volume Penjaminan 231,5 Triliun

Senin 2 Desember 2019 9:9:0

Selain mengakselarasi percepatan peningkatan kapabilitas dan kualitas UMKM nasional Perum Jamkrindo juga berusaha menciptakan ekosistem bagi UMKM.

BOGOR, Stabilitas - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) menargetkan volume penjaminan sebesar Rp231,5 triliun di tahun 2020. Volume tersebut terdiri dari penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp95 triliun dan non-KUR Rp136,5 triliun.

Direktur Keuangan Perum Jamkrindo I. Rusdonobanu mengatakan berbagai hal akan mendorong pencapaian target tersebut, mulai dari kenaikan plafon penyaluran KUR menjadi Rp190 triliun pada 2020, masih masifnya pembangunan infrastruktur dan peluang adanya  sinergi BUMN. "Kami optimis bisa mencapai target, ujarnya di sela-sela acara Media Gathering.

Dari segi laba, ia mengatakan Perum Jamkrindo optimis bisa meraih Laba sebesar Rp751 miliar. Bisnis Jamkrindo, menurut dia akan lebih banyak dikontribusi dari produk Non-KUR. "Sebanyak 30 persen KUR dan sisanya Non KUR," ungkap dia. 

Sementara itu, Direktur MSDM Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menambahkan sebagai Perusahaan yang berfokus kepada UMKM Perum jamkrindo senantiasa mendukung kemajuan UMKM melalui peningkatan aksesibilitas finansial UMKMK melalui penyediaan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif dan efisien secara berkelanjutan.

Selain itu guna mengakselarasi percepatan peningkatan kapabilitas dan kualitas UMKM nasional Perum Jamkrindo juga berusaha menciptakan ekosistem bagi UMKM. Terbaru, Perum Jamkrindo menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang peningkatan perekonomian masyarakat berbasis kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Melalui serangkaian kegiatan yang dimulai dari peningkatan kesadaran masyarakat mengenai perlunya menangani sampah plastik, perekonomian masyarakat di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bisa meningkat. Sebagai daerah yang memiliki potensi ekonomi pariwisata, Perum Jamkrindo menyadari bahwa permasalahan sampah di kawasan sekitar Ciletuh memiliki urgensi untuk dibenahi, agar wisatawan bisa datang. "Awalnya kami masuk dengan kampanye bebas sampah, namun pada ujungnya kami akan melakukan pemberdayaan bagi UMKM dan masyarakat di Ciletuh. " ujarnya. 

Dalam acara  media gathering dengan para awak media, Perum Jamkrindo juga mengadakan acara rehabilitasi hutan  di kawasan hulu sungai Ciliwung dengan melakukan penanaman 500 pohon di Desa Tugu Utara Puncak. 

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Perhutani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Lestari. Simbolis penyerahan pohon dilakukan oleh Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko dan juga Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko I. Rusdonobanu

Dedi Kusnadi, Ketua  Lembaga masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Lestari mengukapkan apresiasinya terhadap kepedulian Perum Jamkrindo. Penanaman pohon tidak saja berfungsi untuk penghijauan namun juga untuk menyerap air, menahan erosi dan bermanfaat untuk mencegah banjir. "Kami berterima kasih atas kepedulian Perum Jamkrindo," ujarnya.

Temui Wapres, Bukalapak Bicarakan Sinergi Untuk Ekonomi Syariah

Mon, 02 Dec 2019 - Dalam pertemuan ini, Wakil Presiden KH Maruf Amin meminta Bukalapak mengembangkan produk syariah.

Jamkrindo Gelar Festival UMKM 2019

Fri, 29 Nov 2019 - Festival UMKM ini dilaksanakan sekaligus untuk menguatkan peran dan fungsi Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN di bidang penjaminan UMKM

Jamkrindo Dukung GoGreen Kawasan GeoPark Ciletuh

Thu, 28 Nov 2019 - Perum Jamkrindo memang menjalankan bisnis utama penjaminan. Namun, Perum Jamkrindo juga ingin memberi kontribusi langsung kepada masyarakat.

BNI Syariah Gelar Akad Massal Pembiayaan Mikro ke 100 Petani di Dompu

Wed, 27 Nov 2019 - Pembiayaan mikro ke petani jagung bertujuan memperkenalkan program investasi usaha tani BNI Syariah melalui sistem bagi hasil yang adil dan menguntungkan

Perum Jamkrindo Akan Selenggarakan UMKM Appreciation Awards

Tue, 26 Nov 2019 - Kegiatan Jamkrindo UMKM Appreciation Awards dan Gelaran Festival UMKM 2019 diharapkan dapat meningkatkan semangat pengembangan UMKM dan meningkatkan awareness masyarakat, terutama UMKM terhadap peran Jamkrindo.



Non Bank

Dukung Safety Riding, Sequis Life Perkenalkan Asuransi Super Safe Protection

Banyak hal tak terduga yang dapat terjadi saat kita ber

Strategi IKNB Hadapi Tantangan Berat Tahun Depan

Begitu juga dengan asuransi. Unit link diprediksi akan

Aset CNAF Tembus Rp3,3 Triliun pada Sembilan Bulan Pertama 2019

Penyaluran pembiayaan CNAF sebesar Rp2,45 triliun per 3

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi