Governance, Risk Management & Compliance

LPPI: Kualitas SDM Perbankan Harus Ditingkatkan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Selasa 11 Desember 2018 20:4:0

OJK memiliki rencana tindak lanjut terkait mempersiapkan SDM perbankan dalam menyongsong industri revolusi 4.0 antara lain, melakukan penyempurnaan kebijakan terkait kewajiban sertifikasi di perbankan dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM.

JAKARTA, Stabilitas -- Dalam rangka memperingati HUT yang ke 60, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menyelenggarakan seminar Nasional dengan tema "Banking Employee Engangement in Industry Revolution 4.0", Senin (10/12/2018) di Pullman Hotel, Jakarta.

Tampil sebagaia pembicara antara lain Deputi Komisioner OJK Teguh Supangkat, Country Head of Human Resource Standar Chartered Suryanto Waluyo, Direktur Human Capital Bank Mandiri Suryantoro Waluyo dan Direktur General Electic (GE) Rudy Affandy.

Direktur Utama LPPI, Hartadi A. Sarwono saat membuka seminar mengatakan bahwa seminar ini sebagai bentuk dari komitmen LPPI utuk selalu berperan aktif mendukung Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mewujudkan industri perbankan dan jasa keuangan yang sehat dan berkualitas di era industri revolusi 4.0.

"LPPI sebagai center of leadership and ethics berusaha untuk selalu berjalan beriringan dengan langkah dan kebijakan pemerintah,"ungkap Hartadi.

Sementara itu, Teguh Supangkat dalam sambutannya mengatakan, OJK memiliki peran dan kebijakan mengenai penyelenggaraan layanan perbankan serta telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan SDM perbankan.

"Untuk meningkatkan kualitas SDM, OJK telah melakukan kaji ulang dan penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di sub sektor perbankan,"kata Teguh.

Selain itu, lanjut Teguh,  OJK memiliki rencana tindak lanjut terkait mempersiapkan SDM perbankan dalam menyongsong industri revolusi 4.0 antara lain, melakukan penyempurnaan kebijakan terkait kewajiban sertifikasi di perbankan dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM, mendorong perbankan untuk mempersiapkan pengembangan kompetensi karyawan agar lebih IT-based.

"Selain itu kita juga mengembangkan  Sistem Informasi Data Base SDM perbankan antara lain untuk pemetaan kompetensi SDM dan penyusunan kebijakan yang tepat,"tutup Teguh.

LPPI Buka SESPIBANK Angkatan 72

Mon, 17 Feb 2020 - SESPIBANK merupakan salah satu program yang mengarahkan pesertanya untuk ikut terlibat dalam proses penciptaan nilai bagi banknya masing-masing dengan tujuan untuk mengembangkan solusi terhadap masalah sekarang dan masa depan.

Mirza Adityaswara Diangkat Menjadi Dirut LPPI

Mon, 03 Feb 2020 - Mantan Deputi Gubernur BI ini menjabat sebagai Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) periode 2020-2023

BPD Bali Menuju Bank Berkelanjutan

Wed, 27 Nov 2019 - Krisna Wijaya, Direktur LPPI menyerahkan secara simbolis dokumen Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) kepada I Wayan Sutela Negara, Direktur Kepatuhan yang didampingi Made Lestara Widiarmika, Direktur Kredit Bank BPD Bali.

LPPI Buka Pincab Angkatan 192

Wed, 10 Jul 2019 - Salah satu program unggulan LPPI yang saat ini sudah memasuki angkatan 192, terbagi dalam lima tahapan kegiatan.

Mulya Siregar Diangkat Sebagai Direktur LPPI

Mon, 08 Jul 2019 - Sebelum bergabung dengan LPPI, Mulya Siregar menjabat sebagai Deputi Komisioner Pengawas Perbankan 1 OJK

Rachmat Saleh, Mantan Gubernur BI, Wafat di Usia 87 Tahun

Mon, 12 Feb 2018 - Almarhum Rachmat Saleh dikenal jujur, tegas dan berdisiplin tinggi. Almarhum menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, dari tahun 1973 hingga 1983, dan menjadi Menteri Perdagangan, dari tahun 1983-1988.



Non Bank

Menkeu Tetapkan Aturan Penjaminan untuk UMKM dalam Rangka PEN

Selain penjaminan, melalui PMK ini pemerintah juga memb

Menkeu Tetapkan Aturan Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Mitra

Sri Mulyani menetapkan empat bank mitra untuk penempata

AAJI: Pembayaran Klaim Meningkat di Tengah Pandemi Corona

Pembayaran Total Klaim dan Manfaat naik sebesar 4,1%, y

Pengamat Sebut Investasi di Indonesia Masih Menarik

Kondisi fundamental yang baik membuat investor asing ke

Portofolio

Selidiki Kasus Jiwasraya, Internal BPK Dinilai 'Terbelah'

Yang menarik, langkah pelaporan yang ditempuh oleh Agun

Tawarkan SBN, PermataBank: Manfaatkan Potensi Reksadana dan ORI 017

Data riset Bank Permata soal kepemilikan asing pasar ob

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi