Governance, Risk Management & Compliance

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Jumat 29 Mei 2020 12:50:0

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finance pada kuartal 1 mencapai Rp 950 miliar naik 52,5% dari Rp 623 miliar.

JAKARTA, Stabilitas –PT CIMB Niaga Auto Finance per 31 Maret 2020 telah menyalurkan pembiayaan atau kredit sebesar Rp 950 miliar, tumbuh 52,5 persen dari Rp 623 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman mengatakan, kinerja penyaluran pembiayaan CIMB Niaga Finance kuartal I 2020 belum terdampak pandemi corona.

"Sejalan dengan perbaikan pertumbuhan kredit yang dicapai sesuai target di kuartal pertama, rasio pembiayaan bermasalah juga membaik. Hal ini tercermin pada rasio kredit bermasalah atau non performing financing (NPF) di bawah rata-rata industri yaitu sebesar 0,95 persen,"ujarnya.

CNAF jugamelaporkan perolehan aset sebesar Rp4,3 triliun pada periode yang berakhir pada 31 Maret 2020, naik sebesar 64 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp2,6 triliun.

Selain aset, pada kuartal I-2020, laba sebelum pajak atau profit before tax (PBT) CIMB Niaga Finance meningkat menjadi Rp91,9 miliar per 31 Maret 2020, naik 33 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp69,2 miliar.

Sejalan dengan peningkatan pada laba, return on equity (ROE) menjadi 21,75 persen pada akhir Maret 2020, dari posisi 18,81 persen di periode yang sama 2019. Pada saat yang sama, return on assets (ROA) menjadi 11,14 persen pada akhir Maret 2020, dari posisi 12,88 persen di periode yang sama 2019.

Adapun kinerja pada kuartal I, Ristiawan mengatakan selain fokus pada pengembangan bisnis yang kompetitif seperti mengembangkan budaya kerja yang berbasis integritas, Perseroan juga aktif melakukan langkah-langkah strategis serta inovatif, antara lain memperkuat aliansi dengan induk usaha PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), melakukan transformasi dengan pengembangan pada seluruh aspek bisnis guna mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan, penerapan tata kelola perusahaan yang baik, serta memanfaatkan layanan digital.

Sebagai implementasi dari transformasi tersebut, CIMB Niaga Finance telah meluncurkan aplikasi CNAF Mobile. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan calon debitur dalam mengajukan pembiayaan melalui smartphone. Didukung teknologi terbaru, CNAF Mobile dapat memberikan persetujuan pembiayaan secara instan dalam waktu 1 menit kepada calon debitur cukup dengan menggunakan KTP dan NPWP. Ristiawan menuturkan, di tengah pandemi COVID-19 ini, aplikasi digital bisa menjadi solusi bagi calon debitur untuk tetap produktif walaupun berada di rumah.

Menurut Ristiawan, digitalisasi dan automasi bisnis juga dapat diterapkan untuk menghadapi kondisi kenormalan baru atau new normal, sehingga physical distancing tetap bisa dilakukan. 

"Untuk setiap karyawan juga sebagai cara guna menekan biaya operasional," ujarnya. Dia memprediksi realisasi kredit di era new normal akan lebih baik dari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Alasannya, showroom maupun dealer akan kembali buka, dan roda perekonomian kembali berputar.

"Walaupun tantangan untuk bisa kembali ke era sebelum pandemi jadi pekerjaan rumah yang cukup menantang buat industri," kata dia.

BNI Syariah Wajibkan Transaksi Kartu Kredit Pakai PIN

Tue, 07 Jul 2020 - Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan mayoritas pemegang kartu kredit syariah Hasanah Card telah menggunakan PIN untuk keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

BNI Syariah Gandeng UIN Mataram Dalam Layanan Virtual Account

Fri, 03 Jul 2020 - Potensi kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini cukup besar salah satunya terkait dengan potensi pembayaran SPP/UKT Mahasiswa baik sarjana maupun pasca sarjana sebesar Rp 35 miliar.

OJK Minta Masyarakat Tenang & Tidak Lakukan Rush Bank Bukopin

Tue, 30 Jun 2020 - OJK mengharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan penarikan di luar batas kewajaran karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kondisi bank.

Produk Digital Bank DKI Paling Populer di Kalangan Milenial Jakarta

Mon, 29 Jun 2020 - JakOne Mobile Bank DKI hadir sebagai solusi perbankan digital untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal dan mobile mulai dari bayar bermacam tagihan dan belanja online.

Great Eastern Life Indonesia dan Bank Muamalat Hadirkan Asuransi Great Hasanah Pembiayaan

Sat, 27 Jun 2020 - Diharapkan melalui kerjasama strategis yang dilakukan antara Great Eastern Life Indonesia dan Bank Muamalat dapat mendorong penetrasi asuransi jiwa syariah di Indonesia.

Maybank Indonesia Undi Program "Co-Branding Maybank Finance"

Wed, 24 Jun 2020 - Prosesi pengundian dilakukan sesuai kriteria new normal dimana pengundian dihadiri secara terbatas dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19.



Non Bank

Menkeu Tetapkan Aturan Penjaminan untuk UMKM dalam Rangka PEN

Selain penjaminan, melalui PMK ini pemerintah juga memb

Menkeu Tetapkan Aturan Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Mitra

Sri Mulyani menetapkan empat bank mitra untuk penempata

AAJI: Pembayaran Klaim Meningkat di Tengah Pandemi Corona

Pembayaran Total Klaim dan Manfaat naik sebesar 4,1%, y

Pengamat Sebut Investasi di Indonesia Masih Menarik

Kondisi fundamental yang baik membuat investor asing ke

Portofolio

Selidiki Kasus Jiwasraya, Internal BPK Dinilai 'Terbelah'

Yang menarik, langkah pelaporan yang ditempuh oleh Agun

Tawarkan SBN, PermataBank: Manfaatkan Potensi Reksadana dan ORI 017

Data riset Bank Permata soal kepemilikan asing pasar ob

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi