Governance, Risk Management & Compliance

Menkeu: Kepedulian Lingkungan Tanggung Jawab Bersama

Jumat 11 Oktober 2019 1:32:0

Kegiatan bersih-bersih Pantai Tanjung Pasir Tangerang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Oeang ke-73 pada tahun ini.

TANGERANG, Stabilitas-- Dalam rangkaian Hari Oeang ke-73, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama mahasiswa, anggota Jakarta Anglers Community (JAC), dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Tangerang, melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Tanjung Pasir di Tangerang.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu), kegiatan ini selaras dengan isu yang saat ini menjadi tantangan nyata bagi kesinambungan pembangunan dan perekonomian Indonesia, yaitu sampah.

"Indonesia sebagai suatu negara besar, penduduk besar dan bahkan di pulau Jawa adalah salah satu yang terpadat, maka isu lingkungan dan kebersihannya akan terus-menerus menjadi suatu isu yang tidak akan hilang tanpa kita semua ikut peduli dan berpartisipasi,"terang Sri Mulyani seusai kegiatan bersih pantai di Tangerang, Jumat (11/10/2019).

Lebih lanjut Menkeu juga menyampaikan makna dari kegiatan Kemenkeu Bersih Pantai, "Dalam rangka kita memperingati hari Oeang, kita tidak hanya berpikir mengenai uang, tapi kalau lingkungan rusak dan lingkungan kotor itu sama sekali tidak memberikan kualitas hidup, jadi di dalam rangka untuk terus meningkatkan kesadaran kita bahwa alam ini, bumi ini dan lingkungan dimana kita hidup adalah tanggung jawab kita semua untuk ikut memelihara dan membersihkannya".

Dalam KTT Asean ke-34 di Bangkok, 20-23 Juni 2019 yang lalu, Presiden RI juga turut menekankan pentingnya untuk Indonesia untuk menangani permasalahan sampah. Pengelolaan sampah banyak mendapat dukungan baik melalui Kementerian/Lembaga, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahkan termasuk di dalamnya adalah kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, karena banyak sampah yang bisa di recycle dan untuk kemudian dijadikan energi.

Menkeu juga menegaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga untuk bisa memberikan dukungan kepada daerah di dalam mengelola sampah dan juga terus membahasnya dengan DPR dan berharap DPR akan bisa segera menyetujui agar bisa menggunakan instrumen Cukai di dalam mengurangi penggunaan plastik.

Menkeu juga menambahkan instrumen cukai dalam penggunaan plastik menjadi salah satu objek penting.

"Kami menggunakan dari sisi policy instrumen APBN fiskal dari mulai cukai penerimaan, atau pajak, sampai kepada belanja dan transfer ke daerah itu kita coba lakukan dengan sungguh-sungguh, bahkan kita juga menggunakan instrumen pembiayaan untuk bisa mendukung agar Indonesia makin lama makin menyadari bahwa kita harus peduli dan memelihara alam kita sendiri", tutup Menkeu.

Moody's Pertahankan Peringkat Utang Indonesia Pada Baa2 Outlook Stable

Wed, 12 Feb 2020 - Peringkat Baa2 artinya surat berharga yang diterbitkan pemerintah Indonesia masuk dalam kategori moderate credit risk dan medium grade, sementara stable outlook menggambarkan posisi rating yang akan stabil dalam beberapa waktu ke depan.

Menkeu Lantik Staf Ahli Baru

Fri, 31 Jan 2020 - Sri Mulyani berharap, dengan dilantiknya para pejabat baru ini ke depannya bisa membantu Kemenkeu dalam melaksanakan tugas mengelola keuangan negara dengan sebaik-baiknya.

Kemenkeu Mulai Salurkan Dana Desa

Thu, 30 Jan 2020 - Rata-rata desa akan memperoleh dana sebesar Rp960,6 juta atau meningkat dari rata-rata tahun 2019 sebesar Rp933,9 juta.

Sri Mulyani Lantik Ketua LPEI Baru

Wed, 01 Jan 2020 - Sri Mulyani meminta kepada LPEI agar menjadi lembaga yang mampu berkontribusi bagi peningkatan ekspor nasional.

Hadiri AIFED, Wamenkeu Bicara Soal Peningkatan Produktivitas

Thu, 05 Dec 2019 - Menurut Wamen, tema yang diangkat pada AIFED Ke-9 ini dinilai relevan dengan kondisi dimana, Indonesia saat ini menyadari bahwa meningkatkan produktivitas dan daya saing sangat krusial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.



Non Bank

Pemerintah Sudah Salurkan Dana BOS Tahap I Langsung ke Rekening Sekolah

Penyaluran langsung ke rekening sekolah tetap ditatausa

SBR009 Semakin Diburu Investor Milenial

Penerbitan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR009 mencapai

Kredivo Indonesia Targetkan Pertumbuhan Pinjaman Tunai 2 Kali Lipat di 2020

Profil pengguna Kredivo Indonesia pada 2019 juga masih

Moody's Pertahankan Peringkat Utang Indonesia Pada Baa2 Outlook Stable

Peringkat Baa2 artinya surat berharga yang diterbitkan

Portofolio

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Jelang Tutup Tahun, Kinerja Pasar Modal Positif

IHSG masih mencatatkan pertumbuhan positif meskipun dal

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi