Governance, Risk Management & Compliance

Mereka yang Manfaatkan Tax Amnesty

Kamis 24 Nopember 2016 15:35:0

Sejumlah konglomerat memanfaatkan tax amnesty menjelang periode pertama program itu berakhir.

SEJUMLAH konglomerat memanfaatkan tax amnesty menjelang periode pertama program itu berakhir. Setidaknya ada 20-an pengusaha kakap mendatangi kantor pajak untuk mengungkapkan harta kekayaannya. Berikut nama-nama mereka:

ABURIZAL BAKRIE

Aburizal Bakrie adalah pengusaha sekaligus politisi. Sri Mulyani Indrawati, saat menjabat Menteri Keuangan di era kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pernah menyatakan perusahaan milik Bakrie menunggak Rp 2 triliun hingga Rp 5 triliun hasil akumulasi sejak 2002-2003. Salah satunya tunggakan royalti pajak oleh perusahaan tambang milik kelompok usaha itu.

Nama Aburizal Bakrie mulai masuk daftar orang terkaya di Indonesia yang dirilis oleh Forbes pada tahun 2006. Saat itu ia menempati posisi keenam dengan kekayaan sekitar 1,2 miliar dollar AS. Kemudian, dalam kurun waktu setahun, Bakrie berhasil menjadi orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih sebesar 5,4 miliar dollar AS. Bahkan menurut majalah Globe Asia pada tahun 2008, dengan jumlah kekayaan senilai 9,2 miliar dollar AS atau Rp 84,6 triliun, Bakrie merupakan orang terkaya di Asia Tenggara dan mengalahkan Robert Kuok (orang terkaya di Malaysia dengan kekayaan 7,6 miliar dollar AS).

Kekayaan Bakrie pada saat itu meningkat pesat karena saham salah satu anak usaha PT Bakrie and Brothers (PT Bumi Resources Tbk atau BUMI) menanjak dari sekitar Rp 300 per lembar pada tahun 2004 menjadi Rp 5.900 per saham pada tahun 2007. Namun kini BUMI mencatat kerugian hingga puluhan triliun rupiah, kendati masih mencetak pendapatan sekitar Rp500 miliar hingga pertengahan tahun 2016. Dan sejak 2012, ia tidak lagi menjadi bagian dari daftar 40 orang terkaya menurut Forbes. Hal ini terkait dengan utang yang harus dibayar oleh PT Bumi Resources, terutama setelah harga saham Bumi turun 70 persen.

ABDUL LATIEF

Abdul Latief (lahir di Banda Aceh, Aceh, 27 April 1940; umur 76 tahun) adalah salah satu pengusaha Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai menteri pada era pemerintahan Presiden Soeharto.

Abdul Latief masuk ke dalam jajaran konglomerat Indonesia dengan bendera bisnis ALatief Corporation, yang mengelola bisnis periklanan, agrobisnis, hotel, asuransi, properti, konstruksi, eceran, dan media massa. Kini kegiatan bisnisnya banyak ditangani oleh putra-putrinya, Medina Latief Harjani dan Ahmad Dipo Ditiro.

ARIFIN PANIGORO

Arifn Panigoro dikenal sebagai salah seorang pendiri dan pemilik Medco Group. Di kancah politik ia pernah menjadi pengurus teras PDI Perjuangan dan anggota legislatif dari partai itu. Menurut Forbes, Arifn Panigoro merupakan orang terkaya ke 43 di Indonesia pada tahun 2014. Kekayaannya mencapai 680 juta dollar AS, setara dengan Rp9,3 triliun kala itu. Selain menjadi pemegang saham Medco yang bergerak di bidang energi, Arifn juga memiliki bisnis di sektor perkebunan dan rumah sakit.

ANTHONY SALIM

 

Anthony Salim atau yang biasa dikenal dengan nama Liem Hong Sien adalah putra Sudono Salim, pendiri Salim Group. Anthony merupakan penerus kelompok Salim, konglomerat teratas di Indonesia sejak era Orde Baru. Majalah Forbes pernah menobatkan pendiri Salim Group tersebut sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Namun saat terjadi krisis moneter, Salim Group banyak mempunyai hutang hingga mencapai Rp 55 triliun. Anthony Salim yang memegang kekuasaan pada Salim Group akhirnya harus melunasi hutangnya dengan cara menjual beberapa perusahaan yang dimilikinya yaitu PT Indocement Tunggal Perkasa, PT BCA, dan PT Indomobil Sukses Internasional.

Meskipun demikian, Anthony Salim masih mempunyai beberapa perusahaan besar yang tidak dia jual. Perusahaan tersebut antara lain adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills. Kedua perusahaan ini merupakan perusahaan penghasil mie instan dan tepung terigu terbesar di dunia.

Anthony Salim pernah dinobatkan sebagai taipan terkaya nomor 3 di Indonesia di bawah Budi Hartono yang notabenenya adalah pemilik dari Djarum Group dan Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pemilik Sinar Mas Group. Kekayaannya ditaksir mencapai 3 miliar dolar AS.

CIPUTRA

Ciputra (lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931) adalah seorang insinyur dan pengusaha di Indonesia. Ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang flantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Pada 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Ir. Ciputra menduduki peringkat ke-27 dengan total kekayaan 950 juta dollar AS. Ciputra, yang memiliki nama lahir Tjie Tjin Hoan, adalah pendiri Jaya Group lalu kemudian Ciputra Group.

Bersama dengan Sudono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, Ciputra juga mendirikan Metropolitan Group, yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai. Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group dan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris. Akhirnya Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group.

Pada tahun 1997 terjadi krisis ekonomi menimpa tiga group yang dipimpin Ciputra: Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu, Bank Ciputra yang didirikannya ditutup oleh Pemerintah karena dianggap tidak layak dan Asuransi Jiwa Ciputra Allstate yang baru dirintis menjelang krisis pun ikut ditutup.

Dengan adanya kebijakan moneter dari pemerintah dan diskon bunga dari beberapa bank, ia mendapat kesempatan untuk merestrukturisasi utang-utangnya. Akhirnya ketiga group tersebut dapat bangkit kembali dan kini Group Ciputra telah mampu melakukan ekspansi usaha di dalam dan ke luar negeri.

ERICK THOHIR

 

Erick Thohir adalah seorang pengusaha dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Ia mengakuisi klub sepakbola Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013. Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut. Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepakbola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Tahun 2008, bersama Anindya Bakrie mendirikan tvOne dan situs berita, Viva news. Pada tahun 2014 menjabat sebagai Direktur Utama Antv hingga sekarang.

FRANCISCUS WELIRANG

Franciscus Welirang adalah menantu Sudono Salim, pendiri kelompok Salim. Bersama Anthony Salim, ia merupakan pengendali Grup Salim. Ia terutama diidentikkan dengan PT Bogasari, perusahaan yang menangani bisnis terigu di kelompok Salim.

Bogasari adalah satu dari empat produsen terigu dengan omset pertahun mencapai Rp 5 triliun Tiga lainnya PT Sriboga, PT Panganmas, dan PT Berikari. Sebagai produsen terbesar, pangsa pasar terigu yang tiap tahun bertambah lima hingga sepuluh persen itu sekitar 70 persen dikuasai oleh Bogasari.

FRANKY OSMAN WIJAYA

Franky Oesman Widjaja lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada tahun 1958. Ia adalah putra pendiri kelompok Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. Ia antara lain menjabat Ketua Golden Agri Resources Ltd sejak tahun 2000 dan Chief Executive Offcer sejak tahun 1996, Komisaris Utama PT Plaza Indonesia Realty, Tbk. sejak tahun 2001, Komisaris PT Sinartama Gunita sejak tahun 2001, Komisaris Utama PT SMART Tbk sejak tahun 2003, Ketua Eksekutif Sinarmas Land Ltd sejak akhir tahun 2006, Wakil Presiden Komisaris PT Bumi Serpong Damai, Tbk. sejak tahun 2007, Wakil Presiden Komisaris PT Duta Pertiwi Tbk sejak tahun 2007, Komisaris Utama PT Dian Swastatika Sentosa Tbk sejak 2011 dan Komisaris PT Jababeka Plaza Indonesia sejak 2013.

Dia adalah Presiden Golden Agri Resources Ltd (1996-2000), CEO & Chairman Sinarmas Land Ltd (2000- 2006), Komisaris Utama PT Bumi Serpong Damai, Tbk. (2006-2007), Komisaris Utama PT Duta Pertiwi Tbk. (2004-2007), Direktur Utama PT SMART, Tbk. (1991-1992), Wakil Presiden Komisaris PT SMART, Tbk. (1992 2003).

HENDROPRIYONO

Bernama asli Abdullah Makhmud Hendropriyono (lahir di Yogyakarta, 7 Mei 1945; umur 71 tahun) adalah seorang tokoh militer Indonesia yang pernah menjadi Kepala Badan Intelijen Negara. Ia juga pernah menjadi Menteri Transmigrasi dan Perambahan Hutan dalam Kabinet Pembangunan VII serta Menteri Transmigrasi dan PPH dalam Kabinet Reformasi.

Setelah usai berkarier di militer,menduduki posisi penting di berbagai perusahaan, antara lain Chief Executive PT Adiperkasa Citra Lestari, Chairman Andalusia Group, Komisaris Carrefour Indonesia, Presdir PT Mahagaya, hairman Blitzmegaplex, Chairman Hendropriyono & Associates, Chairman Hendropriyono Law Offce, Presiden Komisaris PT KIA Mobil Indonesia.

JAMES RIADY

James Riady adalah putra pendiri kelompok usaha Lippo. Lahir di Jakarta pada 1957 ia kini wakil preskom Lippo Group, konglomerat besar di Indonesia. Seperti diketahui, nama James tercantum dalam dokumen Panama Papers.

Ia menyewa frma hukum itu untuk mendirikan perusahaan cangkang bebas pajak di luar negeri. James tercatat sebagai pemegang saham di sebuah perusahaan bernama Golden Walk Enterprise Ltd. Perusahaan itu didirikan dengan bantuan Mossack di British Virgin Islands pada 2011. Putra James yang bernama John Riady juga tercatat sebagai pemilik Phoenix Pacifc Enterprise Ltd di BVI. Menurut data Forbes, kekayaan Riady keluarga mencapai 2,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 27,9 triliun.

MS HIDAYAT

Mohamad Suleman Hidayat (lahir di Jombang, Jawa Timur, 2 Desember 1944; umur 71 tahun) adalah Menteri Perindustrian Indonesia dari 22 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Ketua Kadin sejak 2003 hingga 2013.

Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai ketua Real Estate Indonesia (1989 – 1992) dan wakil ketua Federasi Real Estate Asia Pasifk (Asia Pacifc Real Estate Federation/APREF), dan juga sebagai anggota komisi keuangan dan perbankan DPR pada periode 2004-2009.

PRAJOGO PANGESTU

Nama Prajogo Pangestu (Lahir di Kebumen tahun 1944) sangat dikenal di era Orde Baru. Ia dikenal sebagai taipan perkayuan terbesar di Indonesia sebelum Krisis Ekonomi 1997. Bisnisnya berawal di akhir 70-an di Djajanti Timber Group dan membentuk Barito Pacifc. Operasi pemotongan kayu nya sekarang jauh lebih kecil dari sebelumnya, namun bisnis lainnya melalui Tri Polyta Indonesia Tbk, masih berjaya, menjadi produsen ‘polypropylene’ terbesar di Indonesia.

PUTRI K. WARDHANI

Di bidang properti, Rosan melalui Putri K. Wardhani adalah Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Tbk. Ia merupakan penerus kelompok bisnis yang didirikan ibunya, Mooryati Sudibyo.PT Mustika Ratu Tbk merupakan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia, sudah menghadirkan 800 varian jamu dan kosmetik yang ditujukan kepada konsumen loyal.

ROSAN ROESLANI 

Rosan Perkasa Roeslani (lahir di Jakarta, 31 Desember 1968) adalah salah seorang pengusaha asal Indonesia. Merupakan salah satu dari trio Indonesia yang mengakuisisi klub sepak bola ternama, Internazionale Milan. Ia merupakan Chairman Grup Recapital, kelompok bisnis yang ia dirikan bersama sejumlah rekan bisnisnya. Pada 24 November 2015, ia terpilih menjadi Ketua Kadin periode 2015 - 2020.

Bersama dua sahabatnya, Sandiaga Uno dan Elvin Ramli, Rosan mulai merintis usaha sebagai penasihat keuangan (fnansial advisors).

Perusahaan ini menjadi cikal bakal Recapital,perusahaan yang kini menggurita dengan memasuki sektor-sektor lain di bidang industri, pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media dan komunikasi. Di sektor fnansial, Recapital hadir melalui Recapital Securities, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance (Relife), Recapital General Insurance (Reguard), Bank Pundi.

Selain itu, Recapital pun merupakan salah satu pemilik Bank Kesejahteraan Ekonomi dan Capitalinc Investment. Di bidang infrastruktur perusahaan Rosan menjadi salah satu yang terdepan di Indonesia melalui Acuatico Group dalam penyediaan dan distribusi air bersih. Acuatico juga menyediakan infrastruktur air terpadu khusus untuk memasok air minum di kompleks Rasuna Epicentrum dengan nama Rasuna Eco Park.

Recapital memiliki Grandkemang Hotel di kawasan elit Jakarta, Losari Spa Retreat - Coffee Plantation Hotel di Jawa Tengah, serta dua resort di Bali, yaitu The Edge Villa di Uluwatu dan The Hill Resort di Ubud. Properti teranyarnya adalah Pulau Karang Beras di Kepulauan Seribu, Jakarta. Di bidang Media dan Telekomunikasi, Recapital hadir melalui Alberta Media. Selain itu, Recapital merupakan pemegang saham PT Mahaka Media.

Mahaka adalah perusahaan yang berkecimpung dalam penerbitan surat kabar, penerbitan majalah, outdoor media/papan reklame, animasi, jaringan radio, portal, dan bisnis teknologi informasi. Pada sektor pertambangan, nama Recapital muncul sebagai salah satu pemegang saham Bumi Plc. Salah satu anak perusahaannya adalah Bumi Mineral Sumber Daya (BRM), sebuah perusahaan pertambangan yang memproduksi logam mulia dan logam dasar.

Bersama rekannya, Sandi Uno mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Usaha tersebut terbukti sukses dan telah mengambil alih beberapa perusahaan lain.

SANDIAGA UNO

Sandiaga Salahuddin Uno atau sering dipanggil Sandi Uno (lahir di Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969) adalah pengusaha. Sandi Uno memulai usahanya setelah sempat menjadi seorang pengangguran ketika perusahaan yang mempekerjakannya bangkrut.

Pada tahun 1997 Sandi Uno mendirikan perusahaan penasihat keuangan, PT Recapital Advisors bersama teman SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani.Salah satu mentor bisnisnya adalah William Soeryadjaya. Kemudian, pada 1998 ia dan Edwin Soeryadjaya, putra William, mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya.Bidang usahanya meliputi pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Hingga 2009, ada 12 perusahaan yang sudah diambil alih oleh PT Saratoga, beberapa perusahaan telah dijual kembali , antara lain PT Dipasena Citra Darmaja, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), dan PT Astra Microtronics. Sandi Uno juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan, yakni PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, Interra Resources Limited.

Pada 2005-2008, Sandi Uno menjadi ketua umum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).Ia juga menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak 2004. Kini Sandi mengikuti perhelatan Pilgub DKI jakarta sebagai salah satu calon gubernur.

SHINTA KAMJAYA KHAMDANI

Shinta Kamjaya Kamdani adalah putra dari Jhonny Widjaya, pendiri kelompok bisnis Datascript. Majalah ekonomi terkemuka, Forbes, pernah memasukkan namanya sebagai 50 pebisnis wanita Asia paling berpengaruh.

Saat ini, Shinta merupakan managing director dari perusahaan keluarga, Sintesa Group. Induk perusahaan ini menangani sekitar 17 perusahaan yang bergerak di bidang properti, manufaktur, energi, dan produk konsumen.

Pada Januari 2011, Shinta merupakan satu dari 13 warga Indonesia yang bisa bertemu dengan Presiden AS Barrack Obama dalam sebuah sesi diskusi dengan para entrepreneur di negara berkembang Shinta Kamdani juga tercatat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Menara Duta (Property Development Company), Direktur PT Menara Peninsula (Hotel), Komisaris PT Bumi Perkasa Andhika (Property), Direktur PT Tiga Raksa (Holding Company), sampai Komisaris PT Tigaraksa Satria Tbk (perusahaan distribusi).

SOFJAN WANANDI

Sofjan Wanandi (lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat, 3 Maret 1941) terlahir dengan nama Liem Bian Koen adalah pengusaha Indonesia dan pemilik bisnis Gemala Group. Mantan aktivis 1966 ini telah memiliki banyak pengalamannya dalam bidang ekonomi, birokrasi, dan politik. Saat ini ia merupakan Ketua

Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kelompok bisnis Gemala membawahi beberapa perusahaan besar seperti asuransi Wahana Tata, pabrik aki PT Yuasa Battery Indonesia, pabrik farmasi dan lainnya.

TOMMY SOEHARTO

Hutomo Mandala Putra (lahir 15 Juli 1962) lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto adalah putra mantan Presiden Republik Indonesia ke-2 Soeharto. Kelompok usaha yang ia dirikan bernama Humpuss Group.

Pada 15 September lalu, ia mendatangi Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus untuk melaporkan harta. Ia mengaku harta yang dilaporkan dalam Program Tax Amnesty bukan milik pribadi. Sebagian besar harta yang didaftarkan dalam program tax amnesty masih terkait beberapa usahanya.

CHANDRA LIE

Chandra Lie (lahir di Pangkal Pinang, 4 April 1965) merupakan seorang pengusaha Indonesia yang kini menjabat sebagai CEO Sriwijaya Air Group.   

Jelang Hari Terakhir, DJP Jawa Tengah I Imbau Masyarakat Ikut Amnesti Pajak

Thu, 30 Mar 2017 - Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I terus menjalin kerja sama berkelanjutan dengan berbagai pihak untuk menyukseskan program Amnesti Pajak yang hanya tinggal satu hari.

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Wed, 18 Jan 2017 - Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bisa aja. Kalau menurut saya ada bagusnya kok

Menkeu Singkirkan JP Morgan dari List Bank Persepsi

Wed, 04 Jan 2017 - JP Morgan Chase Bank, N. A menurunkan peringkat surat utang Indonesia dari overweight menjadi underweight.

OJK Optimis Beri Angin Segar bagi Pasar Modal di 2017

Fri, 30 Dec 2016 - Dana repatriasi Wajib Pajak Tax Amnesty akan mulai dialokasikan secara besar-besaran ke sektor pasar modal yang lebih beragam produk investasinya.

Dana Repatriasi Pengaruhi Nilai Rupiah

Mon, 05 Dec 2016 - Untuk saat ini repatriasi masih belum mempengaruhi pergerakan Rupiah karena dana repatriasi dari peserta tax amnesty masih parkir di bank gateway dalam bentuk mata uang asing.

Restrukturisasi via Tax Amnesty

Thu, 24 Nov 2016 - Bisnis yang sehat dituntut terbuka dan akuntabilitasnya terjamin. Untuk itu sejumlah pengusaha benar-benar memanfaatkan program Tax Amnesty atau pengampunan pajak sebagai momen restrukturisasi perusahaan.



Non Bank

"tanamduit", Digital Platform Beli Reksa Dana

Di tengah munculnya berbagai digital platform yang memb

Perkoperasian Diharapkan Jadi Materi Kuliah Magister Kenotariatan PTN

“Sekurang-kurangnya peningkatan kualitas koperasi dim

Asuransi Cakrawala Proteksi Resmikan Cabang Medan

Pada kuartal III / 2017 ACP mencatat pencapaian premi s

Kolaborasi Tekfin Indonesia dan Australia

Perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 1 Desember

Portofolio

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Tradisi ‘Bendera Putih’ BEI

Lagi-lagi PT Bursa Efek Indonesia merevisi targetnya. K

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi