Governance, Risk Management & Compliance

Kemendag Perpanjang Pendaftaran GDI 2020

Jumat 27 Maret 2020 17:12:0

GDI merupakan ajang penganugerahan berskala nasional bagi desainer dan pelaku usaha Indonesia yang berhasil menciptakan desain kreatif, inovatif, dan memiliki nilai komersial di pasar global.

JAKARTA, Stabilitas-- Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Ditjen PEN Kemendag) memperpanjang pendaftaran Good Design Indonesia (GDI) ke-4 sampai 10 April 2020. Pendaftaran yang dapat dilakukan melalui situs http://iddc.kemendag.go.id/gdi/ ini sudah dibuka sejak 2 Januari 2020. Perpanjangan pendaftaran GDI dilakukan sebagai antisipasi penyebaran yang lebih luas pada COVID-19 di Indonesia.

"Ditjen PEN Kemendag memperpanjang masa pendaftaran GDI sampai 10 April 2020. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Indonesia serta sejalan dengan arahan Presiden Jokowi dan WHO agar masyarakat tinggal di rumah. Bila ada keperluan penting untuk keluar rumah harus menjaga physical distancing. Dengan adanya perpanjangan waktu ini, para pelaku usaha dan desainer diharapkan dapat memaksimalkan potensinya untuk tetap berpartisipasi di ajang bergengsi ini," ujar Direktur Pengembangan Produk Ekspor Ari Satria.

Menurut Ari, sejumlah program kerja yang telah direncanakan akan terus dilanjutkan melalui komunikasi dan koordinasi secara daring. Hal ini menyikapi kebijakan pemerintah untuk kerja dari rumah hingga 2 April 2020. "Ditjen PEN tentu mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh panitia dan peserta GDI," imbuh Ari.

Selanjutnya penjurian GDI tahap I, lanjut Ari, juga akan ditunda menjadi 15–16 April 2020. Sebelumnya, penjurian tahap I dijadwalkan pada 7–8 April 2020.

"Jika hingga tanggal yang ditentukan situasi belum kembali kondusif, maka penjurian akan tetap dilaksanakan dengan sistem penjurian secara digital seperti tahun lalu. Pada penjurian sistem digital tersebut, para juri dapat memberikan penilaian produk, kemudian nilai tersebut akan diterima panitia GDI secara langsung melalui laman admin GDI," jelas Ari.

GDI merupakan ajang penganugerahan berskala nasional bagi desainer dan pelaku usaha Indonesia yang berhasil menciptakan desain kreatif, inovatif, dan memiliki nilai komersial di pasar global. Selain itu, GDI juga terkoneksi langsung dengan ajang desain terbesar dan tertua di dunia, yaitu Good Design Award (GDA/G-Mark).

Implementasi penjurian GDI di Jakarta merupakan seleksi awal menuju tahap seleksi kedua (second screening) GDA di Tokyo, Jepang. Setiap tahun, Kemendag memfasilitasi para pemenang berpredikat "GDI of the Year and GDI Best" untuk mengikuti kompetisi dan pameran tahunan GDA di Jepang.

"Dengan adanya koneksitas antara GDI dan GDA, Kemendag tidak dapat menunda proses penjurian terlalu jauh. Dua tahapan penjurian GDI harus selesai pada akhir bulan Juni agar produkproduk pemenang GDI dapat dikirim ke Tokyo sebelum seleksi kedua G-Mark," pungkas Ari.

Selain masa pendaftaran dan penjurian tahap pertama, beberapa kegiatan lain yang juga merupakan tahapan kegiatan GDI ini mengalami penyesuaian diantaranya penjurian tahap ke-2 yang semula 9–11 Juni 2020 menjadi 16–18 Juni 2020. Selain itu, pameran produk-produk pemenang GDI di Alun Alun Grand Indonesia juga diundurkan yang semula akan dilakukan pada 19 Juni–9 Juli 2020 menjadi 23 Juni–9 Juli 2020. Sedangkan acara untuk penganugerahan GDI tetap akan diselenggarakan pada 24 Juni 2020.

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Mon, 01 Jun 2020 - Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebijakan Restrukturisasi Pinjaman/Pembiayaan LKM.

Minat Investor Berinvestasi di tanamduit Tumbuh Signifikan di Tengah Pandemi Covid-19

Mon, 01 Jun 2020 - tanamduit menargetkan dana kelolaan reksa dana hingga akhir 2020 senilai Rp500 miliar atau melonjak lebih dari 160% dibandingkan realisasi akhir 2019 meski di dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kemendag Dorong Penyediaan Fasilitas Pembiayaan Ekspor Produk Organik

Sun, 31 May 2020 - UMKM diharapkan memasok produk yang tidak tersedia karena pembatasan dari negara lain

Bank Sumsel Babel Salurkan Bantuan Paket Sembako

Fri, 29 May 2020 - Hal ini merupakan aksi nyata Emergency Response terhadap penyebaran wabah COVID-19.

OJK: Bulan Mei Stabilitas Jasa Keuangan Tetap Terjaga Di Tengah Pandemi Corona

Fri, 29 May 2020 - OJK telah mengeluarkan sejumlah kebijakan stimulus lanjutan yang telah disampaikan OJK pada hari Rabu (27/5) lalu.

Kemenperin Sesuaikan Kebijakan Sektor Industri

Thu, 28 May 2020 - Kenormalan baru dalam industri manufaktur dapat berpengaruh pada aspek produktivitas hingga daya saing.



Non Bank

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebi

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi