Governance, Risk Management & Compliance

Kepala Daerah Diharapkan Tingkatkan Potensi Koperasi dan UKM

Jumat 28 Desember 2018 15:9:0

Kementerian Koperasi menyatakan perlunya sinergi antara lembaga terkait demi meningkatan potensi di daerah masing-masing.

JAKARTA, Stabilitas-- Kementerian Koperasi dan UKM meminta kepala daerah dapat memaksimalkan potensi koperasi dan UKM yang ada di daerahnya. Koperasi dan UKM dengan jumlah pelaku usahanya yang sangat besar adalah pendukung PDB nasional. 

"Bupati harus dapat menggerakkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang terkait dengan UMKM dan koperasi agar dapat meningkatkan daya saingnya.," kata Luhur Pradjarto, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, dalam acara pemberian penghargaan Top 25 Indonesia Future Leader 2018  baru-baru ini. Sebanyak 25 bupati terpilih sebagai penerima penghargaan. 

Luhur menambahkan, untuk mencapai itu semua dibutuhkan sinergi antar pemangku kepentingan secara maksimal sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh pelaku usaha maupun masyarakat dalam bentuk pembangunan-pembangunan di daerah.

Dalam pemberian penghargaan tersebut Luhur mengatakan para kepala daerah harus mampu menyikapi perkembangan industri dan teknologi yang sangat pesat.

"Perkembangan ini merupakan peluang untuk berinovasi dan berkreasi dalam rangka mengolah potensi sumberdaya alam, termasuk menggerakkan para pemangku kepentingan yang ada di wilayah tersebut,"ujarnya.

Dia menegaskan penghargaan jangan hanya sebagai simbol keberhasilan saat ini saja, tetapi bagaimana implementasi selanjutnya yang tentunya dengan berbagai karya yang lebih inovatif dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi.

Sementara itu, Valeri Melanov, wakil Asia Global sekaligus mewakili Asia Global dan Seven Media selaku penyelenggara Top 25 Indonesia Future Leader, menyampaikan bahwa penghargaan yang mengambil tema Kepemimpinan, diberikan kepada para pemimpin-pemimpin daerah (Bupati/Walikota), pemimpin perusahaan, pelaku pendidikan, Badan Usaha Milik Daerah dan profesional yang ada di Indonesia. 

"Adapun kriteria-kriteria dalam penilaian antara lain mencakup, kualitas, kinerja, layanan, dan memiliki tanggungjawab sosial yang tinggi,"kata Valeri.

Valeri mengemukakan zaman sudah berubah, oleh karena itu, pemimpin dituntut untuk banyak belajar hal-hal yang baru, termasuk teknologi informasi. Ada tiga hal yang perlu dipelajari untuk semua pemimpin (leader), yaitu harus beradaptasi, mempunyai digital mindset dan kolaborasi. 

Salurkan 200M ke UMKM, Mandiri Gandeng BukaLapak

Mon, 28 Jan 2019 - Bank Mandiri menggandeng PT BukaLapak.com dalam kerja sama menyalurkan kredit bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tahun 2018, Mandiri telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp 78,23 triliun kepada pelaku UMKM di Indonesia.

Kemenkop: Enterpreneur Jangan Mudah Menyerah

Mon, 14 Jan 2019 - Kementerian Koperasi dan UKM meminta para wirausahawan agar tidak mudah menyerah saat menghadapi kegagalan. Agar sukses, mereka perlu memiliki jiwa visioner dan teliti.

Kerjasama Indonesia-India Perkuat Eksistensi UMKM

Mon, 14 Jan 2019 - Jalin kerja sama pemerintah India, Kementerian Koperasi dan UKM harapkan bisa mendorong UKM 'unjuk gigi' di era revolusi industri 4.0.

Pengembangan UMKM Butuh Ekosistem yang Kondusif

Tue, 18 Dec 2018 - Meskipun mampu berkontribusi sebanyak 60% terhadap PDB, UMKM Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan, antara lain permodalan dan akses pembiayaan, lemahnya kapasitas SDM, serta keterbatasan jangkauan pasar.

Kominfo Buka Peluang Produk UMKM Masuk Alibaba

Tue, 09 Oct 2018 - "Kita akan bekerja sama dengan Alibaba, untuk memasarkan produk ekspor dari Indonesia ke China. Kita akan manfaatkan momen Single Days pada tanggal 11/11..."



Non Bank

IdEA Akan Gelar Pasar E-Commerce 2019

Menyadari potensi besar industri e-commerce di Indonesi

Penetrasi Pasar Jadi Tantangan E-commerce menjadi Unicorn

Asosiasi E-commerce Indonesia menilai penetrasi pasar b

Chubb Life Tunjuk Budi Tatawidjaja Sebagai Direktur Kepatuhan

PT Chubb General Insurance mengangkat Budi Tatawidjaja

Riset HSBC: Baru 30 Persen Orang Indonesia Sadar Investasi

Penelitian HSBC menunjukkan masih banyak orang Indonesi

Portofolio

Hadirkan Produk Derivatif GOFX, Pasar ICDX Semakin Liquid

GOFX adalah kelompok produk derivatif komoditi, terdiri

Pemanfaatan data Dispendukcapil, KSEI: Pembuatan Rekening Lebih Mudah

kerjasama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investa

2019, Pasar modal syariah akan lebih baik dari 2018

Perbaikan itu bukan disebabkan oleh pasar modal syariah

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik b

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi