Governance, Risk Management & Compliance

Literasi Milenial, Dirut Pegadaian Berikan Kuliah Umum dan Beasiswa di Universitas Brawijaya

Kamis 20 September 2018 13:43:0

"Literasi produk keuangan dari pegadaian kepada mahasiswa menjadi prioritas untuk menyiapkan generasi muda yang selalu siap bertransformasi terhadap perubahan khususnya kemajuan teknologi digital di industri keuangan..."

MALANG, Stabilitas – PT Pegadaian (Persero) terus melakukan literasi kepada kalangan generasi muda dengan melakukan program The Gade Goes to Campus di Universitas Brawijaya, Malang pada Rabu (19/9) sekaligus memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dalam upaya peningkatan kualitas generasi masa depan.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso kembali tampil sebagai narasumber menyampaikan materi dengan tema Transformasi Perusahaan di Era Digital. "Literasi produk keuangan dari pegadaian kepada mahasiswa menjadi prioritas untuk menyiapkan generasi muda yang selalu siap bertransformasi terhadap perubahan khususnya kemajuan teknologi digital di industri keuangan," papar Sunarso.

Melalui kegiatan literasi ini Sunarso menyampaikan bahwa usia Pegadaian saat ini telah melewati 117 tahun, tetapi terus melakukan transformasi agar produk dan pelayanan Pegadaian semakin mudah diakses oleh masyarakat khususnya generasi muda. "Di usia 117 ini pegadaian semakin muda(h). Saat ini, Pegadaian juga merupakan tempat yang membanggakan untuk bekerja."

Saat ini, tambah Sunarso, Pegadaian terus melakukan transformasi digital dalam proses bisnisnya. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital yang dapat diunduh melalui Playstore maupun Appstore dan memperluas jangkauan dan konsep The Gade Coffee & Gold. "The Gade Coffee & Gold merupakan bentuk branding pegadaian."

Lebih lanjut Sunarso mengatakan bahwa dengan aplikasi digital dan konsep The Gade Coffee & Gold ini generasi milenial dapat memperoleh informasi tentang produk dan layanan Pegadaian. Mereka juga dapat melakukan transaksi secara online, bahkan dapat mengembangkan bisnis dengan menjadi Agen Pegadaian.

"Jadi mahasiwa selain melaksanakan tugas utama menuntut ilmu, juga dapat merintis bisnis dengan menjadi mitra Pegadaian sebagai agen. Sebagai bukti komitmen memberikan solusi pada kalangan milenial, Pegadaian juga meluncurkan produk Gadai Prima di outlet konvensional dan Rahn Hasan di outlet syariah. Produk ini merupakan produk gadai tanpa bunga yang dapat membantu kalangan mahasiswa ketika menghadapi masa-masa darurat keuangan".

Lebih lanjut Sunarso mengatakan bahwa saat ini masih ada sebagian masyarakat yang masih malu-malu datang di outlet Pegadaian. Untuk itu Pegadaian membangun The Gade Coffee and Gold yang berdampingan dengan cabang Pegadaian sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi mulai pukul 10.00 s.d. 22.00 malam.

"Kami menargetkan pada tahun 2018 nasabah Pegadaian naik 2,5 juta orang. Jika tahun 2017 kami melayani sebanyak 9,5 juta maka tahun 2018 meningkat menjadi 11,5 juta orang".

Kegiatan Pegadaian Goes to Campus merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri untuk memberikan edukasi kepada siswa maupun mahasiswa mengenai peran BUMN dalam pembangunan ekonomi. Di sisi lain juga memperkenalkan BUMN serta produk dan layanan BUMN yang bermanfaat bagi masyarakat.

Resmikan The Gade Creative Lounge

Pada kesempatan The Gade Goes To Campus kali ini, Pegadaian juga meresmikan The Gade Creative Lounge yang bisa digunakan sebagai tempat generasi muda berkumpul sekaligus menuangkan kreativitas dan berkarya. "Kami sengaja membuat The Gade Creative Lounge ini dengan konsep mini co-working space. Dimana mahasiswa bisa berkolaborasi utk menciptakan sebuah inovasi bisnis maupun inovasi sosial lainnya," ungkap Sunarso.

Konsep lounge ini, tambah Sunarso, sengaja dibuat santai dan nyaman layaknya kantor startup yang sangat berorientasi pada output produktif. Oleh karena itu, The Gade Creative Lounge di support IT yg baik dan LCD untuk penggunanya menyampaikan presentasi ide-ide yang tidak hanya kreatif, tetapi juga inovatif.

Selain menyampaikan kuliah umum dan meresmikan The Gade Creative Lounge, Direktur Utama Pegadaian juga memberikan beasiswa senilai Rp6.2juta rupiah untuk 20 siswa-siswa berprestasi di Universitas Brawijaya. Total beasiswa yang diberikan senilai Rp124 juta.

Pegadaian Setor Dividen Rp1,387 Triliun

Fri, 24 May 2019 - Pegadaian menyetor laba sebagai penerimaan negara sebesar 50 persen atau Rp1,387 triliun dari total raihan laba bersih pada tahun 2018.

Pegadaian Gandeng Grab, Kini Pengemudi Bisa Akses Pinjaman & Tabungan Emas

Tue, 21 May 2019 - Program ini bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yakni Mitra Grab, serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna dan Tabungan Emas Pegadaian.

Sinergi BUMN: Ada Tiket Garuda di The Gade Cafe

Mon, 20 May 2019 - Melalui kerja sama ini, Pegadaian akan membantu penjualan tiket Garuda. Sedangkan Garuda akan membantu memasarkan produk Pegadaian

Pegadaian Dorong Anak Muda Lebih Kreatif melalui Kopi

Thu, 02 May 2019 - Melalui kelas Barista ini Pegadaian mendorong anak muda untuk menjadi pengusaha kopi salah satunya dengan membuka kedai kopi.

Pegadaian Berikan Bantuan ke Tiga Pesantren di Jakarta

Tue, 23 Apr 2019 - Melalui bantuan ini, masing-masing pesantren menerima bantuan sejumlah Rp50 Juta dan Rp25 Juta sebagai bentuk kepedulian Pegadaian terhadap sesama.

Gold for Work Pegadaian Pecahkan Rekor MURI

Fri, 05 Apr 2019 - Kegiatan Gold for Work Pegadaian merupakan bagian dari program pemerintah untuk mengubah sampah menjadi tabungan emas. Menurut DIrut pegadaian, selain mendapat rekening emas, masyarakat juga turut serta menjaga lingkungannya.



Non Bank

Kantongi Izin BI, Cashlez Siap Lebarkan Sayap

Setelah sebulan mengajukan izin beroperasi 2 tahun yang

ASM Bagikan Asuransi Mikro dan Celengan Impian Untuk Masyarakat Sentani

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) menyelenggarakan kegiatan L

Amartha Fintek Resmi Kantongi Izin Usaha OJK

Amartha menjadi salah satu dari lima perusahaan fintech

Buana Finance Optimistis Bisnis Pembiayaan Bakal Membaik

PT Buana Finance Tbk meyakini bahwa bisnis pembiayaan k

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi