Governance, Risk Management & Compliance

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan IV Terkendali

Selasa 29 Januari 2019 12:56:0

Pantauan KKSK terhadap perkembangan perekonomian, moneter, fiskal, pasar keuangan, lembaga jasa keuangan dan penjaminan simpanan haslnya normal dan berjalan baik

JAKARTA, Stabilitas-- Berdasarkan hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang dilakukan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), disimpulkan bahwa Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) Triwulan IV 2018 berada dalam kondisi normal.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, keputusan tersebut didapat berdasarkan hasil pemantauan lembaga anggota KSSK seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Hal ini merupakan pantauan dari KSSK terhadap perkembangan perekonomian, moneter, fiskal, pasar keuangan, lembaga jasa keuangan dan penjaminan simpanan dan hasilnya sistem keuangan normal dan berjalan baik," kata Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Selasa (29/1/2019).

Selain beberapa hal yang sudah disampaikan di atas, Sri Mulyani menambahkan, KSSK juga turut mempertimbangkan beberapa potensi risiko baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

"Kami (KSSK) mencermati pelemahan pertumbuhan ekonomi global, dampak perang dagang AS dan Tiongkok, potensi berlanjutnya trade balance dan current account dan segmentasi likuiditas."ujarnya.

Dengan adanya hasil tersebut, Sri Mulyani mengatakan jika lembaga yang berada di dalam. KSSK akan senantiasa bersinergi demi menjaga stabilitas sistem keuangan yang terjaga.

Sementara itu dari bidang moneter, Perry Warjiyo mengatakan BI mengoptimalkan bauran kebijakan untuk pengendalian inflasi dan stabilitas nilai tukar serta memperkuat koordinasi dengan Pemerintah untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan.

Sementara itu di sektor jasa keuangan, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, kinerja intermediasi keuangan masih mencatatkan perkembangan positif serta pihaknya senantiasa berupaya memperkuat kebijakan dan pengawasan di sektor keuangan.

"Dapat dilihat dari pertumbuhan kredit 11,7 persen, kinerja intermediasi perusahaan pembiayaan tumbuh 5,17 persen." kata Wimboh.

Sedangkan di bidang penjaminan nasabah perbankan, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkesinambungan terhadap tren perkembangan suku bunga simpanan perbankan yang masih menunjukkan tren meningkat.

"Mengantisipasi perkembangan perekonomian tahun 2019. KSSK akan terus memperkuat sinergi dan koordinasi antaranggota KSSK."pungkas Sri Mulyani.

Temui Blogger dan Milenials, BI Sosialisasikan Pentingnya Kebijakan Makroprudensial

Wed, 26 Jun 2019 - Menyadari pentingnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai kebijakan makroprudensial, Bank Indonesia mengadakan sosialisasi mengenaik kestabilan sistem ekonomi kepada Blogger dan milenial.

DJP, DJBC dan DJA Kolaborasi Optimalkan Kesadaran Bayar Pajak

Tue, 25 Jun 2019 - Kolaborasi ini memunculkan beberapa program untuk mengoptimalkan penerimaan negara melalui pajak salah satunya dengan Joint Analisis.

BI Turunkan Biaya Transfer Kliring

Tue, 25 Jun 2019 - Tak hanya menurunkan biaya transfer kliring, BI juga mengubah periode penyelesaian transaksi yang semula hanya 5 kali menjadi 9 kali dalam sehari.

Salurkan KUR Pangan, BNI Gandeng UNS dan Bulog

Fri, 21 Jun 2019 - Melalui kerja sama ini BNI berharap dapat meningkatkan produktivitas petani serta mendukung program pemerintah untuk pemerataan pendapatan serta pengentasan kemiskinan.

LPS Likuidasi BPR Legian

Fri, 21 Jun 2019 - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan melakukan proses likuidasi klaim nasabah

Kemenkeu Laporkan Defisit APBN Meningkat

Fri, 21 Jun 2019 - Defisit APBN tersebut lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Saat itu, realisasi APBN sampai dengan Mei 2018 mencatatkan defisit Rp94,4 triliun atau setara 0,64 persen terhadap PDB.



Non Bank

Tanamduit Targetkan Dana Kelolaan Rp 1 Triliun

Total dana kelolaan atau asset under management (AUM) T

DJP, DJBC dan DJA Kolaborasi Optimalkan Kesadaran Bayar Pajak

Kolaborasi ini memunculkan beberapa program untuk mengo

Sri Mulyani Lantik Pejabat Eselon II dan Eselon III Kementerian Keuangan

Menkeu juga mengingatkan kepada para pejabat di Kemenke

Kantongi Izin BI, Cashlez Siap Lebarkan Sayap

Setelah sebulan mengajukan izin beroperasi 2 tahun yang

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi