Governance, Risk Management & Compliance

Sri Mulyani Beri Ceramah Umum di Cornell University

Kamis 11 April 2019 23:17:0

Dalam paparannya, Sri Mulyani menjelaskan pemerintah telah mengalokasikan dana khusus bagi pendidikan, kesehatan dan pengaman sosial agar dapt melanjutkan pembangunan. Sebab hingga saat ini menurutnya salah satu permasalahan di bidang kesehatan seperti

NEW YORK, Stabilitas-- Revolusi industri 4.0 memberikan kesempatan bagi negara berkembang dan negara emerging untuk melanjutkan pembangunan. Salah satu tantangan yang masih dihadapi Indonesia dalam mewujudkan cita-cita transformasi di era digital adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM). Topik ini diangkat Menteri Keuangan (Menkeu) saat memberikan kuliah umum di Cornell University, Amerika Serikat, Rabu (10/4).

"Untuk menjawab tantangan tersebut, Pemerintah menggunakan berbagai instrumen untuk mencapai tujuan pembangunan. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen, anggaran kesehatan sebesar 5 persen, dan anggaran jaring pengaman sosial sebesar 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara."

Sri Mulyani menambahkan, meski demikian Pemerintah masih dihadapkan pada berbagai tantangan dalam membelanjakan anggaran pendidikan. Beberapa tantangan tersebut antara lain pertama, membelanjakan anggaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang merata di wilayah Indonesia. Kedua, meningkatkan kualitas pendidikan dengan anggaran yang telah didesentralisasi, yang memerlukan penguatan sinergi antara Pemerintah pusat dan daerah. Ketiga, bagaimana pendidikan menghasilkan keterampilan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan industri. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana kebijakan fiskal dapat memberikan insentif untuk mendorong partisipasi pihak swasta dalam pendidikan. 

"Kami juga membuat sovereign wealth fund untuk pendidikan dimana dalam periode 10 tahun telah menghasilkan banyak hal. Kami bisa mengirimkan 25.000 mahasiswa ke universitas terbaik di dunia termasuk Cornell University. Kami juga membuat sovereign wealth fund untuk riset sebagai sarana alumni dan swasta untuk menguatkan riset dan development," jelas Menkeu.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, di bidang kesehatan, Pemerintah dihadapkan pada persoalan stunting yang masih menjadi persoalan utama di Indonesia. Pemerintah telah bekerja sama dengan World Bank untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, Pemerintah juga telah membuat universal health coverage untuk mengatasi berbagai masalah di bidang kesehatan. 

Menkeu menekankan bahwa tantangan terbesar dalam peningkatan kualitas SDM tidak terletak pada anggaran atau kebijakan, tetapi pada eksekusinya. Hasil belanja untuk SDM tidak terlihat secara langsung dan membutuhkan waktu lama. Isu SDM juga harus diatasi dengan teknologi. Menkeu berharap, isu ini dapat terus didiskusikan, termasuk dengan akademisi. 

Agar kebijakan pengembangan SDM dapat terus dilakukan, Pemerintah memerlukan dukungan masyakarat, salah satunya melalui pajak. Pemerintah telah melakukan reformasi perpajakan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan bagi wajib pajak.

"Namun pajak juga bukan semata-mata untuk penerimaan. Kami menggunakan instrumen pajak dan kebijakan fiskal untuk memberikan insentif kepada orang yang tepat," tegas Menkeu. (Is)

Sri Mulyani Lantik Pejabat Eselon II dan Eselon III Kementerian Keuangan

Fri, 14 Jun 2019 - Menkeu juga mengingatkan kepada para pejabat di Kemenkeu bahwa tugas sebagai pengelola keuangan negara tidak ringan.

Sri Mulyani Bahas Ekonomi Bersama Mahasiswa Indonesia di AS

Wed, 10 Apr 2019 - Di hadapan mahasiswa Indonesia di New York, Menkeu menyampaikan pentingnya menempatkan tabungan ke aset finansial. MEnurut Sri Mulyani, tantangan rendahnya saving rate di indonesia diakibatkan dana yang tidak dialokasikan ke finasial aset.

Menkeu: Sekarang Data Jadi Tambang Baru

Mon, 25 Feb 2019 - Sri Mulyani mengatakan di Revolusi Industri 4.0 ini, data memiliki peranan penting. Dirinya menilai, data juga menjadi faktor yang menarik banyak investor asing yang ingin menyuntikkan dananya di perusahaan rintisan di Indonesia.

Sri Mulyani Apresiasi Pengusaha Yang Bayar Pajak

Tue, 19 Feb 2019 - Meski banyak tantangan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresi kinerja penerimaan pajak dan berterima kasih kepada pengusaha dan asosiasi yang telah taat membayar pajak kepada Pemerintah

Menkeu Sri Mulyani: Pemerintah Akan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Thu, 31 Jan 2019 - Menkeu Sri Mulyani mengatakan meskipun mengalami perlambatan ekonomi di tahun 2018 namun aliran masuk modal asing mulai membaik di dua bulan terakhir tahun 2018.

Batas Bebas Bea Masuk Barang Pribadi Penumpang Naik Jadi 500 Dolar AS

Fri, 29 Dec 2017 - “Untuk isu ini yang kami paling kedepankan adalah pelayanan. Ini bukan tentang target penerimaan dan isu fiskal, tapi kita ingin membantu dan memberi kemudahan dari masyarakat…”



Non Bank

Kian Mudah, Adira Perkenalkan Klaim #1JariBeres

Sepanjang tahun 2019, Adira Insurance telah menerima 4.

Kredivo Luncurkan Inovasi Terbaru

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa memilih opsi cicila

Adira Insurance Buka Kantor Perwakilan di Pusat Perbelanjaan

Keberadaan kantor representatif Adira Insurance ingin m

Gandeng Ralali.com, ASM Maksimalkan E Commerce

Secara korporasi, kerjasama dengan Ralali.com ini juga

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi