Governance, Risk Management & Compliance

Layanan Bank Harus Lebih Human-Centered

Kamis 16 Juli 2020 16:53:0

Sekarang ini human centered design selalu dikaitkan dalam program pengembangan di berbagai industri, termasuk perbankan

JAKARTA, Stabilitas - Tujuan bisnis pada akhirnya adalah untuk kemaslahatan umat manusia. Meskipun ada banyak sumber daya lain dan ragam perangkat lain, pada umumnya tetap bersentuhan dengan manusia, baik sebagai pengguna maupun desainer. Itu berarti proses bisnis, sistem, aplikasi, produk dan layanan mempertimbangkan psikologi, fisiologi, sosiologi dan ilmu lainnya.

Revolusi industri 4.0 telah menciptakan banyak kemajuan bagi umat manusia, tetapi apakah telah mencapai atau mengarah kepada tujuan-tujuan tersebut di atas? Mengabaikan tujuan-tujuan tersebut, hanya fokus bisnis semata dapat "memperdalam frustasi sosial". (WEFORUM, 2017).

Oleh karena itu, organisasi (pemerintah/korporasi/nir laba) perlu membangun pendekatan baru agar kemajuan teknologi menempatkan manusia dan standar hidupnya menjadi pusat kebijakan ekonomi/bisnis. Di era merebaknya produk dan layanan digital di berbagai sektor ekonomi, bagaimana organisasi meningkatkan kompetensi modal manusia (human capital) untuk menjadi human-centered organization?

Berangkat dari hal tersebut, hari ini Majalah Stabiltas dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menggelar virtual seminar bertema "Human-Centered Digitalization & Services" Menghadirkan pembicara Taswin  Zakaria, President Director Maybank Indonesia dan Danton Sihombing, Founder & CEO Inkara Brand Consulting.

Dalam paparannya, Taswin Zakaria mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) di era human centered design banyak dibicarakandi berbagai industri, termasuk perbankan. "Sekarang ini human centered design selalu dikaitkan dalam program pengembangan di berbagai industri, termasuk perbankan," papar Taswin dalam virtual seminar LPPI itu. Human centered design dilakukan untuk perbaikan-perbaikan di infrastruktur teknologi informasi yang nantinya berguna bagi konsumen atau market mereka.

Taswin mengungkapkan, istilah human centered dalam layanan perbankan yang terlihat keren itu, bukanlah "barang baru". Perbankan sudah lama mengenalnya dengan istilah consumer centris atau consumer focus, yang menjadi panduan bagi industri, khususnya perbankan dalam program development. Hanya saja, human-centered dulu belum sarat dengan pemanfaatan teknologi seperti sekarang ini yang beraktifitas berdasar data. "Mungkin juga dulu consumer focus tidak terlalu canggih dan seksi karena technology computing masih terbatas, data belum diolah dengan baik dan masih tersebar di berbagai organisasi," terangnya.

Untuk pengolahan data tersebut, kemampuan (capability) dan kompetensi SDM karena tidak semua data tidak semua bisa dipakai, ada juga dan yang bersifat "sampah".  "Nah, untuk memanfaatkan data yang baik dan benar itu diperlukan kompetensi SDM, yang mengerti behavior konsumen dan menganalisanya. Inilah yang kami kembangkan di Maybank, yang kami sebut Digital Ready" lanjut dia.

Dalam kesempatan yang sama Danton Sihombing, seorang konsultan brand dan desain produk  mengungkapkan, istilah human centered design lebih tepat disebut dengan design thinking.

Menurutnya, dalam desain ada suatu metodologi, orang mendesain dari siapa untuk siapa, dari manusia untuk manusia.  Memang benar esensinya dari manusia untuk manusia. Wilayah human-nya besar," kata Danton.

Yang menarik dalam mendesain, sambung Danton, wilayah pertama adalah berempati. Empati kepada siapa?  Tentu desain yang berpusat kepada manusia.

Danton mencontohkan kepada pengembang properti yang menjual kavling pemakaman bernama San Diego Hills. Saat itu, orang Indonesia belum terbiasa dengan behavior membeli lahan makam lebih dahulu padahal dia belum meninggal. "Pengembang makam itu mengubah pola pikir masyarakat kita. Dan value creation-nya susah direplika oleh pelaku bisnis serupa," paparnya

Kemenperin Dampingi Aparatur Industri Daerah Hadapi Kenormalan Baru

Wed, 10 Jun 2020 - Salah satu langkah yang dilakukan melalui penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) bagi aparatur industri di seluruh daerah kabupaten dan kota se-Indonesia secara virtual.

Dongkrak Kompetensi, BPSDMI Gelar Bimtek di Seluruh Daerah

Sat, 23 May 2020 - Kegiatan bimtek bagi aparatur industri seluruh daerah di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pembina industri daerah.

OJK Lantik 15 Pejabat Pimpinan Satuan Kerja

Fri, 17 Jan 2020 - Pelantikan dan mutasi ini merupakan bagian dari langkah penguatan peran dan fungsi OJK agar dapat menjawab tuntutan stakeholders dan masyarakat akan peran OJK yang semakin besar.

Maybank Indonesia Laksanakan Program Literasi Keuangan

Thu, 14 Nov 2019 - Maybank Foundation dan PT Bank Maybank Indonesia Tbk laksanakan program literasi keuangan Cashville Kidz yang dilaksanakan di Jubilee School Jakarta Utara melibatkan 108 siswa.

Maybank Laksanakan Program Training Pengembangan Produk Tenun

Thu, 14 Nov 2019 - Program Training Pengembangan Produk Tenun ini dilaksanakan di empat wilayah Indonesia yang terkenal akan produk kerajinan tenunnya.



Non Bank

Menkeu Tetapkan Aturan Penjaminan untuk UMKM dalam Rangka PEN

Selain penjaminan, melalui PMK ini pemerintah juga memb

Menkeu Tetapkan Aturan Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Mitra

Sri Mulyani menetapkan empat bank mitra untuk penempata

AAJI: Pembayaran Klaim Meningkat di Tengah Pandemi Corona

Pembayaran Total Klaim dan Manfaat naik sebesar 4,1%, y

Pengamat Sebut Investasi di Indonesia Masih Menarik

Kondisi fundamental yang baik membuat investor asing ke

Portofolio

Selidiki Kasus Jiwasraya, Internal BPK Dinilai 'Terbelah'

Yang menarik, langkah pelaporan yang ditempuh oleh Agun

Tawarkan SBN, PermataBank: Manfaatkan Potensi Reksadana dan ORI 017

Data riset Bank Permata soal kepemilikan asing pasar ob

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi