Governance, Risk Management & Compliance

OJK Tunjuk Pegadaian Sebagai Pelatih Calon Usaha Gadai

Rabu 5 Oktober 2016 16:57:0

Pegadaian sebagai satu-satunya perusahaan pergadaian yang tercatat oleh OJK, ditunjuk sebagai lembaga sertifikasi sementara yang bertugas memberi sertifikat kepada orang atau badan yang hendak mendirikan usaha pergadaian.

JAKARTA, Stabilitas -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan regulasi baru dalam POJK Nomor 31/POJK.05/2016 tentang usaha pergadaian. Regulasi ini telah ditetapkan pada 29/7/2016 dalam rangka penyelenggaraan usaha pergadaian yang memberikan kemudahan akses terhadap pinjaman bagi UMKM.

Pegadaian sebagai satu-satunya perusahaan pergadaian yang tercatat oleh OJK, ditunjuk sebagai lembaga sertifikasi sementara yang bertugas memberi sertifikat kepada orang atau badan yang hendak mendirikan usaha pergadaian.

“Yang swasta, nanti perlu ada lembaga sertifikasi yang standard, dikeluarkan BNSP misalnya nah sekarang belum ada nih, nah untuk temporary saya sudah minta Pegadaian dia melakukan semacam kayak pendidikan. Jadi calon-calon yang mau mendirikan perusahaan pergadaian boleh mengirimkan orangnya sebulan sekali atau tiga bulan sekali, nanti pegadaian akan buka pelatihannya sebagai juru gadai,” jelas Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani, Rabu (5/10/2016).

Pegadaian menyatakan ketidakberatannya kepada OJK, apalagi ke depan Pegadaian tidak lagi memonopoli pasar gadai dan kedatangan pesaing dari usaha gadai swasta sebagai tolok ukur come salary.

“Kok Pegadaian mau ya? bukannya nanti jadi pesaing dia? Mau tuh, mungkin nanti jadi other income dia kan dari pelatihan. Dia bilang gak apa-apa nanti ada swasta, pertama dia merasa kan gak punya comparative service. Bahkan saya bilang dia harus punya pesaing, karena kalau ga punya pesaing gak tau seberapa efisiennya dia punya Pegadaian itu. Pada dasarnya monopoli itu gak selalu bagus,” tukas Firdaus.

Selain sertifikasi, bagi pelaku usaha yang telah melakukan kegiatan sebelum POJK diundangkan akan diberikan opsi berupa permohonan pendaftaran paling lambat dua tahun setelah peraturan diundangkan, sedangkan permohonan izin usaha sebagai perusahaan pergadaian swasta diberi jangka waktu paling lama tiga tahun sejak POJK diundangkan.

Sementara itu bagi pelaku usaha yang akan melakukan kegiatan usaha atau baru hendak memulai usaha setelah POJK diundangkan, harus mengajukan izin usaha sebagai perusahaan pergadaian kepada OJK terlebih dahulu.

Budi Hikmat: Rupiah Tidak Punya Hak Untuk Menguat

Wed, 05 Dec 2018 - "Mesin penghasil dolar lebih lemah dibanding penghasil dolar. Pasti rupiah melemah. Rupiah juga masih terbantu dana asing yang masuk."

OJK: Perbankan Indonesia Siap Terapkan Kelanjutan Standar Basel III

Mon, 03 Dec 2018 - Tidak seperti pada Basel I dan II yang diterapkan di seluruh bank umum, penerapan standar Basel III ini hanya diterapkan pada golongan bank tertentu, khususnya Bank BUKU 4, BUKU 3 dan Bank Asing.

Penyelesaian Transaksi Bursa Dua Hari (T+2) Berjalan Lancar

Fri, 30 Nov 2018 - Percepatan transaksi bursa T+2, memiliki tujuan untuk meningkatkan likuiditas melalui percepatan re-investment dari modal investor maupun efisiensi operasional serta menambah kapasitas transaksi Perusahaan Efek.

OJK Cabut Sanksi PT Tirta Finance

Mon, 26 Nov 2018 - Pencabutan sanksi pembekuan kegiatan usaha perusahaan pembiayaan tersebut dituangkan dalam Surat Nomor S-681/NB.2/2018 tanggal 8 November 2018.

Memasuki Usia ke-7, Ini Harapan OJK

Mon, 26 Nov 2018 - Untuk jangka panjang, masyarakat bisa mengedukasi anaknya dengan lebih baik untuk dapatkan ruang bersosialisasi dengan baik serta usahanya meningkat dan naik kelas dari mikro kecil ke mikro dan kemudian naik menjadi UMKM.

OJK Resmikan Transaksi Bursa T+2

Sun, 25 Nov 2018 - Ini merupakan aturan yang memangkas waktu penyelesaian di Bursa Efek Indonesia (BEI), dari yang semula tiga hari atau T+3 menjadi hanya dua hari saja.



Non Bank

Industri Halal Indonesia Masih Tertinggal

Dalam mengembangkan Industri halal, tentunya tidak terl

Amartha Konsisten Gandeng UMKM Perempuan

PT Amartha Mikro Fintek terus berkomitmen menyalurkan p

Kuartal III, Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Melambat 15%

Industri asuransi jiwa pada kuartal ketiga 2018 mencata

AXA Mandiri Berikan Penghargaan bagi Bengkel Rekanan Terbaik

Program STAR WORKSHOP AWARD memberikan penghargaan kepa

Portofolio

2019, Pasar modal syariah akan lebih baik dari 2018

Perbaikan itu bukan disebabkan oleh pasar modal syariah

ASCORT ASIA: SBI Jangka Pendek Cocok untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

SBI JP merupakan alternatif pilihan investasi menarik b

Penyelesaian Transaksi Bursa Dua Hari (T+2) Berjalan Lancar

Percepatan transaksi bursa T+2, memiliki tujuan untuk m

Dorong Milenial Investasi, SGE Gelar Festival

Berdasarkan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia, gen

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi