Governance, Risk Management & Compliance

Mendag Pastikan Persediaan dan Harga Gula Stabil

Senin 11 Mei 2020 13:18:0

Operasi pasar juga dilakukan dengan menggerojok puluhan ribu ton gula ke pasar rakyat di Jawa dan Sumatera.

BANDUNG, Stabilitas -- Upaya stabilisasi harga barang kebutuhan pokok membuahkan hasil positif. Harga gula yang sempat membubung tinggi kini berangsur turun dan stabil sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500/kg, begitu pula di Jawa Barat.

Penegasan ini disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Bandung, Jawa Barat. Agus melakukan pengecekan langsung gudang Bulog Divisi Regional Jawa Barat dalam rangkaian kepedulian Kemendag pada pedagang di pasar rakyat dan gudang SRG di Jawa Barat dengan menyerahkan bantuan sarana kesehatan senilai Rp5,4 miliar dan alat kesehatan kepada Pemprov Jabar.

"Hari-hari ini harga gula sudah turun menjadi Rp14.000/kg dan saya menjamin sebelum Lebaran nanti harganya akan stabil di tingkat Rp12.500/kg. Di ritel modern di seluruh Indonesia, harga gula sudah sangat stabil sesuai HET. Saya dan tim monitoring Kemendag akan terus memonitor pergerakan harga gula ini,"kata Mendag Agus.

Harga gula memang sempat melonjak hingga Rp17.800/kg di Jawa Barat. Sejumlah langkah terobosan telah dilakukan Kementerian Perdagangan untuk mengembalikan harga ke posisi normal sesuai HET. Selain memangkas jalur distribusi yang terpotret cukup panjang, juga menambah stok dari impor dan menugaskan BUMN dan swasta untuk mengolah gula mentah menjadi gula kristal putih. Kemendag juga menggandeng Satgas Pangan untuk mengawasi seluruh gudang logistik agar tidak terjadi penimbunan dan spekulasi.

Harga bawang putih juga turun secara signifikan. Awalnya harga bawang putih sempat menembus angka Rp60.000/kg, kini harga bawang putih sudah mencapai Rp15.000/kg. Begitu pula dengan bawang bombai yang kini harganya turun cukup drastis. Masyarakat tidak sulit mencari bawang putih dan bombai di pasar.

Salah satu upaya terobosan yang dilakukan Kemendag adalah melakukan relaksasi ijin impor hortikultura dengan menerbitkan Permendag No 27/2020 tentang Perubahan Atas Permendag No 44/2019 Tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura yang berlaku 18 Maret sampai 31 Mei 2020.

Kemendag membebaskan Perizinan Impor (PI) bawang putih dan bombai dan Laporan Surveyor (LS). Dengan relaksasi regulasi ini, stok bawang putih dan bombai kini cukup melimpah di pasar sehingga harga cenderung stabil rendah.

Dalam peninjauan di Gudang Bulog Divisi Regional Jawa Barat, Mendag Agus melihat secara langsung komoditi gula, beras, tepung terigu dan minyak goreng dalam kondisi sangat cukup. Dengan kondisi stok tersebut, Mendag Agus Suparmanto menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok dengan harga stabil dan semakin terjangkau oleh masyarakat. Stok beras tercatat 5,8 ribu ton, minyak goreng 250 ton, gula 551 ton, dan tepung terigu 24 ton.

"Kondisi stok kebutuhan pokok sangat cukup di Jawa Barat sehingga harga-harga dapat semakin terjangkau oleh masyarakat. Apalagi mendekati Lebaran 1441 H ini, stabilitas harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat menjadi prioritas kami sehingga jangan sampai terjadi inflasi," ujarnya.

Dalam kondisi penerapan PSBB di seluruh kabupaten dan kota di Jabar, Mendag berpesan kepada warga Jawa Barat agar mematuhi aturan pemerintah dalam melaksanakan PSBB dengan melakukan aktivitas dari rumah saja dan berbelanja secukupnya karena pemerintah menjamin ketersedian barang pokok dengan harga yang terjangkau.

"Belanja secara daring juga sekarang bisa difasilitasi oleh aplikasi yang menjadi mitra asosiasi pedagang pasar. Jadi belanja juga semakin mudah dilakukan di rumah," ujarnya.

Jamkrindo Jamin Kredit Modal Kerja UMKM

Tue, 07 Jul 2020 - Program ini dijalankan pemerintah sebagai stimulus untuk menggerakkan perekonomian yang terdampak pandemi covid-19.

Indonesia Naik Peringkat Menjadi Upper Middle Income Country

Fri, 03 Jul 2020 - Kenaikan ini akan memperkuat kepercayaan serta persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia.

Mendag Serahkan Donasi Kemendag Peduli di DIY

Fri, 03 Jul 2020 - Kementerian Perdagangan gencar mendorong pasar rakyat beroperasi kembali dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Kemenperin Buka Jalan Pelaku IKM Ikut Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Tue, 30 Jun 2020 - 15 satker Kemenperin prioritaskan belanja barang kepada IKM

Realisasi Stimulus Fiskal dan Pemulihan Ekonomi Nasional Meningkat

Tue, 30 Jun 2020 - Proses administrasi dan verifikasi yang rigid menjadi kendala implementasi stimulus.

Menkeu Tetapkan Aturan Penjaminan untuk UMKM dalam Rangka PEN

Tue, 30 Jun 2020 - Selain penjaminan, melalui PMK ini pemerintah juga memberikan pinjaman atas modal kerja baru atau tambahan pinjaman modal kerja dalam rangka restrukturisasi.



Non Bank

Menkeu Tetapkan Aturan Penjaminan untuk UMKM dalam Rangka PEN

Selain penjaminan, melalui PMK ini pemerintah juga memb

Menkeu Tetapkan Aturan Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Mitra

Sri Mulyani menetapkan empat bank mitra untuk penempata

AAJI: Pembayaran Klaim Meningkat di Tengah Pandemi Corona

Pembayaran Total Klaim dan Manfaat naik sebesar 4,1%, y

Pengamat Sebut Investasi di Indonesia Masih Menarik

Kondisi fundamental yang baik membuat investor asing ke

Portofolio

Selidiki Kasus Jiwasraya, Internal BPK Dinilai 'Terbelah'

Yang menarik, langkah pelaporan yang ditempuh oleh Agun

Tawarkan SBN, PermataBank: Manfaatkan Potensi Reksadana dan ORI 017

Data riset Bank Permata soal kepemilikan asing pasar ob

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi