Senin 22 Juli 2019 11:51:0
OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut
JAKARTA, Stabilitas - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard operasional yang baik, jika gangguan sistem terjadi, dengan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya.
Dalam keterangan persnya (21/7/2019) OJK meminta Bank Mandiri untuk segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari. Saat ini yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi hak-nya.
"Permasalahan yang telah terjadi ini penting untuk menjadi perhatian industri perbankan," pinta otoritas.
OJK meminta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen resiko operasional yang prudent dan berjalan dengan baik. Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan kedepannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi kedepannya.
Seperti diberitakan, sejumlah nasabah Bank Mandiri kebingunan dan mengeluhkan terjadinya perubahan pada saldo rekening mereka pada Sabtu (20/7/2019) pagi. Sebagian dari mereka mendapati saldo rekeningnya raib, tetapi sebagian lagi mendapati saldo rekeningnya justru bertembah. Hal itu karena bank pelat mereah tersebut mengalami error dalam sistem perpindahan data.
Thu, 28 Nov 2019 - Begitu juga dengan asuransi. Unit link diprediksi akan tetap mendominasi. Seperti pada tahun sebelumnya, menguasai pasar hingga 47 persen dari total premi asuransi jiwa.
Fri, 22 Nov 2019 - Di usianya ke 8 tahun OJK harus berperan lebih aktif dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta memastikan terjaganya perlindungan konsumen dan masyarakat yang akan membuka lebar kesempatan masyarakat meningkatkan kesejahteraannya.
Thu, 21 Nov 2019 - Dengan kuliah umum ini diharapkan BNI Syariah bisa berkontribusi optimal terhadap indeks literasi dan inklusi keuangan di Daerah Istimewa Aceh
Tue, 19 Nov 2019 - Keputusan ini diambil untuk merespon penurunan suku bunga dan membaiknya kondisi likuiditas perbankan.
Tue, 19 Nov 2019 - Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk memberikan solusi yang hasanah bagi segenap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sesuai prinsip syariah.
Wed, 06 Nov 2019 - Kerjasama yang ditandangani diantaranya adalah pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah dari sisi transaksi dan produk perbankan; dan pemanfaatan produk pembiayaan bagi pegawai dan dosen.
Begitu juga dengan asuransi. Unit link diprediksi akan
Penyaluran pembiayaan CNAF sebesar Rp2,45 triliun per 3
Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe
Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)
CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan
Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers
Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel
"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp
Harga komoditas global yangterus berada di level terend
Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi
payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung
Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke
Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka
Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi