Governance, Risk Management & Compliance

Laba Bersih Konsolidas CIMB Niaga Tumbuh 11,8 Persen

Jumat 16 Agustus 2019 23:56:0

Total pembiayaan Unit Usaha Syariah CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) mencapai Rp27,96 triliun.

JAKARTA, Stabilitas-- PT Bank CIMB Niaga Tbk melaporkan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp1,98 triliun pada semester pertama tahun 2019 atau naik sebesar 11,8 persen year-on-year (yoy), menghasilkan earnings per share Rp79,27.

ertumbuhan laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan bunga bersih atau Net Interest Income (NII) yang naik sebesar 5,5 persen menjadi Rp6,32 triliun, serta penurunan pada biaya pencadangan sebesar 2,0 persen Yoy. Rasio Loan Loss Coverage (LLC)CIMB Niaga berada di level yang aman sebesar 101,2 persen.

"Kinerja keuangan CIMB Niaga pada semester I 2019 terus mengalami kemajuan. Pendapatan operasional yang naik sebesar 5,7 persen Yoy, terutama dikontribusikan oleh pendapatan bunga bersih yang tumbuh sebesar 5,5 persen, didukung oleh penguatan dari Net Interest Margin (NIM) pada semester I 2019 menjadi 5,41 persen dibandingkan 5,09 persen pada semester I 2018.Dalam situasi perekonomian dan pasar yang masih menantang, kami berhasil menurunkan biaya pencadangan sebesar 2,0 persen Yoy sehingga mampu meningkatkan laba bersih sebesar 11,8 persen yoy menjadi Rp1,98 triliun,"ujar Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan.

Dengan total aset mencapai Rp271,86 triliun per 30 Juni 2019 meningkat sebesar 4,5 persen yoy, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Jumlah kredit yang disalurkan tumbuh 2,6 persen Yoy menjadi Rp190,5 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh pertumbuhan pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kartu Kredit, dan Kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masing-masing sebesar 13,5 persen, 10,0 persen, dan 4,1 persen Yoy. Sementara, kredit Korporasi tumbuh sebesar 2,1 persen Yoy. "Kami akan terus mengedepankan prinsip kehati-hatian terkait pertumbuhan kredit sejalan dengan kondisi perekonomian saat ini dengan tetap memperhatikan kualitas aset sebagai prioritas utama," Tigor menambahkan.

Total penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp197,85 triliun dengan rasio CASA sebesar 53,9 persen. Adapun Tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 2,3 persen Yoy.

Di segmen perbankan Syariah, total pembiayaan Unit Usaha Syariah CIMB mencapai Rp27,96 triliun dengan DPK sebesar Rp27,17 triliun per 30 Juni 2019.

"CIMB Niaga Syariah terus meningkatkan kontribusinya dalam memajukan industri Syariah di Indonesia, salah satunya melalui penyediaan produk dan layanan pembayaran wakaf uang dan wakaf melalui uang secara digital. Layanan yang dapat diakses melalui QR (Quick Respond – Scan) pada aplikasi Go Mobile, internet banking CIMB Clicks dan aplikasi e-Salaam ini, memudahkan dan mempercepat nasabah yang ingin menunaikan sedekah berupa wakaf uang atau wakaf melalui uang," ungkap Tigor.

Capital Adequacy Ratio (CAR) CIMB Niaga tercatat sebesar 20,59 persen per 30 Juni 2019, meningkat 199 bps Yoy. CIMB Niaga menjadi bank pertama yang naik kelas ke Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 4, yang merupakan kategori bank tertinggi dari sisi modal inti (Tier-1) berdasarkan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Ke depan, CIMB Niaga akan terus fokus memperbesar bisnis Consumer dan UKM, meningkatkan CASA serta memperkuat proposisi bisnis Syariah dan penawaran produk Syariah,"pungkas Tigor.

CIMB Niaga Ajak Nasabah Wujudkan #JadiNyata2019

Thu, 12 Sep 2019 - Kompetisi ini terbuka bagi seluruh nasabah dan calon nasabah yang berusia minimal 17 tahun di seluruh Indonesia.

Peringati Harpelnas, CIMB Niaga Serap Inspirasi dari Nasabah

Wed, 04 Sep 2019 - Penawaran menarik juga diberikan kepada nasabah yang melakukan transaksi melalui Go Mobile yaitu mendapatkan bonus Rp25 ribu yang dikreditkan ke Rekening Ponsel nasabah.

CIMB Niaga Raih Penghargaan dari The Asian Banker

Tue, 03 Sep 2019 - Penghargaan tersebut yaitu 'Best Mobile Initiative, Application and Programme' untuk Go Mobile dan 'Best Productivity, Efficiency and Automation Initiative, Application or Programme' untuk Speech Analytics dan Robotic Automation pada Contact Center CIMB

Kinerja Bagus, CIMB Niaga Raih Dua Penghargaan

Thu, 01 Aug 2019 - Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi perbankan domestik di Asia yang memiliki kegiatan usaha di bidang pembiayaan investasi dan korporasi.

CIMB Niaga Bidik Nasabah Elit

Thu, 18 Jul 2019 - CIMB menawarkan Smart Package untuk mengajak nasabah berinvestasi dengan mudah.

CIMB Niaga Mulai Ujicoba QRIS

Wed, 26 Jun 2019 - Uji coba ini telah mulai dilakukan di beberapa merchant di Bandara Changi Singapura dengan memanfaatkan aplikasi Go Mobile milik CIMB niaga serta bekerja sama dengan Liquid Grup.


Non Bank

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa QII 2019 Tumbuh 31,9%

Di kuartal Kedua 2019, total Pendapatan Premi memang me

AAJI Gali Potensi Pasar Asuransi Jiwa di Segmen Milenial

AAJI kembali menyelenggarakan DRIM AAJI 2019 pada 25-27

Dukung Inklusi Keuangan, Cigna Bermitra dengan Lifepal

PT Asuransi Cigna meresmikan kerja sama dengan Lifepal,

Perluas Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Baru di Palembang

Pembukaan kantor lantaran didukung oleh potensi dan tin

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi