Governance, Risk Management & Compliance

Menlu Retno Pimpin Delegasi RI di Sustainable Development Conference Senegal

Senin 2 Desember 2019 1:32:0

Kementerian Luar Negeri RI yang dipimpin oleh Menteri luar Negeri Retno Marsudi memimpin delegasi Indonesia yang meliputi para pemangku kepentingan, antara lain: LPEI dan BUMN yaitu WIKA, PT Timah dan PT Dirgantara Indonesia.

DAKAR, Stabilitas - Kementerian Luar Negeri RI yang dipimpin oleh Menteri luar Negeri Retno Marsudi memimpin delegasi Indonesia yang meliputi para pemangku kepentingan, antara lain: LPEI dan BUMN yaitu WIKA, PT Timah dan PT Dirgantara Indonesia di acara Sustainable Development Conference yang berlangsung di Dakar, Senegal, Senin (2/11/2019).

Dalam lawatan kerjanya ini, Menteri Retno hadir pada konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Senegal bekerjasama dengan IMF dan UNDP, mengangkat tema "Sustainable Development".

Konferensi tersebut dihadiri oleh pejabat dari berbagai negara Afrika termasuk 9 Kepala Negara dari Senegal, Togo, Pantai Gading, Niger, Benin, Mali, Burkina Faso, Guinea Bissau dan Republik Demokratik Kongo. Managing Director IMF, Kristalina Georgieva, dan Deputi Sekjen PBB, Amina Mohammed, serta perwakilan dari berbagai lembaga keuangan internasional juga hadir pada konferensi tersebut.

Dalam konferensi tersebut, Menlu RI didaulat sebagai panelis pada sesi diskusi dengan topik "What We can Learn From Different Success Stories?" berbagi pengalaman tentang pembangunan Indonesia dan kerjasama Indonesia dengan negara-negara Afrika.

Dukungan terbesar dalam proyek pembangunan ada pada insentif dan juga suntikan modal kerja bagi pelaku jasa konstruksi dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan institusi perbankan di Indonesia salah satunya adalah LPEI.

Sementara itu, Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (WIKA) Destiawan Soewardjono yang turut hadir dalam acara konferensi dan lawatan kerja Menlu RI menjelaskan, penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum 2018 dan Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue di Bali pada Agustus 2019, telah memberikan peluang kerjasama konkret sebagai pasar prospektif bagi pelaku usaha Indonesia khususnya di sektor infrastruktur, konstruksi, serta industri strategis nasional. 

Atmosfer tersebut tentu saja memberi angin segar bagi Perseroan untuk ekspansi ke pasar luar negeri Perseroan menargetkan pada tahun 2020 mendatang, akan menyasar ke 3 negara baru di Kawasan Afrika Barat dan Timur yaitu Senegal, Pantai Gading dan Zanzibar-Tanzania dengan rencana perolehan OK baru dari proyek-proyek luar negeri di tahun mendatang sebesar Rp5,18 Triliun.

Sebagai informasi, rencana master plan proyek strategis nasional negara-negara di kawasan Afrika Barat dari tahun 2020-2045 di sektor infrastruktur, energi, telekomunikasi, dan railway akan mencapai nilai fantastis 119,8 miliar dollar AS, dimana itu adalah potensi besar bagi BUMN Indonesia untuk berpartisipasi aktif menjajaki proyek-proyek tersebut.

"Melalui sinergi yang baik antara Pemerintah, BUMN, pelaku usaha Indonesia dan lembaga keuangan khusus milik pemerintah seperti LPEI akan menghasilkan kontribusi besar bagi devisa yang masuk ke Indonesia di masa mendatang dan juga menjadikan BUMN kita di luar negeri tidak kalah bersaing dengan negara-negara seperti Tiongkok, Turki, Jepang dan Korea Selatan," ujar Destiawan menutup pembicaraan. 

WIKA Beton Bukukan Laba Bersih 2019 Sebesar Rp510,71 Miliar

Fri, 27 Mar 2020 - Melihat positifnya hasil kinerja tahun 2019, WIKA Beton menetapkan target laba bersih sebesar Rp561,2 miliar pada tahun ini.

Presiden Joko Widodo Resmikan Terowongan Sungai Nanjung

Wed, 29 Jan 2020 - WIKA-ADHI JO yang ditunjuk sebagai kontraktor pelaksana, melaksanakan pekerjaan dengan nilai kontrak Rp316,014 miliar.

Garap Tol Harbour Road II, CMNP Siapkan Dana Hingga Rp13,55 Triliun

Fri, 20 Dec 2019 - Untuk proses penggarapan di lapangan, CMNP kini tengah mempertimbangkan untuk juga bekerjasama dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA)

WIKA Rintis Kerja Sama Jutaan Dollar, untuk Pembangunan Infrastruktur dengan Tanzania

Wed, 18 Dec 2019 - Framework agreement serupa juga dilakukan dengan Commonwealth Investment Company Limited (CICL) Tanzania untuk perencanaan pembangunan hotel bintang 5 di Tanzania.

WIKA Juara I Annual Report Award 2018 Kategori BUMN Non Keuangan Listed

Thu, 14 Nov 2019 - WIKA yang aktif berekspansi secara worldwide, berhasil menampilkan kinerja positifnya secara lengkap dan aktual pada Annual Report 2018.



Non Bank

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebi

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi