Governance, Risk Management & Compliance

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan IV Terkendali

Selasa 29 Januari 2019 12:56:0

Pantauan KKSK terhadap perkembangan perekonomian, moneter, fiskal, pasar keuangan, lembaga jasa keuangan dan penjaminan simpanan haslnya normal dan berjalan baik

JAKARTA, Stabilitas-- Berdasarkan hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang dilakukan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), disimpulkan bahwa Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) Triwulan IV 2018 berada dalam kondisi normal.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, keputusan tersebut didapat berdasarkan hasil pemantauan lembaga anggota KSSK seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Hal ini merupakan pantauan dari KSSK terhadap perkembangan perekonomian, moneter, fiskal, pasar keuangan, lembaga jasa keuangan dan penjaminan simpanan dan hasilnya sistem keuangan normal dan berjalan baik," kata Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Selasa (29/1/2019).

Selain beberapa hal yang sudah disampaikan di atas, Sri Mulyani menambahkan, KSSK juga turut mempertimbangkan beberapa potensi risiko baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

"Kami (KSSK) mencermati pelemahan pertumbuhan ekonomi global, dampak perang dagang AS dan Tiongkok, potensi berlanjutnya trade balance dan current account dan segmentasi likuiditas."ujarnya.

Dengan adanya hasil tersebut, Sri Mulyani mengatakan jika lembaga yang berada di dalam. KSSK akan senantiasa bersinergi demi menjaga stabilitas sistem keuangan yang terjaga.

Sementara itu dari bidang moneter, Perry Warjiyo mengatakan BI mengoptimalkan bauran kebijakan untuk pengendalian inflasi dan stabilitas nilai tukar serta memperkuat koordinasi dengan Pemerintah untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan.

Sementara itu di sektor jasa keuangan, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, kinerja intermediasi keuangan masih mencatatkan perkembangan positif serta pihaknya senantiasa berupaya memperkuat kebijakan dan pengawasan di sektor keuangan.

"Dapat dilihat dari pertumbuhan kredit 11,7 persen, kinerja intermediasi perusahaan pembiayaan tumbuh 5,17 persen." kata Wimboh.

Sedangkan di bidang penjaminan nasabah perbankan, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkesinambungan terhadap tren perkembangan suku bunga simpanan perbankan yang masih menunjukkan tren meningkat.

"Mengantisipasi perkembangan perekonomian tahun 2019. KSSK akan terus memperkuat sinergi dan koordinasi antaranggota KSSK."pungkas Sri Mulyani.

Bank Indonesia Sambut Rencana Kerangka Kerja Kebijakan Terintegrasi IMF

Tue, 16 Apr 2019 - bagi negara berkembang seperti Indonesia, upaya mendorong pertumbuhan ekonomi sangat penting untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, antara lain dengan membangun infrastruktur di berbagai daerah.

Kesetaraan Gender Dorong Produktivitas dan Pertumbuhan Bisnis

Mon, 15 Apr 2019 - Kendatipun masih menjadi tantangan, kesetaraan gender dalam dunia bisnis sebenarnya mampu menimbulkan beberapa dampak positif. Hal ini dikatakan Presiden IBCWE dalam acara CEO Talks di Jakarta.

Kementerian Keuangan Gandeng Dua Lembaga Perkuat Pencapaian Sustainable Development Goals

Tue, 09 Apr 2019 - Kementeran keuangan berkolaborasi dengan PT SMI dan Bloomberg Philanthropies dalam rangka memperkuat pencapaian sustainable development goals. Sri Mulyani menyambut baik kerja sama ini serta berharap dapat membawa perubahan menuju kemajuan di Indonesia.

BI Ubah 3 Mekanisme Lelang Operasi Pasar Terbuka

Tue, 09 Apr 2019 - Bank Indonesia menyempurnakan ketentuan operasi pasar terbuka dengan mengubah 3 mekanisme. Salah satunya adalah dengan mengubah pengajuan penawaran lelang.

Sudah Jalin Kerja Sama, BI Rencanakan Sistem Pembayaran QR Code di Thailand, Malaysia dan Singapura

Tue, 09 Apr 2019 - BI menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung serta mempermudah transaksi pembayaran. Tak hanya itu saja, kerja sama ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas sistem pembayaran..

BI: Optimisme Konsumen Tetap Terjaga

Fri, 05 Apr 2019 - Bank Indonesia juga memperkirakan, tekanan harga 6 bulan mendatang akan menurun didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi rumah tangga dan lancarnya distribusi barang



Non Bank

Amartha Salurkan Rp970M Dana Khusus Perempuan

Amartha, penyalur pinjaman khusus perempuan pelaku UMKM

Allianz Indonesia Ikuti Perkembangan Fintech Tingkatkan Penetrasi Asuransi

Dengan mempertimbangkan pesatnya perkembangan fintech,

Ini Peluang dan Tantangan Industri Asuransi Jiwa di 2019

Sebagai kontributor utama industri asuransi, tingkat pe

AIA Catat Pertumbuhan Dua Digit di 2018

AIA berhasil meningkatkan laba operasi setelah pajak me

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi